Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Borong Juara, Siswa Indonesia Raih Emas di Ajang Olimpiade Fisika & Kimia Internasional

Siswa Indonesia menjuarai Olimpiade Fisika di Portugal dan Olimpiade Kimia di Praha Republik Ceko.

Berita membanggakan lagi-lagi ditorehkan oleh tim Fisika siswa SMA Indonesia dalam acara tahunan Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad/IPhO) ke 49 telah di Lisbon, Portugal pada 21-29 Juli 2018 kemarin. Serta tim Kimia di ajang IChO (International Chemistry Olympiad/IChO) 2018 di Rudolfinum, Praha, Republik Ceko tanggal 28 Juli 2018. Mereka bersaing diantara 90 negara di seluruh dunia.

Pada tim fisika, dari 5 peserta Indonesia, 1 siswa berhasil memperoleh medali emas, 1 perak dan 3 sisanya meraih medali perunggu. Sedangkan pada tim kimia  meraih 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.  Sesuai statuta IPhO maka ada 8% peserta terbaik mendapatkan medali emas, 17% peserta dibawahnya memperoleh perak, 25% peserta berikutnya memperoleh perunggu dan 17% terbaik berikutnya memperoleh Honorable Mention (HM).

dok: Kemendikbud

Dalam kompetisi ini, setiap siswa diuji kemampuan dalam bidang teori dan keterampilan dalam dalam melakukan percobaan (praktek) di laboratorium.  Seperti pada tim fisika, tes berlangsung selama 5 jam baik teori dan praktik. Tidak sedikit siswa gagal seleksi soal Fisika Eksperimen dengan jumlah soal yang mencapai 25 halaman.

Persiapan dan pembinaan setidaknya minimal 10 minggu, dengan dimentori langsung oleh staf pengajar Departemen Kimia -FMIPA UI dan Departemen Kimia FMIPA-ITB. Program pelatihan disesuaikan dengan materi dalam Silabus IChO serta silabus teori dan praktikum untuk IChO maupun IPhO 50th. Sebagian besar materi tersebut sebagian besar tidak pernah diberikan di tingkat SMA umum di Indonesia.

Berikut nama-nama yang menjuarai ICho pada olimpiade Kimia di Republik  Ceko :

  • Medali emas: Ong Christoper Ivan Wijaya, SMA Kristen YSKI, Semarang, Jawa Tengah
  • Medali Perak: Abdullah Muqaddam, MAN Insan Cendekia Serpong, Banten
  • Medali Perunggu: Rizki Kurniawan, SMAN 1 Kota Metro, Lampung dan Muhammad Syaiful Islam, SMA Cindera Mata Kota Bekasi, Jawa Barat

Berikut nama-nama yang menjuarai IPho pada olimpiade Fisika di Portugal :

  • Medali emas diraih Johanes dari SMAK Frateran Surabaya, Jawa Timur
  • Medali perak diraih Jason Jovi Brata dari SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta
  • Medali perunggu diraih Ahmad Aufar Thoriq dari SMA Semesta BBS Semarang, Jawa Tengah, Bryant Juspi dari SMA Darma Yudha Pekanbaru, Riau dan Raditya Adhidarma Nugraha dari SMAN 1 Yogyakarta

Salut dan bangga kepada siswa yang telah mengharumkan nama Indonesia. Semoga prestasi ini dapat menjadi budaya dan menjadi tradisi Indonesia Juara! Selamat dan sukses selalu! Tebar Inspirasi Pada Negeri!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Fatih

makassar

“”