Buku Estimasi Konstruksi, Inventori Budaya dan Simulasi Komputasi dengan Metode Parametrik
Buku Referensi

Rp 130.000

Desain parametrik telah dikenal untuk menyelesaikan persoalan-persoalan terkait arsitektur bangunan yang memiliki kompleksitas tinggi. Namun, potensi metode parametrik kurang dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang bersifat multidimensi pada lingkungan yang low-tech, seperti kasus pascabencana, inventori artefak-artefak budaya, dan peningkatan performa bangunan dengan teknik komputasi.

 

Buku ini membahas penelitian terkait tiga fokus implementasi teknik komputasi dengan metode parametrik pada lingkungan low-tech. Aplikasi Rhinoceros dengan antarmuka Grasshopper dan plug–in GhPython beserta Ladybug Tools digunakan untuk tujuan komputasi. Fokus pertama buku menjelaskan bagaimana pengembangan dilakukan untuk membuat piranti perhitungan kebutuhan material beton bertulang sehingga bisa bekerja secara parametrik. Selanjutnya, eksplorasi mengenai potensi yang bisa digunakan untuk membuat inventori produk budaya yaitu Rumoh Aceh. Terakhir, diskusi terkait solusi-solusi desain yang optimal terhadap pencahayaan alami pada bangunan, seperti kampus, rumah toko (ruko), dll.

 

Diharapkan dengan buku ini dapat melahirkan diskusi-diskusi dan inovasi yang lebih luas dan mutakhir serta membuka peluang baru yang lebih inovatif terkait pengembangan teknologi parametrik untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan arsitektur yang multidimensi, terutama untuk kasus pada konteks low-tech. Selain itu, pengetahuan di dalam buku ini dapat memperkaya khazanah pengetahuan terkait perkembangan arsitektur parametrik yang semakin pesat.

 

Penulis                   : Atthaillah, S.T., M.Arch.

Eri Saputra, S.Pd., M.Si.

Suhartina Wijayanti, S.T.

Andik Bintoro, S.T., M.Eng. 

ISBN                       : 978-623-02-1543-8 

Tahun                     : 2020

Format                   : 15.5×23 cm 

Jumlah Halaman       : viii, 130 hlm

Buku Estimasi Konstruksi, Inventori Budaya dan Simulasi Komputasi dengan Metode Parametrik

Teknik Sipil

Rp 130.000