Teknologi

7 Daftar Website Builder, 100% Tanpa Coding (Nomor 4 Favorit Banget)

Proses bangun website tidak harus mengharuskan kita untuk pandai coding. Kita bahkan bisa mendapatkan desain website yang dapat dijalankan dengan 7 website builder, apa saja?

Andri Marza Akhda7 Januari 2022

Apa yang pertama kali Sobat Teknik bayangkan ketika mendapatkan proyek untuk membuat website?. Atau setidaknya membuat proyek Landing Page suatu perusahaan maupun produk?. Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa harus jago coding

Kemampuan coding yang sat set sat set, langsung jadi. Menuliskan beberapa baris kode PHP (Hypertext Preprocessor), Bootstrap, JavaScript, barulah sebuah website dapat terlihat apik. Ya, tak bisa dipungkiri, kemampuan ini banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Kenyataannya, kemampuan itu sangat membantu website untuk tampil lebih dinamis, lebih responsif.

Perlahan, perkembangan teknologi mulai mengikis kemampuan manusia untuk mengingat atau berlogika dengan kode. Dalam ilmu pengembangan website, terdapat istilah Website Builder. Website Builder adalah sebutan untuk website dengan fungsi lengkap untuk desain website utuh atau Landing Page tanpa coding.

Istilah ini sudah lama booming, tapi hanya sedikit yang benar-benar tertarik di dalamnya.

Kelebihan yang didapatkan dari Website Builder adalah pengembangan website lebih cepat dan desain lebih fleksibel. Website Builder juga sangat bersahabat Sobat Teknik yang ingin berkarir menjadi Web Designer.

Ada banyak website builder yang bisa Sobat Teknik manfaatkan. Penulis telah merangkum 7 diantaranya;

1. Wix.com

Website Builder, Membuat Website Tanpa Koding 100%
Wix.com

Wix adalah salah satu pelopor Website Builder yang paling terkemuka. Di awal kemunculannya saja, sudah mengguncang hebat para Web Programmer. Sebab rasa takut kehilangan pekerjaan, dan beralih profesi menjadi Web Designer. Wix.com menyediakan banyak fitur didalamnya. Semisal Sobat Teknik dapat menambahkan fitur chat, form, instagram feed, pricing plans, blog dan lain-lain.

Terdapat dua pilihan ketika Sobat Teknik memulai proyek dengan Wix. Pertama dengan menggunakan fitur ADI, atau semacam fitur pintarnya Wix untuk menentukan seperti apa tampilan website berdasarkan kriteria atau survei yang Sobat Teknik berikan.

Kedua, adalah dengan menggunakan editor. Sobat Teknik akan mengatur sendiri bagaimana tampilan website, dan tentunya, sesuai dengan keinginan.

2. WordPress (Elementor/Divi)

Daftar Website Builder Terbaik
Elementor

Lho!, WordPress kan termasuk ke dalam CMS (Content Management Service).

Walau WordPress tidak dapat diklasifikasikan dalam golongan Website Builder. Tetapi didalam WordPress terdapat bagian yang mendukung proses website builder, yaitu drag and drop. Proses ini sering dilakukan untuk membuat halaman website tentang informasi jasa atau produk yang dipasarkan.

Sering kita kenal dengan sebutan Landing Page. Ya kita membuat landing page dengan mudah di WordPress (drag and drop), dengan plugin tambahan bernama Elementor atau Divi. Kedua memiliki fitur yang hampir sama, seperti block, element, shape divider, section, dan lain-lain.

Untuk mana yang lebih unggul, tergantung pada perspektif Sobat Teknik masing-masing. Hanya saja, Elementor menyediakan versi gratis, sedangkan Divi tidak.

3. Weebly.com

Membuat Website Tanpa Koding
Weebly.com

Yang ketiga ada Weebly. Penulis telah mencoba website ini. Unutk kesan pertama, website ini punya tampilan yang mudah dipahami dan sangat sederhana.

Kekurangannya adalah sangat sederhana. Agak susah untuk memberikan gaya desain yang berbeda melalui Weebly. Weebly sangat direkomendasi bagi Sobat Teknik untuk belajar membuat landing page atau website utuh yang sederhana.

Apabila Sobat Teknik memiliki cukup uang, Sobat Teknik dapat membeli versi pro-nya. 

4. Nicepage.com

Daftar Website Builder Terbaik di Dunia
Nicepage.com

Di nomor 4 ada Nicepage.com. Nicepage dapat digunakan secara online sebagai website, dan juga aplikasi Windows. Penulis menggunakan nicepage versi aplikasi dan wow!!.

Penulis mendapatkan banyak keuntungan dari nicepage ini. Penulis bisa mendapatkan blocks atau elements lengkap dengan desain layout yang keren. Tidak hanya blocks atau elements saja, kita juga dapat menikmati banyak template website dan landing pages gratis yang siap dimodifikasi.

Penulis benar-benar jatuh cinta dengan nicepage.

Untuk tools yang ada di dalamnya, sangatlah lengkap. Bahkan saking lengkapnya, penulis jadi bingung mau pakai tools yang mana. FItur terakhir yang menjadi alasan kuat mengapa penulis menyukai nicepage adalah hasil desain dapat dikonversikan menjadi source code berbentuk HTML. Seperti template CMS WordPress dan Joomla

Sangat rekomendasi banget, untuk Sobat Teknik yang ingin merintis karir sebagai Web Designer.

5. Oddo.com

Oddo.com Website Builder for Business
Oddo.com

Berikutnya adalah nama Oddo.com. Berbeda dengan 4 website sebelumnya, website belum penulis coba sama sekali. Lho?, bagus tidak itu?. 

Penulis memasukkan Oddo.com ke dalam list karena Oddo sering masuk daftar website builder terbaik. Sobat Teknik dapat googling sendiri. 

Oddo juga telah bekerja sama dengan perusahaan ternama lainnya.  Dalam bidang digital foto dan desain, Oddo bekerja sama dengan Unsplash dan Undraw.

Website yang dibuat melalui Oddo.com dapat terintegrasi ke semua aplikasi bisnis untuk pemasaran.

6. WebNode.com

WebNode.com Free Website Builder
WebNode.com

Berikutnya ada nama Webnode.com. Sama seperti sebelumnya, website ini juga sering masuk ke dalam daftar website builder terbaik. Sobat Teknik bisa memilih WebNode.com untuk mendapatkan template gratis untuk web blog. Dan dengan drag and drop, blog kamu akan jauh lebih dinamis.

7. GoDaddy.com

Cara Membuat Website Tanpa Koding
GoDaddy.com

Yang terakhir ada nama GoDaddy.com. Teruntuk tech enthusiast, tentu tidak asing lagi dengan nama baru ini. GoDaddy.com sering muncul sebagai iklan di Youtube dan beberapa website teknologi ternama. Jujur saja, penulis tertarik untuk menggunakan GoDaddy.com, apakah website ini mampu membuat penulis berpaling dari nicepage?. Untuk Sobat Teknik yang penasaran bisa langsung dicoba kok.

Semoga artikel bermanfaat, dan jangan lupa untuk terus kunjungi Blog Anakteknik.co.id

Share:

0 Komentar