Buku K3 Pertambangan, Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sektor Pertambangan
Buku Kuliah Teknik

Rp 134.500

Modal tertentu, hasil maksimal atau modal minimal, hasil tertentu. Prinsip ekonomi tersebut dapat menggambarkan keuntungan yang mungkin akan diperoleh para pebisnis di bidang pertambangan. Dunia pertambangan memiliki daya tarik tersendiri bagi para kalangan pebisnis, mereka hanya perlu menyediakan sarana dan prasarana selengkap-lengkapnya, merekrut pekerja semaksimal mungkin, melakukan prospeksi, eksplorasi, penambangan, pengolahan, hingga pemasaran pada hasil bumi yang memiliki nilai jual yang tinggi.

 

Hasil pengolahan pertambangan pada dasarnya menghasilkan produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, seperti minyak dan gas yang digunakan sebagai bahan bakar pada kendaraan dan pembangkit listrik, tembaga dalam pembuatan pipa air, bauksit pada pembuatan peralatan dapur, emas sebagai perhiasan dan lain sebagainya yang akan dijelaskan pada BAB II.

 

Penjelasan pada buku ini lebih komprehensif dan banyak menggunakan buku, website resmi organisasi terkait tambang, dan jurnal review sebagai bahan rujukan. Aspek keselamatan dan kesehatan kerja masih jarang dibahas pada dunia pertambangan, padahal pertambangan memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian di sejumlah negara yang sudah tentu harus diatur sedemikian rupa agar keberlangsungannya dapat terjaga dengan turut memperhatikan segala aspek pendukungnya. Seperti pada perbaikan kualitas sumber daya manusia agar terhindar dari penyakit akibat kerja, kecelakaan kerja, dan berbagai risiko kesehatan kerja. Hal ini dikarenakan, jika pekerja mengalami sakit otomatis turut akan berdampak pada produktivitas perusahaan.

Buku ini terdiri dari dua belas Bab. Pada Bab pertama hingga keempat dipaparkan mengenai pendahuluan, dunia pertambangan, undang-undang tentang pertambangan dan hazard dan risiko di pertambangan. Pada Bab kelima hingga kedelapan hazard dan risiko di pertambangan migas, pengendalian hazard dan risiko di pertambangan, pengendalian hazard dan risiko di pertambangan migas, dan penyakit akibat kerja (pak) di pertambangan. Pada Bab kesembilan hingga kedua belas human error di pertambangan, manajemen di pertambangan, isu dunia pertambangan dan p3k di pertambangan.

Buku K3 Pertambangan, Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sektor Pertambangan

Buku K3 Pertambangan, Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sektor Pertambangan

Rp 134.500