Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Livewire - Sepeda Motor Listrik Harley Davidson yang Super Canggih

Pasca viralnya penyelundupan motor Harley Davidson milik Dirut Garuda Indonesia yang terbilang langka. Yang kabarnya dibuat pada tahun 1960 dan dibanderol harga 500-800 juta rupiah. Ternyata ada juga produk Harley terbaru yang juga mencuri perhatian lho! Apa itu ?

Berbicara tentang kendaraan listrik, tentu tak lepas dari emisi gas buangnya yang bersih dan tak menimbulkan polusi. Indonesia saat ini sangat gencar mengkampenyekan untuk percepatan kendaraan listrik. Dan Harley Davidson sebagai perusahaan motor premium juga tak mau kalah dengan industri kendaraan listrik.

Harley meluncurkan Motor LiveWire yang menawarkan pengalaman baru berkendara elektrik, bahkan bisa ditunggangi oleh pemula sekalipun. Livewire menghadirkan baterai tegangan tinggi (atau RESS; Sistem Penyimpanan Energi Isi Ulang) yang terbuat dari sel litium-ion berbalut rumah aluminium cor bersirip. Baterai tegangan tinggi ini menghadirkan kemampuan jangkauan kota sepanjang 225 km atau 142 km dari gabungan jangkauan stop-and-go dan jalan raya.

www.harley-davidson.com

Bayangkan dengan teknologi ini, Livewire mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3 detik saja. Sementara pada tingkatan lebih tinggi, kecepatan 100-129 km/jam bisa dicapai dalam 1,9 detik.  Perlu di ingat juga, LiveWire ini adalah motor listrik yang berputar dan melaju tanpa kopling atau roda gigi. Jadi torsi yang ditawarkan tersedia dalam pilihan otomatis. Ketika user membuka pedal gas, tenaga akan langsung tersedia.

Fitur lain yang ingin ditunjukkan Harley-Davidson adalah layanan yang terhubung oleh unit kontrol telematika yang terhubung LTE yang tersembunyi di bawah kursi sepeda motor. Teknologi ini memungkinkan ponsel cerdas pengendara untuk mengakses segala sesuatu mulai dari pemeriksaan status jarak jauh, status pengisian baterai, perencanaan perjalanan, pemberitahuan pencurian atau perusakan, pelacakan GPS, pengingat layanan, diagnostik, dan lainnya.

www.harley-davidson.com

Motor ini sudah tersedia di beberapa negara. Seperti Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa kawasan Eropa. Penyebaran ke negara lain dijadwalkan berlangsung pada 2020-2021. Sehingga Indonesia harus bersabar terlebih dahulu untuk saat ini.

Tentu gebrakan Harley Davidson ini sangatlah mengubah pemikiran lawas tentang motor gede yang rumit. Walaupun memang kesan premium tetap melekat dengan Harley. Harganya pun tak murah. Harley-Davidson LiveWire dipatok seharga USD 29.799 atau setara dengan Rp 427 jutaan. Hehe lumayan juga ya!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

winda

Universitas Indonesia

Karawang

“Belajar dan belajar, sebab pencapaian besar harus sesuai dengan isi otak kita!”