Bundling 3 Buku Ajar ; Teknik Mesin
Paket DISKON

Rp 287.550

terdiri dari :

  1. Buku Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek
  2. Buku Pemeliharaan Sistem Pneumatik Dan Hidrolik
  3. Buku Sistem Kontrol Otomotif

Buku Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek

Mekatronika adalah multidisiplin yang merupakan gabungan dari disiplin ilmu mekanika, elektronika, komputer, dan sistem kendali. Sebagai multidisiplin, mekatronika sebaiknya diajarkan dalam kerangka yang utuh. Pada kenyataannya banyak pembelajaran mekatronika yang menekankan pada aspek tertentu saja dari mekatronika.

Pembelajaran mekatronika pada jurusan mesin kerap hanya menekankan pada aspek elektronika saja, sebaliknya pada jurusan elektro lebih menekankan pada aspek mekanika.

Pembelajaran dengan penekanan pada aspek tertentu saja tentunya akan menyebabkan peserta didik tidak mendapat gambaran yang utuh dari mekatronika.

Hal mendasar dalam proses pembelajaran mekatronika adalah mengajarkan berpikir menyeluruh dalam kerangka perancangan sistem mekatronika.

Berbeda dengan pembelajaran mata kuliah lain, pembelajaran mekatronika selayaknya lebih bertujuan untuk membentuk pola pikir (mindset) yang berhubungan dengan teknik perancangan sistem. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk membantu para pengajar dalam pelaksanaan perkuliahan mekatronika agar perkuliahan mekatronika dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

Selain itu, buku ini tentunya juga bermanfaat bagi peserta didik yang mengikuti perkuliahan mekatronika. Penyusunan buku ini mengacu pada metoda pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

Metoda ini cocok digunakan dalam proses pembelajaran mekatronika karena mekatronika merupakan multidisiplin, tujuan perkuliahan mekatronika adalah mengajarkan kepada mahasiswa kemampuan merancang, serta perlunya pendidikan soft skill dalam perkuliahan.

Melalui buku ini pembaca dapat memahami bagaimana pembelajaran berbasis proyek diterapkan pada perkuliahan mekatronika. Pembahasan diawali dengan pengenalan mekatronika dan PBL, selanjutnya dibahas langkah demi langkah pelaksanaan pembelajaran mekatronika berbasis proyek.

Selain itu dikenalkan juga penyusunan dokumen pengembangan produk. Buku ini juga dilengkapi dengan cara penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran mekatronika berbasis proyek. Sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terbaru maupun perbaikan dari isi buku ini, penulis menyediakan website www.teknikmekatronika.com.

 

Buku Pemeliharaan Sistem Pneumatik Dan Hidrolik

Buku ini merupakan buku ajar ke-2 yang sudah saya kerjakan. Buku ini terdiri atas 8 bab, di mana masing-masing bab dimulai dengan capaian pembelajaran yang akan dicapai setiap bab tersebut. Buku ini membahas dasar-dasar teori mengenai pentingnya sistem pneumatik, elektro pneumatik, dan hidrolik di dunia industri saat ini.

Buku ini juga membahas cara pemeliharaan, kendala, dan cara memperbaiki sistem pneumatik, elektro pneumatik, dan hidrolik. Buku ini berbeda dengan buku teknik dengan judul serupa. Hal tersebut dikarenakan buku ini saya lengkapi dengan cara penulisan teoretis yang dilengkapi dengan hasil observasi dan kerja lapangan di dunia industri. Buku ini juga dilengkapi dengan latihan soal dan jobsheet praktik agar mahasiswa atau pengajar dapat menyerap teori dan praktikum secara berkesinambungan. Secara umum, buku ini akan membahas:

Bab I. PENGANTAR SISTEM PNEUMATIK DAN HIDROLIK

Bab II. SISTEM PNEUMATIK

Bab III. SISTEM ELEKTRO-PNEUMATIK

Bab IV. PEMELIHARAAN SISTEM PNEUMATIK

Bab V. SISTEM HIDROLIK

Bab VI. SISTEM ELEKTRO-HIDROLIK

Bab VII. PEMELIHARAAN SISTEM HIDROLIK

Bab VII. JOBSHEET PNEUMATIK

Bab VII. JOBSHEET ELEKTRO-PNEUMATIK

Bab VII. JOBSHEET HIDROLIK

Buku dengan judul Pemeliharaan Sistem Pneumatik dan Hidrolik tidak banyak beredar di dunia keteknikan nasional. Buku ini berpotensi untuk dapat digunakan oleh tenaga pengajar dan mahasiswa. Secara khusus, buku ini didesain secara lengkap mengenai dasar teori dan dilengkapi dengan capaian pembelajaran setiap babnya, latihan soal setiap babnya, sitasi dari buku luar negeri, hasil observasi dan praktik lapangan di dunia industri, dan jobsheet praktikum.

Buku Sistem Kontrol Otomotif

Sistem pengendalian (system control) merupakan sekum-pulan peralatan yang bekerja sama dengan tujuan untuk mengendalikan sesuatu. peralatan peralatan tersebut biasanya merupakan komponen komponen elektronik. sebagai contohnya pada kendaraan modern, kendaraan tersebut dipasangi dengan peralatan sensor yang berfungsi untuk mengetahui kondisi mesin induk. sensor sensor itu bekerja kemudian memberikan laporan kepada komputer yang terpasang di ECU kendaraan, komputer kemudian menghitung kebutuhan bahan bakar mesin dan waktu ignition dari bahan bakar sehingga akan menghasilkan unjuk kerja yang maksimal. untuk bisa merancang, mendiagnosis serta memperbaiki maka seorang ahli sistem kontrol harus menguasai ilmu elektronika, ilmu mekanika, dan prinsip – prinsip sistem kontrol.

Di dunia sistem pengendalian kita kenal dengan adanya jerat terbuka (open loop control system) dan jerat tertutup (closed loop feedback control system). Sistem kendali jerat terbuka atau umpan maju (feedforward control) umumnya mempergunakan pengatur (controller) serta aktuator kendali (control actuator) yang berguna untuk memperoleh respon sistem yang baik. Sistem kendali ini keluarannya tidak diperhitungkan ulang oleh kontroler. Suatu keadaan apakah plant benar-benar telah mencapai target seperti yang dikehendaki masukan atau referensi, tidak dapat mempengaruhi kinerja kontroler.

 

Bundling 3 Buku Ajar ; Teknik Mesin

lebih hemat 10%

Rp 287.550