Bundling 2 Buku Teknik Mesin
Paket DISKON

Rp 259.350

Paket ini terdiri dari 2 buku, yaitu :

  1. Buku Pneumatik Dan Hidrolik
  2. Buku Modul AIP Beginner AA

1. Buku Pneumatik Dan Hidrolik

Buku ini diterbitkan untuk mahasiswa dan praktisi industri yang ingin meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan dalam bidang Pneumatik Hidrolik sebagai bagian dari teknologi otomasi industri yang terus berkembang. Perkembangan teknologi Pneumatik hidrolik telah diterapkan dalam berbagai proses produksi di Industri. Proses produksi yang pada awalnya maanual masih memerlukan banyak tenaga kerja, kurang presisi dan kurang efsien. Agar lebih efektif dan efisien proses produksi dirubah menjadi proses otomatis yang memerlukan sedikit tenaga kerja dengan hasil maksimmal.

Buku ini terdiri dari sembilan bab dimana di dalamnya terdiri dari sub bab dan latihan. Bab pertama membahas tentang dasar-dasar pneumatik mulai dari pengertian, karakteristik, prinsip dasar, keefektifan, klasifikasi sistem, aplikasi penggunaan, dan keuntungan serta kerugian penggunaan pneumatik. Bab kedua akan membahas tentang pengolahan udara bertekanan yaitu berisi materi katup pneumatik, peraltan, konduktor dan konektor. Bab ketiga tentang unit penggerak, bab keempat tentang perhitungan pneumatik , bab lima tentang sistem kontrol pneumatik, bab enam tentang elektro pneumatik, bab tujuh tentang sistem hidrolik, bab delapan adalah fluida hidrolik, dan bab terakhir tentang teknik kontrol pneumatik atau kontrol hidrolik.

2. Buku Modul AIP Beginner AA

Autodesk Inventor Professional (AIP) adalah perangkat lunak untuk membuat grafis benda solid 3D yang dikhususkan pada perancangan (design) rekayasa teknik (mechanical design). AIP menyediakan berbagai tools yang dapat digunakan oleh perancang (drafter/designer) dalam menggambar benda solid 3D mekanik mulai dari sketsa gambar, membentuk model 3D, hingga simulasi rekayasa (engineering analysis). Modul ini merupakan modul awal yang wajib dipelajari oleh drafter/designer yang ingin menguasai AIP guna perancangan 3D mekanik. Secara umum tingkat penguasaan AIP dibagi menjadi 3 level meliputi AIP Beginner, AIP Advance dan AIP Professional. Modul AIP Beginner AA adalah bagian set modul AIP untuk pemula. Sebelumnya kita telah mempelajari materi-materi pengenalan awal pada Modul AIP Beginner A. Target yang dipelajari dari Modul AIP Beginner A adalah peserta mengenali berbagai tools sketsa 2D dan pemodelan 3D pada AIP, dan peserta mampu menggambar komponen-komponen dasar non-assembly. Pada Modul AIP Beginner AA ini, peserta akan mulai menggunakan fungsi assembly yang lebih rumit dengan melibatkan beberapa komponen pembentuk suatu benda solid. Benda solid yang akan digambar pada Modul AIP Beginner AA ini adalah Valve dan Shock Absorber. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, siswa/mahasiswa yang mempelajari modul ini diasumsikan telah mempelajari dan menguasai Modul AIP Beginner A sehingga pengenalan tools dasar AIP tidak akan ditampilkan kembali pada modul ini. Setelah siswa/mahasiswa menguasai Modul AIP Beginner AA ini, sebenarnya hampir semua tools yang tersedia di AIP sudah dikuasai dan peserta dapat mengembangkan kemampuannya dengan mandiri melalui berbagai contoh studi kasus baik melalui referensi online atau dunia nyata. Tahapan selanjutnya setelah siswa/mahasiswa menguasai Modul AIP Beginner AA ini adalah Modul AIP Advance B yang memuat berbagai studi kasus yang lebih kompleks. Buku ini dan buku sebelumnnya perbedaannya diantaranya pada Chapter 4 Modul Beginner A kita telah belajar menggambar dan merakit 4 komponen menjadi satu benda solid yaitu Modified Nut and Bolts. Pada Chapter 1 Modul Beginner AA ini, kita akan berlatih menggambar benda solid Valve yang memuat lebih banyak komponen dan tingkat penguasaan tools yang lebih rumit dibandingkan Chapter 4 Modul Beginner A.

Bundling 2 Buku Teknik Mesin

lebih hemat 5%

Rp 259.350