Buku Modul Kimia Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’An Pada Materi Minyak Bumi
Buku Referensi

Rp 96.500

Pendidikan karakter dapat diperoleh dari berbagai sumber terutama dari al-Qur’an dan hadist. Hal ini mendorong usaha para guru untuk mengintegrasikan ayat-ayat al-Qur’an maupun hadist dalam setiap materi yang diajarkan. Tidak terkecuali dalam pembelajaran ilmu kimia pada pokok bahasan minyak bumi.

Materi kimia yang akan diurai dalam modul ini adalah minyak bumi. Materi tersebut dipilih karena erat kaitannya dengan fenomena alam (Ayat Kauniyah), yakni sumber daya alam yang merupakan hasil dari bumi dalam menjalankan proses sesuai aturan-Nya. Adapun materi dalam modul mencakup proses pembentukan minyak bumi, komponen-komponen minyak bumi, kegunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari, dan dampak pembakaran minyak bumi.

Modul ini terdiri dari 2 Bab.

Pada Bab satu berisi Pendahuluan dan Bab kedua beisi Kegiatan Belajar yang dibagi dalam 4 kategori Kegiatan Belajar, yaitu:

Kegiatan Belajar 1 Pembentukan Minyak Bumi

Kegiatan Belajar 2 Komponen-Komponen Minyak Bumi

Kegiatan Belajar 3

Senyawa Hidrokarbon Dalam Kehidupan SehariHari

Kegiatan Belajar 4

Dampak Pembakaran Minyak Bumi Terhadap Lingkungan

Tujuan dalam penulisan modul ini adalah memperkenalkan kepada siswa tentang materi kimia yang dapat dipadukan dengan kajian ayat-ayat al- Qur’an yang dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri, khususnya materi minyak bumi. Sebagai langkah awal memperkenalkan kepada siswa bahwa al- Qur’an menyimpan banyak ilmu/kajian sains yang dapat menunjang pembelajaran sains khususnya kimia. Semoga dengan modul ini dapat menambah keimanan dan ketakwaan kepada penulis dan juga para pembaca.

Buku Modul Kimia Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’An Pada Materi Minyak Bumi

Buku Modul Kimia Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’An Pada Materi Minyak Bumi

Rp 96.500