Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Profile Kontributor

BISMA VERDYA ADHIKA

Bogor Agricultural University

Madiun

“menjadi manusia yang berguna dimanapun saya berada”

KATEGORI KARYA

KARYA ARTIKEL

Bisma-Verdya-Adhika / 4 days ago

WeWalk, Tongkat ‘Pintar’ untuk Penyandang Tuna netra

Menurut data WHO, diperkirakan ada lebih dari 250 juta orang tunanetra di dunia dan 50 juta diantaranya menggunakan tongkat putih. Sejak awal penggunaan tongkat bantu belum pernah mendapat inovasi. Dan tunanetra selalu menghadapi masalah seperti rintangan yang ada di ketinggian dada mereka. We WALK memecahkan masalah ini dan menawarkan lebih banyak kemudahan melalui integrasi smartphone.

Bisma-Verdya-Adhika / 4 days ago

Gesits, Motor Listrik Lokal Karya Mahasiswa ITS

Di era ini, hampir sejumlah pembuat mobil di seluruh dunia terus memperkenalkan inovasi untuk produksi mobil listrik. Jika sebelumnya Piaggio, Vespa, dan Terra e-Bike diproduksi sebagai motor listrik buatan pabrikan asing, Indonesia juga tidak ingin kehilangan daya saing dengan mereka. Dalam hal ini, baru-baru ini dilaporkan bahwa siswa Institut Teknologi pada 10 November (ITS) menciptakan skuter listrik yang disebut "Gesits Listrik". Berdasarkan beberapa sumber, nama Gesits adalah singkatan dari "Garansindo Electric Scooter ITS". Sepeda motor yang dipresentasikan pada Mei 2016 di Gedung Penelitian Kendaraan Listrik Surabaya, dilaporkan akan dirilis pada 2018 dan telah mengalami serangkaian proses pengembangan sejak 2015. Selain itu, menurut Muhammad Nour Yuniarto, kepala Laboratorium Sistem Otomasi Industri di ITS, ia mengatakan Electric Motors Gesits adalah skuter yang dibuat sesuai dengan perjanjian dengan Garandsindo. Melihat segmen sepeda motor listrik ini, tampaknya kendaraan bertenaga listrik akan menjadi tren mobil masa depan. Mungkin kemunculan motor listrik, yang bisa dianggap sebagai klaim lokal pertama di Indonesia, akan menjadi mesin baru bagi peradaban otomotif di Indonesia. Tentu saja, selain keren, itu juga menjadi beban berat bagi motor listrik Gesits, karena harus membuat parameter terbaik dalam debutnya nanti.

Bisma-Verdya-Adhika / 1 week ago

Manfaat dan Kegunaan Teknologi Cryo

Teknologi Cryo kini sedang ramai dibahas di kalangan ilmuwan. Pasalnya, mereka ingin mengetahui jika tubuh kita bisa dipertahankan selama lebih dari sepuluh tahun tanpa efek lain.

Bisma-Verdya-Adhika / 1 week ago

Waspada! Inilah 4 Potensi Serangan Siber yang Terjadi di Tahun 2019

Beberapa waktu lalu, perusahaan keamanan cyber Avast merilis laporan tentang kemungkinan serangan cyber pada tahun 2019. Laporan tersebut disusun oleh tim Avast Threat Labs.

Bisma-Verdya-Adhika / 2 weeks ago

“Pagar Virtual” Untuk Membantu Hewan Tidak Masuk Jalan Raya

Ilmuwan Australia telah menunjukkan efektivitas sistem alarm bernama “pagar virtual”, yang berfungsi mencegah hewan pada saat menyebrang jalan raya. Idenya bukanlah suatu hal baru, saat ini karya itu menunjukkan pengembangan aplikasi yang jauh lebih luas daripada yang dicoba sebelumnya.

Bisma-Verdya-Adhika / 2 weeks ago

Ingress Prime, Game yang Gunakan AI Sebagai Influencer

Pernahkah kalian mendengar atau familiar dengan sosok Lil Miquela? Miquela Sousa atau lebih dikenal dengan nama “Lil Miquela” merupakan seorang model perempuan, sekaligus influencer Instagram dengan jumlah pengikut lebih Dari 1,5 juta. Sekilas profil Miquela terlihat biasa saja, namun ternyata influencer asal Los Angeles ini merupakan produk Artificial Intelligence(AI) hasil kreasi dari Brud Group.

Bisma-Verdya-Adhika / 2 weeks ago

Disney Kembangkan Paintcopter, Drone Pelukis Pengganti Tangga

Sebuah drone penyemprot cat yang dikenal sebagai ‘Paintcopter’ dapat menggambar desain yang rumit pada dinding dan objek 3D. Drone ini membantu dekorator mewarnai titik-titik yang sulit dijangkau dan menghilangkan kebutuhan untuk tangga dan perancah.

Bisma-Verdya-Adhika / 3 weeks ago

Apa yang Sebenarnya Terjadi saat Brain Freeze?

Ugh, brain freeze! Kondisi yang sangat menyebalkan ini dapat membuat kepalamu serasa tertusuk oleh benda yang sangat tajam. Dan yang paling lebih menyulitkannya lagi, tidak semua orang dapat mengalami kondisi tersebut. Benar sekali, beberapa orang dapat tetap memakan es krim sebanyak yang mereka mau, dan tidak pernah merasakan apa-apa. Sangat menyebalkan bukan?

Bisma-Verdya-Adhika / 3 weeks ago

Seperti Ini Perkembangan Teknologi Tinggi Robot AI Rusia, Menjadikan Manusia Dalam Kostum Robot

Baru -baru ini dalam stasiun televisi pemerintahnya Rusia meliput forum robotik yang menakjubkan. Forum ini ditujukan khususnya untuk generasi muda masuk dunia robotika yang cukup keren. Bagian yang menarik perhatian adalah robot mirip manusia yang disebut Boris. Boris ditunjukkan di atas panggung dengan co-host menggunakan gerakan tarian yang sangat realistis sehingga pasti dengan bangga untuk dapat menggunakannya di pesta pernikahan. Stasiun televisi mengatakan kepada para pemirsa bahwa robot itu “telah belajar menari dan dia tidak mlah terlalu buruk,” lapor Guardian.

Bisma-Verdya-Adhika / 3 weeks ago

Setahun Diluncurkan, Kini Google Lens Klaim Mampu Kenali Miliaran Benda

Google Lens mengklaim saat ini telah mampu mengenali miliaran jenis benda. Hal ini meningkat drastis dibandingkan dengan setahun yang lalu saat pertama ia diluncurkan. Pada tahun 2017 lalu, fitur ini diluncurkan hanya dalam bentuk fitur tambahan di Photos dan Assistant. Di mana fitur tersebut, baru bisa mengenali sekitar 250 ribu barang saja.