Buku Pemodelan CAD 3D Menggunakan Autodesk Inventor
Buku Desain Teknik

Rp 45.000

Autodesk Inventor adalah program pemodelan solid berbasis fitur parametrik, artinya semua objek dan hubungan antargeometri dapat dimodifikasi kembali meski geometrinya sudah jadi tanpa perlu mengulang lagi dari awal. Hal ini sangat memudahkan kita ketika sedang dalam proses desain suatu produk atau rancangan. Untuk membuat suatu model 3D yang solid ataupun surface, Anda harus membuat sketch-nya terlebih dahulu atau mengimpor gambar 2D dari Autodesk AutoCAD.
Buku ini dibuat dengan mempergunakan Autodesk Inventor Professional 2008, tapi sebenarnya cara-cara atau langkah-langkahnya sama saja untuk versi-versi lainnya.

Materi yang dibahas dalam buku ini:
Pengenalan Autodesk Inventor 
Di sini Anda akan berkenalan secara singkat dengan Autodesk Inventor: konsep, fitur-fitur utama, constraint, dan tombol shortcut.
Male & Female 
Di sini Anda akan belajar membuat dua buah part dan sebuah assembly; fitur-fitur dan teknik yang dikenalkan masih pada tingkat yang dasar.
Komponen dari Pelat 
Di sini Anda akan belajar membuat sebuah komponen dari pelat atau sheet metal. Setelah model tersebut jadi, Anda dapat membuat polanya secara kilat.
Engkol (Autocad ke Inventor) 
Di sini Anda akan belajar membuat sebuah komponen yang sketch-nya berasal dari AutoCAD. Cocok bagi Anda yang baru hijrah dari AutoCAD yang 2D ke pemodelan Inventor yang 3D.
Tempat Lilin 
Anda akan mulai merasakan keajaiban 3D, di mana bentuk yang rumit seperti ini dapat dibuat dengan sekejap saja.
Impeler Pompa Ulir 
Di sini Anda akan belajar membuat suatu spiral menggunakan fitur coil, ternyata tak sesulit kelihatannya.
Bushing Berulir 
Di sini Anda akan belajar membuat alur berbentuk spiral. Masih menggunakan fitur coil, hanya beda operasinya saja.
Hook 
Anda akan terkesima dengan kehebatan fitur loft. Dijamin Anda tidak akan pernah tahu cara cepatnya sebelum membaca tutorial ini. Diberikan pula cara mengedit bentuk/model 3D yang sudah jadi.
Chisel 
Lagi-lagi pada tutorial ini fitur loft menunjukkan kehebatannya. Hanya perlu di-“akalin” sedikit, jadi deh (dua kali loft).
Casing Trafo
Di sini Anda akan menemui asyiknya kombinasi rectangular pattern dan circular pattern dalam sebuah contoh sederhana.
Sudu Turbin (Excel ke Inventor)
Hasil rumus-rumus eksakta maupun empiris yang menghasilkan titik-titik koordinat tidak perlu lagi Anda risaukan tentang bagaimana cara memodelkannya.
Assy Runner
Di sini Anda akan belajar cara-cara assembly yang lebih canggih, di mana gabungan part-part dapat digerak-gerakan sehingga mekanismenya dapat Anda presentasikan ke orang lain.
Presentasi Runner
Assembly yang dibuat pada tutorial 10 akan menjadi lebih canggih lagi, yaitu pembuatan exploded view yang bisa dianimasikan gerakannya menurut pola yang Anda inginkan.
Drawing Akhir Runner
Assembly yang dibuat pada tutorial 10 akan Anda buat gambar kerjanya supaya bisa diproduksi. Bagi Anda yang lebih suka AutoCAD untuk mengedit gambar kerjanya, Anda bisa mengubahnya menjadi file AutoCAD.
Sambungan Las
Disini Anda akan belajar cara menambahkan sambungan las maupun memberi anotasinya. Disertai pula cara pembuatan drawing-nya sehingga komunikasi dengan bagian produksi menjadi lebih mudah lagi.
Analisis Tegangan
Sebagai seorang designer ataupun engineer, Anda harus memperhitungkan kekuatan komponen-komponen yang Anda rancang, terutama untuk komponen-komponen yang kritis. Anda sudah bisa tenang, karena Autodesk Inventor sudah menyediakan “obatnya”.
Diagram Statis
Menganalisis kekuatan melalui diagram statis untuk suatu profil dapat dilakukan secara cepat dan akurat.
Frame Generator
Di sini Anda akan mempelajari cara-cara membuat rangka dengan hanya menggunakan garis-garis. Garis-garis tersebut dibuat menggunakan sketch 2D dan/atau sketch 3D.
Inventor Studio
Tidak kalah dengan software grafis, Autodesk Inventor sudah menyediakan fasilitas untuk rendering. Namun, bila Anda mau mengekspor gambarnya untuk retouch di Photoshop atau untuk poster di CorelDraw bisa saja. Bahkan bisa juga untuk rendering di 3dsmax (berlaku untuk semua file Autodesk Inventor).
Feature Recognition
Model 3D yang dibuat menggunakan software lain bisa Anda konversi menjadi file Autodesk Inventor sehingga bisa Anda edit kembali sesuai keinginan Anda.
Buku Pemodelan CAD 3D Menggunakan Autodesk Inventor

Buku Pemodelan CAD 3D Menggunakan Autodesk Inventor

Rp 45.000