Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kepergok Pake Kamera DSLR saat Iklan Selfie, Ini Jawaban Huawei

Sepintas tak ada yang aneh dengan adegan di video iklan yang dibuat oleh pabrik smartphone asal China ini. Namun, belakangan diketahui bahwa hasil jepretan selfie nan ciamik tadi bukan berasal dari kamera milik ponsel Huawei Nova 3, melainkan sebuah kamera DSLR.

Huawei membikin video iklan singkat untuk mempromosikan smartphone seri Nova 3 di Mesir. Iklan tersebut berbuah blunder lantaran beredar kabar bahwa jepretan selfie yang ditampilkan merupakan tangkapan kamera DSLR, bukan sang ponsel huawei sendiri.

Didalam cerita, terlihat seorang wanita tengah memakai make up di wajahnya. Belum selesai makeup, pasangannya tiba-tiba mengangkat smartphone Huawei seri Nova 3 untuk menjepret selfie. Cekrek ! Foto pun jadi. Si wanita tampak terkejut karena makeup belum sempurna, namun wajahnya sudah tampak cantik di foto. Mungkin ini karena kecerdasan buatan (AI) di Nova 3 mampu membuat wajahnya tampak cantik menawan.

Sarah Elshamy kemudian mengunggah foto-foto behind the scene dari produksi iklan yang bersangkutan ke akun Instagram miliknya. Nah, salah satu foto memperlihatkan bahwa tangan sang pria ternyata tidak menggenggam apa pun saat berakting selfie tadi.  Dalam salah satu foto terlihat pemeran pria sedang berakting merentangkan tangan seolah mengambil selfie. Namun, tangannya tak menggenggam apa-apa. Seorang kru lain terlihat memposisikan kamera DSLR di dekat tangan sang pria untuk menirukan sudut pandang kamera smartphone saat dipakai selfie. Keganjilan ini kemudian diberitakan sejumlah outlet media online internasional lantaran dipandang bersifat misleading dan bisa membuat calon konsumen keliru menganggap jepretan selfie Nova 3 memang semenawan foto-foto yang terlihat dalam video.

Menanggapi hal tersebut, pihak Huawei mengatakan bahwa di akhir video sebenarnya sudah mencantumkan pernyataan klaim (disclaimer). Isinya menegaskan bahwa foto-foto yang ditampilkan dalam iklan hanya untuk keperluan ilustrasi saja.  Tidak ada pernyataan bahwa rangkaian foto menawan tersebut benar merupakan jepretan kamera ponsel Nova 3.

Namun, tetap saja visualisasinya mengesankan demikian, dan berpotensi misleading untuk calon konsumen yang melihat. Ini bukan kali pertama Huawei kepergok memakai kamera berkemampuan lebih tinggi untuk mengiklankan jepretan ponselnya. Pabrikan asal China tersebut pernah menaruh hasil foto dari kamera DSLR full-frame Canon 5D Mark III di galeri sampel foto smartphone P9 pada 2016.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Fatih

makassar

“”