Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Terkenal Paling Sangar, Potret Kehidupan Anak Fakultas Teknik dari Maba hingga Lulus

Kalau dirasa-rasakan jadi anak teknik itu antara senang, bangga, sedih dan pengen nangis. Bagaimana tidak, sejak maba sampe mau lulus itu penderitaanya tak pernah berakhir.

Menurut tirto.id, mahasiswa teknik adalah mahasiswa yang paling banyak membaca di akhir semester dan mencari banyak istilah di sepanjang semester. Mereka adalah mahasiswa yang paling banyak mencari jawaban. Ya jawaban yang tak kunjung reda, karena jurusan ini berisi ilmu-ilmu pasti yang banyak menyimpan misteri.

Ospek VS Pengkaderan

Pada umumnya kuliah di teknik sangat berat, bukan berat dalam hal akademis saja, namun berat dengan pengkaderan (nama lain dari ospek). Yang membuat berat pada masa jadi maba adalah merelakan rambut yang udah dirawat sejak liburan SMA yang harus dicukur habis menjadi botak maksimal satu cm, awalnya aku tidak tahu apa artinya itu..namun menurut para senior adalah agar mahasiswa barunya memiliki rasa kebersamaan.

Banyak yang mengira Ospek sama dengan pengkaderan. Padahal keduanya berbeda walaupun ada sisi kesamaannya. Ya, Ospek adalah fase pengenalan sedangkan Pengkaderan jauh lebih dari itu. Yakni sebagai ajang mempersiapkan kader-kader terbaik penerus masa depan. Didalam pengkaderan kita akan dibentuk sikap dan mental kita, diberikan nilai-nilai kebersamaan, kesetiakawanan, kebersamaan, kepemimpinan, kebijaksanaan, tanggung jawab dan kejujuran.

Lalu berapa lama ospek dan pengkaderan dilaksanakan ? Kalau ospek hanya beberapa hari saja, sedangkan pengkaderan untuk jurusan teknik biasanya minimal 1 semester bahkan ada yang lebih dari 1 tahun sebelum dinyatakan sebagai warga teknik. jadi bersabarlah hehehe. Tapi tidak semua kampus menetapkan pengkaderan berlapis ini ya. Tergantung manajemen kampus masing-masing. Biasanya ada yang tidak ada pengkaderannya.

Minim Wanita

Kuliah di teknik terkadang jadi garing karna berurusan dengan kebanyakan laki-laki. Sehingga banyak cara yang bisa dilakukan anak teknik biar gak garing menuntut ilmu selama 3-4 tahun kuliah. Jadi biasanya mereka sering cari pacar dari fakultas lain seperti MIPA, Ekonomi, dll yang bisa dibilang banyak pilihan wanitanya. Tapi ada juga sebenarnya anak fakultas lain yang sengaja main ke Fakultas Teknik untuk sekedar cuci mata atau emang sengaja cari pacar. Karna anak fakultas teknik terkenal punya ciri khas dan citra gagah dimata lawan jenis. Mereka terkenal solid, kompak dan mampu mengayomi. Sehingga walaupun penampilannya yang acak-acakan, anak fakultas teknik tak kalah ganteng dengan anak fakultas lain.

Penampilan

Penampilan anak teknik sebenarnya bisa dikatakan jauh dari Fashionable. Dimana penampilannya terkesan tidak jauh dari ransel besar, jaket jurusan (jubah kebesaran), sandal gunung, atau sepatu yang diinjak dibagian belakangnya. Secara umum untuk penampilan fisiknya terkesan kucel karna sering begadang, jarang mandi karna alasan bangunnya kesiangan karna harus ngejar kuliah pagi, rambut jarang disisir, dan tak lupa jeans yang dipakai berhari-hari sampai warna aslinya pudar karna sering tersengat matahari bahkan banyak yang terkoyak-koyak terutama di bagian lutut. wkwkwkwk

Sehingga kalau kalian lihat penampilan diatas sudah dipastikan itu Anak Fakultas Teknik. Seolah menjadi perjanjian tak tertulis bahwa punya penampilan yang khas seperti itu akan menjadi gelar keteknikannya semakin melekat. Selain itu juga ada faktor keterbatasan uang bulanan dari orang tua yang lebih banyak digunakan untuk mengerjakan timbunan tugas, projek dan laporan. Sehingga untuk memikirkan fashion sangatlah tidak mungkin. Apalagi kalau sudah di akhir bulan, makan-makanan seperti mie instan sudah menjadi keharusan untuk menyambung hidup. Kalau ingin makan yang agak bergizi bisa dengan mengutang warung langganan ataupun teman anak orang kaya. hehehehe

Menginap di Kampus

Karena tugas-tugas tidak bisa dibendung apalagi harus ngerjakan tugas akhir ataupun thesis, pilihan tidur di kampus adalah cara paling efektif dan praktis untuk menghilangkan penat ketimbang harus bolak-balik ke kosan. Biasanya ruang sekretariat hima ataupun ruang khusus yang disediakan oleh pihak kampus menjadi ruangan favorit bagi kami. Apalagi di ruangan-ruangan itu biasanya disediakan AC yang bisa membuat kami nyaman tidur. Dan yang pasti adalah free wifi. hehehe

Foto-foto diambil dari instagram anakteknikindo

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

yudi

Jakarta

“”