Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Saham Facebook Turun! Setelah Pendiri Whatsapp Mundur, Kini Pendiri Instagram Menyusul

CEO Instagram, Kevin Systrom, mengatakan dia akan berhenti bekerja, bersamaan dengan Chief technology officer dan Co-foundernya, Mike Krieger. Keduanya mengumumkan pada Senin malam (24/9).

Salah satu sumber dalam yang akrab dengan masalah ini membeberkan kabar itu. Systrom diketahui menjabat sebagai Chief Executive, sementara Krieger mengampu jabatan Chief Technical Officer di Instagram.  Systrom dan Krieger, yang bergabung dengan Facebook setelah rakasasa jejaring sosial itu mengakuisisi Instagram pada 2012.

Dengan basis pengguna yang melewati 1 miliar user, tak mengherankan jika Instagram memang menjadi salah satu faktor kunci dalam mendatangkan pendapatan bagi Facebook. Sekadar informasi, rakasasa jejaring sosial itu membeli Instagram enam tahun lalu senilai USD 1 miliar. Tentu kepergian kedua pendiri Instagram tersebut bisa memberikan efek negatif untuk bisnis Facebook.

Yang terbaru, Zuck menjelaskan bahwa media sosial tersebut tumbuh dua kali lebih cepat di bawah naungan Facebook dibanding saat masih berdiri sendiri. Menariknya, pernyataan tersebut dirasa tidak perlu diumbar oleh para penggawa Instagram.

Scott Kessler, seorang analis dari CFRA mengatakan keputusan Kevin dan Mike meninggalkan Instagram berkaitan dengan gesekan yang selama ini terjadi dengan CEO Mark Zuckerberg. Laporan Bloomberg mengatakan keduanya merasa frustasi dengan meningkatnya keterlibatan Zuckerberg terhadap Instagram. Padahal di sisi lain, dalam beberapa kesempatan ia kerap mengatakan Instagram tengah disiapkan untuk menjadi masa depan Facebook.

"Sejauh ini Zuckerberg menggunakan lebih banyak kekuatannya dan kurang akuntabel, hal inilah yang perlu digarisbawahi bahwa perusahaan butuh ketua dewan dari kalangan independen," ungkap Kron pada Juli lalu dalam sebuah kesempatan.

"Menurut kami alasan keduanya hengkang mungkin karena mereka menginginkan Instagram bisa berjalan lebih mandiri daripada yang diidamkan perusahaan induk," ungkap Kessler seperti dilaporkan Reuters.

Perwakilan Facebook masih enggan memberikan komentar. Langkah duo co-founder Instagram ini mengikuti pendiri WhatsApp, Jan Koum yang lebih dulu mundur dari Facebook April lalu. Koum mengungkapkan alasannya mundur adalah karena alasan privasi data penguna yang melanda Facebook. Pendiri WhatsApp lainnya, Brian Acton juga lebih dulu keluar dari Facebook tahun 2017 lalu.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

yudi

Jakarta

“”