GIS: PENGOLAHAN DATA SISTEM LIDAR
Buku Kuliah Teknik

Rp 116.000

Penulis: EDDY PRAHASTA

ISBN: 978-602-1514-85-6
Ukuran⁄Halaman: 16x23 cm² ⁄ 562 halaman
Edisi⁄Cetakan: I, 1st Published 
Berat: 700gr

udul lengkap nya adalah Pengolahan data sistem lidar (light detection and ranging) di bidang teknik geodesi dan geomatika

Detil muka bumi berubah dengan cepat. Ketika proses pembuatan petanya (setelah survey lapangan selesai) masih berlangsung pun, perubahan (sebagian) detil topografi (di lapangan) sudah mungkin terjadi. Apalagi jika petanya sudah jadi dan atau tersebar luas. Oleh karena itu, banyak peta kadaluarsa. Sementara itu, di lain pihak, kebutuhan peta-peta pada skala-skala menengah & besar yang akurat, instan, dan terkini makin gencar & mendesak.

Kebanyakan peta standard belum cukup untuk memenuhi kebutuhan data spasial detil & terkini. Demikian pula dengan DEM/DTM gratisan yang beredar (SRTM). Padahal, kebutuhan data ketinggian & tutupan lahan yang detil & akurat terus meningkat. Pilihan konvensional (metode pengadaan data spasial) yang selama ini diandalkan lebih banyak memerlukan waktu, biaya, dan personil lapangan. Oleh sebab itu, dibutuhkan teknologi alternatif sebagai solusi.

Untungnya, tersedia sistem Lidar yang dapat digunakan untuk mengukur ketinggian muka bumi berikut gambaran mengenai unsur-unsur vegetasi & kanopinya secara detil, akurat, instan, menyeluruh, dan menghasilkan data yang rapat tanpa SDM yang banyak. Inilah teknologi alternatif itu. Meskipun demikian, tantangannya adalah ketersediaan & penguasaan sistem Lidar itu sendiri (terutama perangkat lunaknya) tidak banyak yang murah, mudah dikuasai, lengkap, dan dokumentasinya tersusun dengan baik. Untuk itulah tulisan ini dibuat.

GIS: PENGOLAHAN DATA SISTEM LIDAR

geo

Rp 116.000