Buku Basis Data Dasar
Buku Kuliah Teknik

Rp 106.000

Dalam pembuatan sebuah sistem aplikasi, diperlukan sebuah basis data yang baik dan benar. Untuk menghasilkan basis data yang baik dan benar haruslah dilakukan perancangan dengan baik dan benar pula.
Perancangan basis data dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan membuat Entity Relationship Diagram (ER-D). Pembacaan ER-D memang mudah dilakukan, namun bagaimana merancang ER-D yang baik dan benar?

Dalam buku ini dibahas tentang ER-D dari simbol hingga langkah-langkah pembuatan ER-D yang baik dan benar. Selain itu buku ini juga membahas kasus yang ada dan cara penyelesaiannya. Sehingga pembaca, khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dapat membuat ER-D setahap demi setahap untuk menghasilkan basis data yang baik dan benar.

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang basis data, ada baiknya kita mengenal apa yang dimaksud dengan data. Data adalah :

”Fakta-fakta yang menggambarkan suatu kejadian yang sebenarnya pada waktu tertentu”

Jadi data didapat dari suatu kejadian yang benar-benar terjadi, misalnya data penjualan didapat dari data hasil penjualan, data pembelian didapat dari kejadian pembelian, dan sebagainya. Data dalam suatu perusahaan yang menjual produk identik dengan bukti transaksi, misalnya kuitansi pembayaran dan sebagainya. Sedangkan dalam suatu perusahaan, data dapat diidentikkan dengan laporan tertulis baik antar departemen maupun dari luar perusahaan, misalnya bukti pajak, bukti bank dan sebagainya. Namun yang terpenting adalah bahwa data tersebut harus mempunyai bukti tertulis agar dapat ditelusuri dari mana data tersebut berasal, sebagai bukti adanya suatu transaksi, dan seterusnya.

Buku Basis Data Dasar

Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer

Rp 106.000