Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

PLN Siap Ekspor Listrik ke Papua Nugini

Rasio Elektrifikasi yang targetnya bisa mencapai 99% di tahun 2019 nampaknya membuat PLN siap mengekspor listrik ke negara lain. Salah satunya Papua Nugini.

Daya listrik yang dimiliki PLN Indonesia saat ini sedang surplus-surplusnya. Sehingga perusahaan BUMN ini berencana akan mengekspor listriknya ke luar negeri. Papua Nugini menjadi tujuannya, yang diperkirakan akan terealisasi dalam waktu dekat. Sejak tahun 2014 PLN Wilayah Papua dan Papua Barat telah berencana dan siap menyuplai listrik ke Papua Nugini (PNG) khususnya Wutung yang berbatasan dengan Skouw, Kota Jayapura.

Pembicaraan tentang rencana tersebut sudah dilakukan antara PLN dengan PNG Power Limited. Sebesar dua megawatt akan disalurkan tahap pertama di Wutung.  Langkah berikutnya untuk merealisasikan kerja sama ini adalah menyamakan tegangan. Sebab, saat ini PLNWP2B memiliki tegangan sebesar 20 KV, sedangkan di Papua Nugini tegangannya mencapai 22 KV. Untuk menyamakan, bisa dirancang memakai trafo step-up.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, saat ini sedang dipersiapkan seluruhnya oleh kedua belah pihak. Beberapa waktu yang lalu pihak PNG Power Ltd  juga menyempatkan kunjungan ke PLN WP2B di Jayapura. Dengan demikian, rencana jual-beli listrik dengan PNG dapat segera terealisasikan.

"Dalam kunjungan tersebut delegasi PNG di pimpin Asaka Togono dan itu merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kota kembar antara Jayapura-Vanimo," kata Lebelauw.

Selain itu pemerintah juga memberikan keleluasaan kepada pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan ketahanan listrik di wilayahnya, terutama bagi daerah yang belum berlistrik. Untuk wilayah yang sulit dijangkau jaringan listrik PLN,

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

yudi

Jakarta

“”