Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Profile Kontributor

Haidar Aji Wasesa

Institut Teknologi Bandung

“Hafalkan namamu baik-baik disini”

KATEGORI KARYA

KARYA ARTIKEL

HaidarAW / 2 weeks ago

Airbus: Dibutuhkan 39.000 Pesawat Baru

18 September 2019, Airbus mengumumkan penelitiannya mengenai kebutuhan pasar pesawat komersial di dunia. Bagaimanakah nasib industri dirgantara Indonesia di masa depan?

HaidarAW / 2 months ago

Babi Terbang, yang Ogah Dijatuhkan

A-10 Thunderbolt II, lebih dikenal dengan sebutan “Warthog” atau babi hutan karena bentuknya yang bongsor dan buruk rupa. Dibenci oleh petinggi militer, tenggelam namanya oleh jet tempur yang lebih canggih. Namun sangat dicintai oleh prajurit di medan perang.

HaidarAW / 3 months ago

Lika-Liku Kereta Tercepat di Indonesia

Menjadi pelopor di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Kereta Cepat Indonesia-China menjadi salah satu batu loncatan perkembangan infrastruktur bagi Indonesia. Tapi, bagaimanakah sebenarnya keberlangsungan proyek ini?

HaidarAW / 3 months ago

Selangkah Lebih Dekat Menuju Cyberpunk dengan Neuralink

Game Cyberpunk 2077 membawa kita ke dunia dimana otak tidak bisa dibedakan lagi fungsinya dengan komputer. Namun, Elon Musk mencoba membawa teknologi itu untuk menjadi bagian dari keseharian kita.

HaidarAW / 3 months ago

AK: Senapan Legendaris yang Mengukir Sejarah Modern

Tersebar dari arktik yang membekukan, lembabnya hutan tropis di Asia Tenggara, hingga keringnya gurun di Afrika.

HaidarAW / 4 months ago

Skunk Works: Yang Brilian dan Penuh Rahasia

Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang memanfaatkan teknologi pesawat siluman secara luas. Namun, siapakah orang-orang dibalik teknologi yang misterius itu?

HaidarAW / 4 months ago

Timbul Tenggelam (Timbul Lagi) Kendaraan Listrik Nasional

Dengan semakin meningkatnya kesadaran untuk menguragin jejak karbon, dunia bergerak kearah elektrifikasi kendaraan. Namun dimanakah letak Indonesia dalam pergerakan tersebut?

HaidarAW / 4 months ago

Berkenalan dengan 9×19mm Parabellum, Kaliber yang "Egaliter"

Si vis pacem, para bellum. Peluru ini bahkan menembus batas ideologis dan kelas. Baik sipil maupun militer, timur ataupun barat.

HaidarAW / 5 months ago

Compliant Mechanism: yang Bengkok yang Lebih Baik

Compliant Mechanism membebaskan pandangan mengenai bagaimana seharusnya kita membangun sebuah sistem mekanis yang sebelumnya rigid

HaidarAW / 5 months ago

Menuju Industri 5.0: Robot Politisi

Pemilu 2019 yang seharusnya menjadi pesta demokrasi malah menjadi salah satu tragedi politis paling menyedihkan setelah kerusuhan mei 1998. Dapatkah kejadian ini dihindari menggunakan teknologi kecerdasan buatan?