Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Bersejarah! Komputer Apple Generasi 1, Laku Terjual 5,5 Miliar !

Jika sebelumnya surat lamaran Kerja Steve Jobs yang laku terjual 2,7 Miliar. Komputer perdana besutan Apple yang diberi nama Apple-1 kembali terjual dengan harga tinggi.

Apple 1 generasi pertama komputer desktop besutan Steve Jobs terjual US$375 ribu atau sekitar Rp5,5 miliar (US$1=Rp14.900) dalam sebuah lelang yang dilakukan oleh RR Auction di Boston, Amerika Serikat. Dilaporkan AFP, sebelum terjual, barang lawas ini telah mengalami perbaikan di sisi papan ketik (keyboard), antarmuka, hingga faktor pendukung lainnya. Kesemua komponen Apple-1 dibuat selayaknya ketika pertama kali diperkenalkan.

Dikutip dari New York Post, Jumat (28/9/2018), Apple-1 yang dilelang ini berasal Byte Shop, salah satu toko komputer tempat Steve Jobs dan Steve Wozniak menawarkan produknya. Pemilik mengaku membeli komputer ini untuk mempelajari BASIC, salah satu bahasa pemrograman.

Ketika itu, dia merasa perangkat ini akan menjadi salah satu sejarah penting dalam dunia komputer. Karenanya, dia masih menyimpan Apple-1 hingga saat ini.

Wozniak dan Jobs sendiri diketahui berhasil menjual 200 unit Apple-1 dalam satu tahun tepatnya pada tahun 1976 dan 1977 . Dari seluruh produk itu, dilaporkan masih ada sekitar 79 unit yang tersisa sampai sekarang.

Awalnya, Jobs dan Woz mendesain Apple-1 sebagai papan sirkuit untuk dijual sebagai komponen pelengkap bagi penggemar elektronik. Namun belakangan Paul Terrell, pemilik Byte Shop bersedia membeli 50 unit Apple-1 jika Jobs dan Woz bersedia merakit produk mereka secara utuh sehingga pembeli tak perlu lagi menyolder satu per satu.

Apple-1 pertama kali dipamerkan ada Juli 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California.  Untuk mendanai proyek Apple-1, Jobs menjual VW Microbus- satu-satunya mobil yang dimiliki demi mendapatkan ratusan dolar dan Woz menjual kalkulator HP-65 seharga US$500.

Berdasarkan penjelasan RR Auction yang menyelenggarakan lelang, produk ini terjual US$ 375 ribu atau sekitar Rp 5,5 miliar. Komputer itu berhasil dijual pada pebisnis yang tidak ingin diungkap identitasnya. Lelang ini tidak hanya menawarkan motherboard, tapi termasuk monitor dan keyboard asli Apple generasi 1. Kedua aksesoris itu menjadi tanda komputer ini tergolong perangkat paling maju pada masanya.

Kelengkapan lain yang dilelang bersama Apple-1 adalah buku petunjuk asli, tag harga, kotak asli, dan penyimpanan kaset. Perusahaan juga melelang sebuah majalah Newsweek edisi 24 Oktober 1988 dengan sampul Steve Jobs muda. Majalah tersebut hadir dengan tajuk "Mr Chips, Steve Jobs Puts The Wow Back in Computers".

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Fatih

makassar

“”