Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Pernah Dapat Pesan Whatsapp yang Bikin "Hang" ? Berikut Penjelasannya

Pesan berisi titik hitam besar yang diikuti teks "Don't touch here" dipercaya bisa membuat aplikasi WhatsApp dan juga smartphone ikut hang. Mengapa ya?

Akhir-akhir ini pengguna whatsapp dihebohkan dengan sebuah pesan berantai di Whatsapp yang bertuliskan Jangan Ditekan dalam bahasa inggris dan dilengkapi sebuah gambar titik hitam besar hingga membuat smartphone kita "hang" setelah membukanya.

Meskipun mulanya banyak yang menduga pesan tersebut adalah hoax, namun tak sedikit yang membuktikan keaslian pesan tersebut.  Pesan itu bisa membuat aplikasi WhatsApp dan juga smartphone ikut hang.

Namun, pesan tersebut tak berlaku bagi pengguna WhatsApp di iOS dan mereka yang mengakses WhatsApp melalui komputer. Lalu, mengapa hal itu bisa terjadi?

Dilansir Androidterritory, pakar peneliti keamanan internet dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan masalah pesan yang bikin ponsel hang. Alfons tegaskan biang kerok masalah tersebut bukanlah karena malware. Dalam pesan tersebut mempresentasikan karakter dalam format kode pemrograman ASCII. Dengan kata lain di dalam pesan itu sebenarnya tersembunyi ribuan karakter berupa simbol, huruf, dan angka yang akan membebani kinerja WhatsApp. Sebenarnya kejadian serupa tidak hanya terjadi di WhatsApp, namun juga bisa terjadi di Skype, Telegram dan Facebook Messenger bilamana pesan yang sama ditekan.

Di dalam pesan tersebut terdapat kode ASCII dalam jumlah masif. ASCII adalah singkatan dari American Standard Code for Information Interchange). Merupakan kumpulan kode-kode yang dipergunakan untuk mempermudah interaksi antara pengguna dan komputer. WhatsApp rupanya tidak didesain untuk menampilkan kode ASCII yang mempunyai lebar karakter 0 (nol). Jadi walaupun ada ratusan ribu karakter tidak terlihat sama sekali. Dan dalam kasus ini Alfon menjelaskan ada 23.643 karakter ASCII.

Sehingga untuk menayangkan ribuan karakter tersebut dalam waktu secepat mungkin pastinya akan membuat kinerja aplikasi menjadi sedikit terganggu dan mengalami crash.  Kalau spek ponsel tinggi, proses tersebut hanya terjadi beberapa detik saja. Lain cerita jika ponsel yang digunakan punya spesifikasi seadanya.

Namun tak perlu khawatir, apabila anda sudah terlanjur menekan tombol tersebut. Cukup diamkan saja. Nanti kalau semua kode ASCII sudah diproses akan balik normal lagi.

sumber : detik.com, liputan6.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

yudi

Jakarta

“”