Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Akan Ada Jaringan 5G hingga Mobil Otonom di Asian Games 2018

Uji coba layanan 5G di Indonesia akan dilakukan dalam waktu dekat, pesisnya di perhelatan Asian Games 2018 yang akan digelar mulai 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 di Jakarta.

Bakal ada dua operator telekomunikasi yang akan melakukan trial 5G. Pertama, Telkomsel di area perhelatan Asian Games 2018. Satu lagi XL Axiata yang rencananya akan melakukan pengujian di kawasan Kota Tua Jakarta. Frekuensi 5G yang akan digunakan tidak akan terlalu besar, yakni sekitar 3 - 8 GB. Untuk teknologinya bakal disokong dilakukan oleh dua perusahan teknologi jaringan terkemuka dunia. Yakni dari Korea Selatan dan Tiongkok.

Yang tak kalah menarik lagi, saat uji coba 5G ini juga akan dihadirkan pula mobil tanpa awak. Seperti diketahui jaringan 5G memang digunakan untuk mengoptimalkan teknologi otonom di kendaraan. Pasalnya faktor penentu mobil otonom dapat berjalan adalah kecepatan dalam pengiriman data. Nah, sinyal 5G memiliki kecepatan konektivitas 10 kali lipat dibandingkan teknologi sebelumnya, sehingga memungkinkan pengiriman data dalam volume yang besar dalam waktu cepat.

intel.com

Kominfo akan menempatkan 400 akses poin di stadion utama GBK. Bilamana dirasa kurang, mereka akan menambahnya lagi. "Kami harapkan masyarakat menggunakan WiFi. Jadi seluler menjadi cadangan bukan yang utama," “5G bukan hanya frekuensi tapi perangkatnya. Device di sisi user dan aplikasi. Jadi semua harus lengkap. Tujuannya melihat itu,” pungkas Menkominfo.

Salah satu maanfaat jaringan 5G adalah efisiensi yang diusung jika dibanding teknologi jaringan sebelumnya. Sinyal 5G memiliki kecepatan konektivitas 10 kali lipat dibandingkan teknologi sebelumnya, sehingga memungkinkan pengiriman data dalam volume yang besar dalam waktu cepat. Pemanfaatan Internet of Things juga diharapkan akan meningkat dengan jaringan 5G tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

yudi

Jakarta

“”