Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Penyebab Internet Kita Lemot dan Cara Menanggulangi !

Lagi butuh-butuhnya eh tiba-tiba internet terasa lemot, padahal barusan paketan. Pasti jengkel kan? Ternyata ada penyebabnya lho! Berikut tipsnya kalo internetmu lagi lemot-lemotnya ya!

Selain gadget, internet adalah kebutuhan terpenting tiap orang. Apa fungsinya gadget tanpa internet? Bahkan main game pun sekarang rata-rata harus pake internet. Nah terkadang pas lagi butuh-butuhya internet kita lemot bikin kesel juga ya, apalagi tidak bisa diprediksi kecepatannya. Nah berikut ini nih penyebab kenapa internet kita lemot, berikut tipsnya! Baca yaaaa....

1. Akibat Cuaca Buruk

Di Indonesia sendiri, cuaca yang paling mempengaruhi koneksi internet umumnya ketika musim penghujan. Saat hujan deras,biasanya koneksi internet mendadak berubah jadi tak lancar ataupun melambat. Diperkirakan sinyal-sinyal internet yang ada di udara terhalang oleh titik-titik hujan. Atau ada gangguan pada tower pemancar akibat petir.

Maka yang harus kita lakukan adalah dengan merubah settingan pada jaringan yang semula menggunakan 4G, anda ubah menjadi 3G atau GPRS Only.

2. Banyaknya Aplikasi yang berjalan

Penyebab koneksi internet lambat di android juga bisa diakibatkan banyaknya aplikasi berjalan yang ada di backgroung smartphone anda. Mungkin anda tidak sadar bahwa aplikasi seperti LINE, WA, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya akan menganggu koneksi internet di HP anda. Bayangkan jika 1 aplikasi memerlukan 1000 kbps, dan anda tak sadar membuka 10 aplikasi. Sudah bisa dipredikasi kecepatannya akan berkurang karena terbagi.

Adapun mengenai cara mengatasinya tentu sangat mudah dimana anda hanya perlu menonaktifkan salah satu atau beberapa dari aplikasi yang anda rasa jarang anda gunakan atau aplikasi yang paling banyak menyedot kuota internet.

3. Kartu tidak sesuai dengan daerah

Nah ini yang paling sering terjadi, apalagi bagi kita yang sering bepergian ke daerah-daerah. Tentu kalau di kota infrastruktur jaringan provider lebih lengkap. Sehingga banyak dibangun jaringan dengan kecepatan tinggi. Namun hal ini berbeda dengan daerah lain yang masih jarang dibangun jaringan internet. Apalagi di kota-kota kecil yang terkadang hanya ada 1-2 provider penyedia jaringan internet. Cara mempercepat jaringan internet android adalah dengan mengganti provider terbak. Dalam memilih kartu juga penting melihat kecepatan pada masing-masing kartu yang harus digunakan yang mempunyai sinyal terkuat pada daerah masing-masing.

4. Di Parkiran Kadang juga Susah Sinyal

Hal ini sering terjadi ketika di parkiran kamu tidak mendapatkan sinyal ponsel dan internetmu melambat. Ada beberapa hal yang bisa ditarik dari sini. Yang pertama, tempat parkirmu terlalu tinggi; yang kedua parkiranmu memiliki dinding yang tebal dan tertutup hingga sinyal pun tidak dapat dijangkau. Sebenarnya bukan hanya di parkiran saja, tapi ini biasa terjadi ketika memasuki terowongan yang panjang. Solusinya adalah gunakan aplikasi yang berguna untuk menambah daya pada kecepatan sinyal sehingga kecepatan sinyal bisa menjadi berlipat ganda contoh aplikasi yang bisa saya rekomendasikan untuk teman-teman yaitu Network Booster.

5. Konflik jaringan

Penyebab satu ini biasanya bermula ketika anda menginstall aplikasi pemblokir iklan maupun bagi anda yang menginstall aplikasi local host. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, namun aplikasi-aplikasi tersebut bisa menggangu koneksi internet di HP anda.

Dengan kata lain, meskipun sebenarnya aplikasi tersebut memiliki keuntungan dan keunggulan, namun dampaknya akan berimbas terhadap koneksi internet HP anda yang lemot atau lambat. Maka dari itu, penggunaan VPN dalam hal ini sangat membantu mengatasi kelemahan dalam kecepatan jaringan atau koneksi android dengan sistem pengoperasiannya yang mengalihkan alamat IP ke negara lain yang tentunya kecepatan akses internetnya yang berbeda dan dapat membuka web yang tidak dibuka atau diblokir pemerintah atau negara asal pengguna.

Ada banyak jenis VPN yang ada pada android yang bisa anda unduh,tapi ada beberapa yang bisa saya rekomendasikan seperti: Hotspot Shield, Hideman VPN, Psiphon, Turbo VPN.

6. Ada Perbaikan / Maintenance

Tidak ada yang lebih parah ketimbang hal ini. Perbaikan ataupun maintenance jelas akan mempengaruhi kecepatan koneksi dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu sampai benar. Belum lagi ketika ada kerusakan jaringan fiber optic akibat putus, tentu perbaikannya akan lebih lama lagi karena harus mengukur jarak kerusakannya dan penyambungannya. Jika sudah seperti, cobalah bergantung pada WiFi.

7. Banyaknya File Sampah di Android

Penyebab yang lain sehingga mengakibatkan koneksi internet di Android adalah karena banyaknya file sampah yang tidak anda hapus. Beberapa kategori aplikasi untuk menbantu membersihkan file sampah yang biasanya tidak disadari oleh pengguna perangkat yang dapat membuat file sampah itu menjadi menumpuk dan sangat memperberat performa jaringan atau koneksi pada android

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mendownload aplikasi cleaner yang bisa anda dapatkan di Play Store. Nanti aplikasi tersebut akan secara otomatis menghapus cache atau sampah-sampah lainnya yang menyebabkan HP atau koneksi intenet di HP anda menjadi lemot. Clean Master, Cache cleaner, DU Speed Booster.

sumber : idntimes, dianisa.com, hargahp.co.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

winda

Universitas Indonesia

Karawang

“Belajar dan belajar, sebab pencapaian besar harus sesuai dengan isi otak kita!”