Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Luasnya Proyeksi Lulusan Teknik Mesin

Teknik mesin dikenal sebagai ilmu teknik yang menerapkan prinsip - prinsip fisika untuk keperluan desain, pembuatan, pengembangan, analisisis, operasi, pemeliharaan perangkat. Dan saat ini bidang yang masuk dalam cakupan teknik mesin sangatlah luas. Seperti ; kalkulus, kinematika, termodinamika, material industri, mekanika fluida, Teknik Aljabar Linier, meterologi, perpindahan panas, otomasi industri, mekatronika, robotika, dinamika manufaktur.

Tentu sobat teknik sudah tak asing lagi dengan jurusan teknik mesin. Sebenarnya jurusan teknik mesin ini adalah jurusan tertua kedua setelah jurusan teknik sipil. Sejarah singkatnya dan yang menjadi cikal bakal dalam dasar-dasar ilmu teknik mesin terjadi di Inggris pada abad ke-17 ketika Sir Isaac Newton yang merumuskan tiga Hukum Newton tentang gerak dan Kalkulus. Pada awalnya, Newton tidak ingin penemuannya menjadi bahan publikasi, tapi ia akhirnya dibujuk oleh rekan-rekannya, yakni Sir Edmund Halley. Hingga akhirnya penemuan Newton merupakan penemuan besar dan memberikan banyak manfaat bagi seluruh umat manusia bahkan penemuannya terus berkembang dan masih relevan untuk diaplikasikan hingga saat ini.

Dan pada jaman modern ini, teknik mesin dikenal sebagai ilmu teknik yang menerapkan prinsip - prinsip fisika untuk keperluan desain, pembuatan, pengembangan, analisisis, operasi, pemeliharaan perangkat. Dan saat ini bidang yang masuk dalam cakupan teknik mesin sangatlah luas. Seperti ; kalkulus, kinematika, termodinamika, material industri, mekanika fluida, Teknik Aljabar Linier, meterologi, perpindahan panas, otomasi industri, mekatronika, robotika, dinamika manufaktur, Mekanis Struktur & Sifat Material, konversi energi, teknik refrigerasi & pengendalian udara, Perancangan Produk CAD /CAM dan masih banyak lagi.

Sangat banyak kan matkulnya, dan memang kuliah di jurusan ini bisa dibilang lumayan hardcore. Karena mata kuliahnya yang sangat padat dan membutuhkan banyak energi untuk menguras otak dan otot. Selain karna praktikumnya yang berat, teorinya juga lumayan sulit. Karna membutuhkan perhitungan dan analisa. Sehingga banyak sekali jurusan ini digandrungi oleh para laki-laki / cowo. Karena memang juga proyeksi ditempat kerja lebih banyak dibutuhkan laki-laki. Tetapi saat ini juga banyak wanita yang tertarik dengan jurusan ini. Walaupun agak jarang dan terlihat aneh. Karena bisa-bisa sekelas hanya berisi paling banyak 3 orang dari 30 anak, hehehehe.

Berikut ini adalah beberapa proyeksi tempat kerja yang bisa dicoba oleh para lulusan teknik mesin :

A. Industri pertambangan

Lulusan teknik mesin banyak dibutuhkan di industri pertambangan baik pertambangan bahan galian padat maupun minyak dan gas (migas). Di industri migas, banyak aspek yang bisa ditempati. Seperti contoh desain pipeline, well intervention, rotating machinary, drilling, desainer pressure vessel (bejana tekan), dll. Contoh perusahaan yang berkecimpung di bidang pertambangan adalah PT. Pertamina, Chevron, Freeport, KPC, Total, Bukit asam dan masih banyak lagi.

B. Perusahaan Engineering, Procurement, and Construction (EPC)

EPC terkadang juga ditambahkan Installation sehingga singkatannya menjadi EPCI . EPCI ini biasanya berkecimpung di perusahaan offshore/platform. Terkadang juga ditambahkan C (menjadi EPCC) jika perusahaannya menggeluti bagian Commissioning (test unjuk kerja). Tugas dari EPC adalah untuk merancang, melakukan rekayasa teknik, melakukan pembelian barang-barang hingga kemudian mendirikan /membangun plant tersebut.

C. Bidang pembangkit listrik

Lulusan teknik mesin di bidang pembangkit listrik memegang peranan penting. Hal ini dikarenakan prinsip pada sistem pembangkit listrik baik itu tenaga panas bumi, uap, biomassa, diessel ataupun lainnya adalah sama yakni ilmu termodinamika. Tentu seorang insinyur mesin sangat paham betul tentang termodinamika dimana permasalahan yang ada pada kompresor, turbin, pompa, sistem perpipaan, boiler, penukar panas, dan sebagainya menjadi tanggung jawab insinyur teknik mesin yang ada di pembangkit listrik.

D. Industri Proses

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan insinyur mesin, walaupun peranannya sama penting dengan teknik kimia. Banyak sekali, mulai dari industri metal, industri semen, industri tekstil, industri pupuk, dan lain lain. Dan ditempat itulah mereka para insinyur mesin dan teknik kimia menjadi lahan kolaborasi yang baik dalam menerapkan imu seperti perpindahan panas, sistem pembangkitan uap, ilmu material, dll.

E. Industri Transportasi

Banyak sekali idustri transportasi yang membutuhkan lulusan teknik. Dari industri motor, mobil hingga pesawat terbang. Dimana mereka para insinyur mesin dapat bekerja pada bidang pembuatan desain body, chassis, engine, sistem propulsi, dan mekanisme-mekanisme lain yang berhubungan dengan teknik mesin. Seperti contoh perusahaannya adalah Yamaha, Astra, Toyota, Honda, DAF dan berbagai industri transportasi besar lain seperti pada perkereta apian dan pembuatan kapal.

F. Kontraktor gedung bertingkat

Biasanya bidang ini sebagian besar ditempati oleh insinyur teknik sipil. Namun siapa sangka, bahwa di bidang ini lulusan teknik mesin masih dibutuhkan. Masalah seperti sistem AC sentral (sistem pengondisian udara), perpipaan, plumbing dan sistem pemadam kebakaran menjadi tugas yang akan dihadapi disini.

G. Perusahaan jasa maintenance & service

Ranah ini juga banyak digeluti oleh orang-orang lulusan teknik mesin. Hampir semua urusan maintenance di industri adalah pekerjaanya. Lulusannya bisa ke tempat pemeliharaan pesawat seperti GMF dan pemeliharaan peralatan industri lainnya.

H. Akademisi

Dan yang terakhir, lulusan teknik mesin juga bisa menjadi tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan kesempatan untuk menjadi dosen teknik mesin. Syaratnya yaitu minimal dengan menyelesaikan pendidikan S2 dalam bidang studi yang sama. Tenaga pengajar di kampus-kampus juga biasanya menjadi peneliti inovasi teknologi. Dan hasil penelitian ini bisa diimplementasikan pada industri ataupun untuk pengabdian.

Bagaimana? Tertarik dengan jurusan ini? Atau bagi kalian yang sudah menekuni di bidang ini sudah punya gambaran akan bekerja dimana? 😎😎😎

Oh ya untuk jurusan lain jangan khawatir, admin akan bahas kok.. Karena gak hanya teknik mesin yang punya proyeksi pekerjaan yang luas. Tapi masih banyak jurusan teknik lain!

Salam Solidarity Forever!! Antek Indonesia!!!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Fatih

makassar

“”