Kreatifitas

7 Bisnis “Kecil-Kecilan” yang Cocok Untuk Mahasiswa IT

Sebagai mahasiswa di bidang informatika, kreativitas menjadi makanan wajib di dalamnya. Kita dapat memulai perjalanan kreativitas tersebut dari 7 bisnis kecil-kecilan ini. Apa saja?

Andri Marza Akhda14 Januari 2022

Banyak bisnis-bisnis besar tidak selalu datang dari sesuatu yang besar. Tak jarang bisnis datang dari hal kecil. Seperti Amazon yang mulai dari garasi mobil.

Bisnis ini bisa kamu jalankan sebagai sampingan. Namun, bisnis sampingan dapat berkembang jika kamu mau mengurusi. Dan bagaimana caranya memulai bisnis

Resep Memulai Bisnis

1. Kuasai bidang ingin Sobat Teknik ingin pasarkan

Hal ini sangatlah penting. Apabila kamu tidak menguasai bidang yang ingin Sobat Teknik pasarkan, maka mendapat bayaran berupa TM. Bukan Transfer Miliaran tapi ucapan Terima Kasih.

Kesal?, padahal Sobat Teknik telah berusaha semaksimal mungkin agar proyek selesai kan?. Ya itulah yang dulu pernah teman-teman penulis rasakan.

2. Tentukan target pasar

Kedua adalah menentukan target pasar yang ingin Sobat Teknik jajakan. Mendapatkan data target pasar termasuk meneliti pendapatan, gender, kesukaan dan hal-hal yang mungkin buat sebagian orang agak bersifat pribadi.

3. Berikan alur kerja yang jelas untuk Sobat Teknik dan klien

Ketiga adalah memastikan alur kerja yang jelas. Alur kerja yang jelas tentunya berdampak baik bagi Sobat Teknik dan juga klien. Trust issues  yang sering terjadi antara freelancer dan klien bisa Sobat Teknik hindari.

Di dalam alur kerja ini juga, Sobat Teknik bisa menjelaskan layanan apa saja yang akan didapatkan calon klien.

4. Berikan kontrak perjanjian

Kontrak perjanjian atau MoU ini tentunya adalah win-win antara Sobat Teknik dan klien. Keduanya tidak ada yang ingin kalah, dan ingin memberikan yang terbaik. Jika kedua sudah memberikan yang terbaik, masalah telat pembayaran, pesanan proyek kagak kelar-kelar, bisa dihindari.

Setelah mengetahui resep memulai bisnis, saatnya Sobat Teknik mengetahui 7 Bisnis “Kecil-Kecilan” yang Seharusnya Mahasiswa Bidang IT Miliki. 

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Sebagai pendahuluan, penulis tidak akan memasukan bisnis jasa dalam ruang lingkup yang besar, seperti Web Developer ataupun Mobile Developer

Ya, sesuai dengan judulnya, bisnis kecil-kecilan.

1. Kreator Landing Page

7 Bisnis Kecil-Kecilan Mahasiswa IT
Kreator Landing Page

Landing Page adalah halaman digital yang memuat informasi mengenai produk atau jasa dari badan bisnis maupun organisasi. Masa pandemi Covid-19 yang masih berlanjut menjadikan jasa kreator landing page banyak diminati.

Ya, tidak lain karena menjamurnya jasa digital marketing dari beberapa digital agency. Beberapa perusahaan digital agency banyak menerima pesanan. Terkadang mereka juga lelah untuk terus memproduksi konten salah satunya adalah Landing Page

Baca juga: 7 Daftar Website Builder, 100% Tanpa Coding (Nomor 4 Favorit Banget)

Salah satu teknik yang sering digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan outsourcing, mencari tenaga tambahan diluar perusahaan. Di sinilah peran freelancer.

Sebagai mahasiswa, Sobat Teknik dapat melihat peluang ini. Tawarkan jasa kepada pemilik bisnis atau menjadi freelance kreator landing page.

