Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Buka Tahun Ini! 6 Beasiswa Luar Negeri yang Patut dicoba di 2019

Kita pasti punya keinginan untuk berkuliah di luar negeri. Namun, seringkali ada perasaan khawatir dengan kendala bahasa, biaya selama menjalani studi kerap jadi hambatan untuk seseorang melanjutkan kuliah.

Nah di tahun 2019 ini banyak sekali pilihan beasiswa masih tersedia untuk bisa Anda ikuti. Berikut ini adalah peluang beasiswa S1, S2, dan S3 yang pendaftarannya sedang dibuka untuk tahun akademik 2018 – 2019 maupun 2019 – 2020.  Nah, buat kamu yang dalam waktu dekat ini berencana untuk berkuliah di luar Indonesia ada baiknya menyimak informasi ini. Sebelum deadline pendaftaran beasiswa berakhir, silakan ajukan aplikasi sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing beasiswa.

1. Beasiswa Emile-Boutmy di Sciences Po, Perancis (deadline 8 April 2019)

Universitas yang berlokasi di jantung kota Paris ini menyediakan beasiswa bagi pelajar di luar Uni Eropa yang dibuka setiap tahunnya. Beasiswa ini disediakan melalui skema Emile-Boutmy Scholarship. Targetnya adalah mahasiswa-mahasiswa internasional berprestasi yang berminat melanjutkan pendidikan mereka di Sciences Po.

Pendaftaran: Saat mendaftar ke universitas (www.sciencespo.fr) dan mengisi formulir aplikasi mahasiswa, pada bagian “Financial information” sebutkan di formulir tersebut bahwa Anda mengajukan Emile-Boutmy Scholarship.  Pelamar juga diminta melampirkan bukti kemampuan bahasa. Sertakan juga bukti pendapatan dan dokumen yang menjelaskan situasi keuangan keluarga (misalnya, slip gaji, pajak pendapatan kedua orang tua, dokumen yang berkaitan dengan tunjangan, tunjangan pensiun, akte kematian, dll).

• Jika pelamar dianggap sangat istimewa, beasiswa sebesar € 19.000 per tahun bisa saja diberikan untuk biaya pendidikan selama tiga tahun

2. Beasiswa UoPeople (S1, S2) Bisnis, Komputer, Kesehatan

UoPeople membuka kesempatan itu bagi pelamar dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Universitas online yang terakreditasi di Amerika ini menyediakan kuliah gratis untuk sejumlah program studi berbasis online. Di antaranya administrasi bisnis, ilmu komputer, dan studi kesehatan. Jenjang yang tersedia untuk ketiga jurusan tersebut, yakni gelar S1 dan gelar associate (setara D2). Sementara, untuk S2 hanya tersedia program MBA. Layaknya perkuliahan pada umumnya, UoPeople juga menyediakan materi-materi kuliah oleh para dosen dan mengadakan ujian setelah mengikuti perkuliahan.

Durasi pendidikan sama dengan pendidikan pada umumnya. Karena UoPeople berbasis online, maka perkuliahan bisa diikuti dimanapun hanya dengan akses internet. Gelar yang dikeluarkan UoPeople juga diakui. Bahkan, ditangani bersama oleh universitas-universitas terkemuka dunia, seperti Yale University, University of Oxford, UC Berkeley, New York University, dan Columbia University.

3. Beasiswa S1 dan S2 Fashion Design di IFA Paris

Tahun ini, ada tiga jenis beasiswa yang disediakan IFA Paris. Yakni Full Scholarship (menanggung 100% biaya kuliah), Excellence Scholarship (menanggung 40% biaya kuliah), dan Distinction Scholarship (menanggung 20% biaya kuliah).

