Bundling 2 Buku BioTeknologi
Paket DISKON

Rp 277.875

Bundling ini terdiri dari :

  1. Buku Pengantar Bioteknologi (Teori Dan Aplikasi)
  2. Buku Penuntun Praktikum Bioteknologi

Buku Pengantar Bioteknologi (Teori dan Aplikasi)

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan perkembangan bioteknologi, bab dua tentang organisasi genom dalam bioteknologi, bab tiga tentang teknologi dna rekombinan, bab empat tentang bioinformatika, dan bab lima tentang bioteknologi mikroba.

Selanjutnya bab enam membahas tentang bioteknologi tumbuhan, bab tujuh tentang bioteknologi hewan, bab delapan tentang bioteknologi perikanan, bab sembilan tentang bioteknologi kedokteran, dan bab sepuluh tentang dna fingerprint dan analisis forensic.

Adapun berikut bab sebelas membahas tentang bioteknologi lingkungan, bab dua belas tentang bioteknologi konservasi, dan bab terakhir yaitu bab tiga belas tentang bioetika.

Sebagian besar sejarah dan tonggak keberlangsungan kehidupan umat manusia didorong dengan  semakin pesatnya  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini, bioteknologi  telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pesatnya perkembangan ini sejalan dengan semakin tingginya tingkat kebutuhan umat manusia  di Dunia. Di beberapa negara maju, seperti Amerika Serikat, Cina, dan Jepang, bioteknologi mendapatkan perhatian serius dan dikembangkan oleh Pemerintah secara intensif. Tujuan ini dilakukan untuk memberikan solusi mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi umat manusia pada saat ini maupun yang akan datang terutama yang berhubungan dengan  kebutuhan pangan, obat-obatan, penelitian, yang pada gilirannya semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup umat manusia.

Sebelum membahas lebih mendalam terapan bioteknologi modern, terlebih dahulu akan dijelaskan konsep dasar yang menjadi sumber dari rekayasa genetika, yaitu materi genetik. Konsep dasar ini akan menjadi bekal acuan Anda dalam mempelajari bioteknologi modern. Saat mempelajari materi genetik, terlebih dulu Anda harus mengenal kromosom. Apa itu kromosom? Brown (1989) mendeskripsikan kromosom adalah suatu molekul  asam nukleat yang dapat melakukan replikasi sendiri, mengandung sejumlah gen, tersusun dari DNA  dan protein, dan ditemukan di dalam inti sel eukariotik. Gardner dkk. (1991) menyebutkan kromosom merupakan struktur nucleoprotein yang berwarna gelap terlihat didalam sel selama proses pembelahan, dimana setiap kromosom mengandung sederetan gen yang linier.

 

Buku Penuntun Praktikum Bioteknologi

Materi yang terkandung dalam buku ini merupakan kumpulan dari acara perkuliahan dan praktikum yang disusun berdasarkan topik perkuliahan meliputi prinsip dasar bioteknologi sederhana dan modern. Secara garis besar buku ini terdiri dari 16 Bab. Bab pertama adalah pendahuluan, bab selanjutnya pembuatan yogurt buah, pembuatan tempe aneka rasa, pembuatan tape singkong, isolasi DNA sederhana, pengenalan alat laboratorium molekuler, pengenalan bahan kimia, isolasi DNA modern, uji kuantitatif dan kualitatif DNA, polymerase chain reaction (PCR), bioinformatika dan aplikasinya, analisis data sekuen DNA, teknik elisa, DNA Forensik, teknik isolasi dan analisis protein, dan bab terkahir adalah teknik DNA rekombinan.

Penuntun praktikum ini dibuat untuk memudahkan mahasiswa mempelajari teknik analisis biologi molekuler dalam kajian Bioteknologi. Penuntun ini mengenalkan berbagai alat dan bahan yang ada di laboratorium biologi molekuler. Penuntun ini disusun berdasarkan kebutuhan panduan praktis penggunaan teknik biologi molekuler, meliputi: isolasi DNA secara manual dan modern pengujian kualitas maupun kuantitas isolat DNA yang diperoleh, metode untuk manipulasi DNA atau gen target (amplifikasi gen), sekuensing dan analisis bioinformatika untuk menyelesaikan beberapa kasus biologi ditingkat molekuler.

Penuntun Praktikum Bioteknologi Molekuler ini disusun untuk mahasiswa Strata 1. Bahan ajar ini digunakan untuk menunjang matakuliah Bioteknologi sederhana berbasis molekuler. Mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip dasar teknik biologi molekuler dan dapat mengimplementasikannya dalam bidang bioteknologi. Salah satu penerapannya adalah pada praktikum pertama yaitu pembautan yogurt buah. Pada pembuatan yoghurt dilakukan proses fermentasi dengan memanfaatkan bakteri asam laktat misalnya dari golongan Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Streptococcus thermophilus berkembang biak lebih cepat dan menghasilkan baik asam maupun CO2. Asam dan CO2 yang dihasilkan tersebut kemudian merangsang pertumbuhan dari Lactobacillus bulgaricus. Di sisi lain, aktivitas proteolitik dari Lactobacillus bulgaricus memproduksi peptida penstimulasi dan asam amino untuk dapat dipakai oleh Sreptococcus thermophilus. Mikroorganisme ini sepenuhnya bertanggung jawab atas pembentukan tekstur dan rasa yoghurt

Bundling 2 Buku BioTeknologi

lebih hemat 5%

Rp 277.875