Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ini Alasan Indonesia Tolak Bantuan Ameria Serikat

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pemerintah Indonesia menolak bantuan kapal rumah sakit dan militer oleh Amerika Serikat untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tenggara.

Trump, dalam konferensi pers di Gedung Putih hari ini, menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia atas gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Ia menyampaikan telah mengirim pasukan first responders (tanggap darurat), militer, dan tim lainnya untuk menangani dampak dari bencana.

Berkaca Pada Pengalaman Tsunami Aceh

JK mengatakan bahwa pemerintah Indonesia juga tidak menerima tawaran Trump mengenai kapal rumah sakit lantaran jumlahnya sudah cukup.

"Kan pengalaman di Aceh dulu, yang mau naik kapal rumah sakit (milik Indonesia) itu hanya lima pasien," kata Jusuf Kalla.

Bantuan negara asing untuk rekonstruksi dan rehabilitasi

Sebanyak 18 negara menawarkan bantuan untuk bencana gempa donggala dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebutkan antara lain AS, Perancis, Ceko, Swiss, Norwegia, Hungaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Jepang, India, dan Cina.

Jusuf Kalla melanjutkan, lebih mengutamakan bantuan negara asing untuk proses rehabilitasi dan rekonstruksi. Sementara untuk bantuan yang bersifat kemanusiaan, kata Jusuf Kalla, sudah bisa diatasi sendiri oleh pemerintah Indonesia.

Presiden Donald Trump Ikut Belasungkawa

Seperti dikutip dari The Washington Post, menyebut bencana alam ini sebagai kondisi yang sangat buruk Donald Trump mengatakan, tsunami merupakan bencana paling buruk di antara bencana alam lainnya.

"Mereka terkena tsunami besar, banyak orang tidak pernah melihatnya. Tapi penduduk di dunia bagian lain kerap mengalaminya," ucap Donald Trump.

"Kalian menyaksikan tornado, badai, dan bencana alam lainnya yang berbeda. Namun, tsunami adalah yang terburuk," kata Trump.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

yudi

Jakarta

“”