Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Password Smartphone Kini Bisa Pakai Jantung

Kata sandi kini hadir dengan banyak cara. Mulai dari yang paling konvensional seperti kombinasi huruf.angka,dan pola hingga yang paling canggih dan praktis seperti sidik jari atau wajah. Konon ke depannya, metode password bakal bisa menggunakan detak jantung manusia.

Kini teknologi yang ada pada password modern berevolusi menjadi semakin canggih. Tak hanya mengandalkan password dengan teknologi pemindai wajah (Face Id), pemindai sidik jari (Finger Print) atau password dengan pemindai Retina, kini teknologi password terbaru akan di lengkapi dengan sistem keamanan super canggih yaitu password detak jantung atau teknologi biometrik password .

Sistem keamanan ini dikembangkan oleh para ilmuwan di University at Buffalo (UB) Amerika Serikat. Rencananya, sistem keamanan ini akan digunakan pula pada keamanan smartphone dan X- Ray bandara.

Jadi, saat pertama kali memindai detak jantung, sistem akan langsung menyimpan rekam data detak jantung tersebut dan memastikan tidak ada pengguna lain yang detak jantungnya sama.

Wenyao Xu, asisten peneliti di Universitas Buffalo mengklaim, metode pemindaian detak jantung ini lebih aman dan efektif ketimbang sistem pemindaian biometrik lainnya.

Sistem penggunaan password detak jantung  yang dikembangkan oleh para peneliti akan menggunakan teknologi radar Doppler untuk mendeteksi detak jantung pengguna. Adapun sistem biometrik berbasis detak jantung sebetulnya telah digunakan untuk mengukur sinyal elektrokardiogram.

Alat ini di gunakan untuk merekam data detak jantung manusia kemudian menyimpannya dalam database kamputer. Teknologi penggunaan password detak jantung sangat mungkin di lakukan karena layaknya sidik jari, detak jantung manusia tak ada yang sama antara yang satu dengan yang lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

winda

Universitas Indonesia

Karawang

“Belajar dan belajar, sebab pencapaian besar harus sesuai dengan isi otak kita!”