Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kapal Buatan Indonesia Menang di Kompetisi Dunia

Tak henti-hentinya karya anak bangsa mendunia di kancah dunia. Salah satunya di bidang perkapalan hasil PT Lundin Industry asal Banyuwangi.

Tak henti-hentinya karya anak bangsa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Prestasi ini diukir melalui produk yang diproduksi oleh PT Lundin Industry Invest dengan nama kapal RIB (Right Inflatable Boat) jenis Carbotech - Carbotech GT38 . PT Lundin Industry Invest adalah salah satu galangan kapal swasta yang ada di Indonesia. Bermarkas di Banyuwangi, Jawa Timur Lundin sudah mengekspor kapal ke Australia hingga Swedia.Sejak berdiri di 1997, Lundin sudah memproduksi 278 kapal. Kapal yang diproduksi juga melayani pesanan militer dalam negeri.

Kapal buatan PT Lundin menguasai kejuaran kapal cepat di Swedia. Di ajang ini, Carbotech GT38 berhasil memborong juara 1, 2, dan 4. Carbotech GT38 berhasil mengalahkan kapal-kapal buatan puluhan perusahaan di Eropa. Tentu hal ini membuktikan bahwa kualitas kapal buatan Indonesia mampu bersaing di dunia. Dua model kapal carbotech lainnya produksi Lundin juga telah digunakan untuk operasi militer Swedia dan negara di kawasan Skandinavia lainnya.

Tak hanya Carbotech, PT Lundin juga memproduksi sejumlah kapal lainnya. Ada Sea Rider, Combat, Penguin, X2K Special Ops RIB hingga Trimaran. Sebagian besar pasar PT Lundin berada di luar negeri dengan pasar terbesar di wilayah eropa. Tahun ini PT Lundin mengekspor 17 kapal yang terdiri dari 15 Penguin dan 2 G7 yang diekspor ke Malaysia, Selandia Baru, dan Swedia. G7 merupakan kapal yang digunakan pasukan khusus Rusia. Saat ini G7 mulai banyak dipesan karena kecanggihannya dan terkenal dengan kecepatannya.

Sejumlah Negara tercatat telah menjadi klien produk Lundin, di antaranya Swedia, Rusia, Australia, Malaysia, hingga Timor Leste. Untuk pesanan dalam negeri, ia mengatakan bahwa TNI AL menjadi pemesan paling banyak. Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Bakamla juga memesan kapal buatan Lundin.  Saat ini PT Lundin bekerja sama dengan Pindad dan CMI Defence memproduksi tank boat yang dinamai Antasena.

Setelah berhasil menjuarai ajang kapal cepat di swedia, PT Lundin tidak berpuas diri dengan keberhasilannya. Tahun depan, PT Lundin akan memproduksi GT38 dan G7 untuk memenuhi permintaan pasar. Kapal cepat G7 sendiri memiliki spesifikasi khusus yang mampu manahan kekuatan diatas ravitasi 7. Keberhasilan dan prestasi industri perkapalan Indonesia tentu perlu diacungi jempol. Apalagi kapal karya Banyuwangi ini bisa dikenal dan diminati di kawasan Eropa khususnya Rusia. Sehingga menjadi kebanggaan bagi warga setempat yang banyak bekerja di PT Lundin.

source :  Indo Defense 2018 Expo & Forum, goodnewsfromindonesia

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

yudi

Jakarta

“”