Sobat Teknik bisa menjual jasanya melalui grup Facebook, Instagram dan blog pribadi. Selain mempromosikan jasa ini secara personal, Sobat Teknik bisa mendaftarkan
di OnePageLove.com

2. Jasa Foto

Jasa Foto Anakteknik.co.id
Jasa Foto

Perkembangan teknologi yang terus berkembang, menjadikan kamera smartphone dapat setidaknya menyaingi kamera. Salah satunya adalah Iphone 13. Bagi Sobat Teknik yang memiliki kamera, kamu bisa membuka jasa foto, baik objek yang bergerak ataupun tidak bergerak.

Contoh dengan menawarkan jasa foto pernikahan, jasa foto wisuda, jasa foto wisata dan lain-lain. Untuk objek yang tidak bergerak, Sobat Teknik bisa saja membuka jasa foto produk dengan berbagai teknik foto seperti:

  • Catalog Shoot.
  • Simple Thematic Shoot.
  • Special Thematic Shoot.
  • Splash Shoot.
  • Composite Shoot

Dan lain-lain.

3. Jasa Tulis Artikel

7 Bisnis Kecil-Kecilan Mahasiswa IT
Jasa Tulis Artikel

Berbeda dengan nomor 2 yang mungkin atau memang perlu modal besar. Untuk nomor 3 ini, bisa Sobat Teknik lakukan hanya bermodalkan laptop saja

Sobat Teknik dapat belajar menulis artikel sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Setelah belajar menulis artikel, Sobat Teknik bisa belajar ke tahap menulis artikel SEO (Search Engine Optimization). Artikel jenis inilah yang paling banyak dicari perusahaan besar untuk memperluas peluang bisnis.

Sobat Teknik bisa menawarkan jasa tulis artikel di beberapa grup Facebook Blog atau menjadi penulis lepas di Anakteknik.co.id.

4. Jasa Streaming atau Host

Jasa Streaming atau Host
Jasa Streaming atau Host

Yang keempat adalah menjadi streamer ataupun host. Syarat utama dari jasa ini adalah Sobat Teknik haruslah ceria, menghibur, dan enak diajak untuk ngobrol.

Ya, pekerjaan ini identik dengan kaum hawa.

Baca juga: 7 Hal yang Hanya Dialami oleh Mahasiswa Sistem Informasi

Modal lainnya adalah handphone. Sobat Teknik bisa mendaftarkan dirinya sebagai Host di berbagai aplikasi live streaming.

5. Product Reviewer

Product Reviewer
Product Reviewer

Sobat Teknik bisa mereview barang-barang yang telah dibeli dengan keterangan sebenar-benarnya tanpa mengada-ngada. 

Meskipun level kita masih jauh dari David Gadgetin, namun konsisten dalam kejujuran beliau patut kita gaungkan saat pertama kali membuka jasa ini.

Mungkin beberapa dari Sobat Teknik merasa bahwa jasa seperti ini hanya memandang mereka yang good looking. Teruntuk yang tidak good looking, mana mungkin bisa dapat produk untuk di-review.

Tidak juga. Selama Sobat Teknik menekuni bidang ini dengan memberikan keterangan dan fakta-fakta yang unik. Dengan begitu brand secara perlahan-lahan akan memilih Sobat Teknik.

6. Jasa Desain Grafis

7 Bisnis Kecil-Kecilan Mahasiswa IT Harus Punya
Jasa Desain Grafis

Yang keenam adalah jasa desain grafis. Ya, teruntuk Sobat Teknik yang tiap hari main CorelDraw, Adobe Photoshop, Illustrator, dan sejenisnya, peluang ini datang menghampiri.

Pada masa pandemi, luangkan waktu untuk menarik klien, ketimbang mendapatkan bayaran Terima Kasih di organisasi kampus.

Sobat Teknik bisa mulai belajar dimensi desain grafis untuk undangan, banner, papan reklame dan lain-lain.

7. Jasa Video Maker

Jasa Video Maker
Jasa Video Maker

Yang terakhir adalah jasa video maker. Ya, Sobat Teknik bisa menawarkan diri untuk membuat video kepada perusahaan ataupun perorangan.

Untuk jasa yang ke-8, sekaligus honorable mention dari penulis adalah jasa konsultasi tugas. Untuk jasa yang terakhir ini, bisa Sobat Teknik pertimbangkan untuk menghemat uang makan siang maupun malam.

Semoga bermanfaat.

Share:

0 Komentar