Namun pelamar hanya dapat melamar salah satu beasiswa tersebut untuk semua program bachelor (S1) dan master (S2) / MBA di IFA Paris.  Meski tidak menyediakan biaya hidup, asuransi, maupun akomodasi, pelamar bisa memanfaatkan beasiswa IFA Paris tersebut untuk menunjang biaya studi selama di Paris. Khususnya bagi Anda yang memiliki dana terbatas untuk studi di luar negeri.

Pendaftaran: Sebelum bisa mengajukan aplikasi, pelamar akan dikenakan biaya pendaftaran kuliah sebesar € 150. Kemudian baru dapat mengunggah dokumen.  Pelamar beasiswa terlebih dahulu membuat akun di lamanhttps: //www.ifaparis.com/admissions/scholarships.

4. Beasiswa WMI Program S1 untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Wells Mountain Initiative (WMI), sebuah organisasi non profit yang berbasis di Bristol, Amerika Serikat. Melalui WMI Scholars Program 2019, beasiswa WMI menyasar para lulusan SMA/SMK/sederajat dan tidak mendanai studi jenjang master maupun doktor. dari negara berkembang yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Pelamar tidak bisa mendaftar ke program beasiswa WMI 2019 – 2020 jika tujuan studi yang dipilih adalah perguruan tinggi atau universitas di Amerika Serikat, Inggris, Australia, atau negara-negara Eropa lainnya.

Yang menarik dari beasiswa WMI adalah pelamar bisa memanfaatkan beasiswa tersebut untuk kuliah di dalam negeri dan juga negara-negara berkembang lainnya di luar negeri. Beasiswanya berupa bantuan dana antara $300 hingga $3.000 setiap tahunnya. Rata-rata kandidat memperoleh $1.500 per tahun. Anda dapat menggunakannya untuk biaya kuliah, biaya buku dan material, serta sewa kamar.

Pendaftaran: Mendaftar secara online di laman Wells Mountain Initiative. Buat akun dan unggah dokumen aplikasi yang diminta. Pendaftaran online dibuka mulai 1 Desember 2018 hingga 1 April 2019. Hasil seleksi akan diberitahukan ke email pelamar dan juga diumumkan di website WMI pada 1 Agustus 2019.

5. Beasiswa ke Jepang 2019 untuk Mahasiswa S1 Tanah Air

Pemerintah Jepang juga menyediakan beasiswa studi Jepang bagi mahasiswa S1 di tanah air yang sedang kuliah di jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang. Beasiswa ini ditawarkan melalui Program Japanese Studies 2019. Beasiswa Monbukagakusho ini juga memberikan tunjangan hidup sebesar ¥ 117.000 per bulan (± Rp 13 juta) yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang, serta disediakan asrama/tempat tinggal atau dicarikan tempat tinggal oleh pihak universitas.Tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa S1 yang mengambil jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan memperdalam pengertian tentang kebudayaan Jepang.

Program ini adalah program non-gelar yang berlangsung selama 1 tahun dimulai September 2019 dan diberikan sertifikat setelah selesai program. Beasiswa studi Jepang 2019 tersebut menyediakan beragam fasilitas bagi penerimanya, di antaranya diberikan tanpa perlu ikatan dinas, tiket pesawat pp Indonesia – Jepang, tanggungan penuh biaya kuliah, serta bebas biaya pembuatan visa pelajar

Jadwa seleksi: Masa Pendaftaran: 13 Desember 2018 – 15 Januari 2019

*Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 31 Januari 2019

*Ujian Tulis: 7 Februari 2019

*Pengumuman Hasil Ujian Tulis: 18 Februari 2019

*Ujian Wawancara: 25 & 26 Februari 2019

*Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: 1 Maret 2019

*Pengumuman Final dari MEXT: Juli 2019

*Berangkat ke Jepang: September 2019 Segera lengkapi dokumen apliksai yang diperlukan dan daftarkan diri sesuai dengan petunjuk pendaftaran.

Kontak:e: beasiswa@dj.mofa.go.jpt: (021) 3192-4308w: www.id.emb-japan.go.jp

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Fatih

makassar

“”