Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jack Ma : Saya Lebih Memilih Mati di Pantai daripada di Meja Kerja

Pelopor industri e-commerce Cina, Jack Ma, mengejutkan dunia dengan keputusannya untuk pensiun pada tahun depan. Berbagai kabar terus bermunculan seiring dengan pengumuman yang disampaikan Ma pada saat ulang tahunnya ke-54.

Jack Ma memutuskan pensiun bertepatan pada hari ulang tahunnya.  Terakhir, Ma menyebutkan dirinya lebih baik mati di pantai daripada di kantornya di Alibaba. Ma juga mengatakan akan mengabdikan dirinya sebagai filantropi di dunia pendidikan. Jack Ma yang dulu pernah menjadi pengajar Bahasa Inggris mengatakan ingin menghabiskan waktunya untuk pendidikan.

Dilansir South China Morning Post, Sabtu (22/9), Ma sering menyampaikan tentang pekerjaannya yang sudah mengambil banyak waktu dan 'nyawa'. "Saya seperti tidak memiliki kehidupan sendiri. Jika saya bisa hidup di kehidupan berikutnya, saya tidak akan pernah melakukan bisnis seperti ini. Saya akan jadi diri saya sendiri, saya ingin menikmati hidup saya," ucapnya dalam Forum Ekonomi Internasional di Rusia, dua tahun lalu.

Ma ingin memberikan jalan bagi generasi pemimpin berikutnya di raksasa e-commerce senilai 420 miliar dolar AS tersebut. Kini tongkat estafet perusahaan sudah resmi diserahkan kepada Chief Executive Officer Daniel Zhang yang akan meneruskan kepemimpinan Jack Ma sebagai Chairman of the Board Alibaba Group.

Bagi Ma, keputusan untuk pensiun bukanlah akhir segalanya. "Justru ini adalah era yang baru". Di antara sejawat di generasinya, Jack Ma menjadi yang pertama pensiun dari industri digital. Alibaba menjadi pionir bisnis e-commerce di China dan sangat memiliki pengaruh cukup besar. Bagaimana ia mendominasi e-commerce dan pembayaran digital, serta mengubah gaya belanja masyarakat di China, menunjukkan peran Jack Ma dan Alibaba yang dipimpinnya sangat fundamental.

Ma memang pernah mengungkapkan keinginan untuk mengikuti jejak bapak Microsoft, Bill Gates yang mendirikan yayasan atas namanya. Jack Ma pun sudah menyiapkan yayasan bernama Jack Ma Foundation yang didirikan tahun 2014. Ia pernah mengatakan jika dirinya tidak mungkin sekaya Bill Gates, namun ia akan pensiun lebih cepat dibanding Bill Gates yang kala itu undur diri pada usia 58 tahun.

Ma belum menjelaskan rencana hidupnya setelah pensiun. Menurutnya, usia lima tahun sudah terbilang tua di industri teknologi, tapi tetap muda untuk sektor lain. "Dalam 15 hingga 16 tahun mendatang, masih ada banyak hal yang bisa saya lakukan."  ucapnya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Fatih

makassar

“”