Pengetahuan

Pernah Berjaya di Masanya, 5 Teknologi Telah Punah Beberapa Tahun Belakangan ini

Setiap tahun selalu ada teknologi baru yang berdatangan dan ada teknologi yang akhirnya mati tergerus oleh perkembangan zaman. Berikut akan kita bahas, teknologi yang sempat sempat jaya pada masanya namun telah mati pada satu dekade belakangan ini.

Sukris SusantiJanuary 6, 2021

Setiap tahun selalu ada teknologi baru yang berdatangan dan ada teknologi yang akhirnya mati tergerus oleh perkembangan zaman. Berikut akan kita bahas, teknologi yang sempat sempat jaya pada masanya namun telah mati pada satu dekade belakangan ini.

  1. BBM (Blackberry Messenger)

Pada tahun 2000-an dimana layanan pesan instan mulai banyak digunakan dengan Yahoo! Messenger sebagai satu-satunya yang memimpin pasar pesan online. Dengan basis teks, Yahoo! Messenger menjadi layanan pengirim pesan teks online paling ramai digunakan karena menjadi inovasi teknologi terbaru yang sangat memudahkan penggunanya dalam berkirim pesan. Sebelum Yahoo! Messenger hadir, belum ada layanan percakapan online semacam itu. Lalu tahun berganti dan inovasi teknologi semakin maju perkembangannya. Tahun 2018 Yahoo! Messenger resmi ditutup dan menyusul BBM yang menawarkan pelayanan pesan instan serta video call dengan mudah ke sesama perangkat mobile juga ditutup pada Mei 2019.

  1. Google Plus

Pada awal peluncurannya, Google Plus merupakan sosial media yang diciptakan untuk mengalahkan Facebook. Resmi diluncurkan pada tahun 2011, Google Plus bertahan hingga satu dekade untuk berjuang memasuki pasar media sosial popular. Berbagai upaya termasuk renovasi desain telah dilakukan oleh Google Plus, meskipun sempat mengalami lonjakan pengguna yang sangat berarti, pada akhirnya semua menurun drastis hingga pada awal tahun 2020 Google resmi menutup layanan Google Plus mereka.

  1. Windows Phone

Windows Phone Berjaya di era tahun 2000-an sebelum penggunaan android dari google mulai merajalela. Sempat menjadi salah satu smartphone mewah, Windows Phone akhirnya tergeser dengan kehadiran iPhone dan Android di awal tahun 2017. Sebelum resmi mundur dari pasaran, Microsoft sempat meluncurkan Windows Phone 7 terbaru dengan inovasi serta tampilan yang lebih memukai dari sebelumnya. Banyak yang menyukai kehadiran dari windows Phone 7, namun tetap saja Microsoft tidak mampu mengejar Android dan iPhone.

  1. iPod 

iPod merupakan salah satu teknologi yang mampu menyisihkan ketenaran CD player. iPod hadir dengan kelebihannya yaitu dapat membuat playlist lalu membagikannya. Namun setelah hadir layanan streaming musik seperti Spotify, membuat iPod akhirnya tidak lagi dilirik hingga saat ini sudah sangat jarang ditemukan di pasaran.

  1. Microsoft Kinect

Microsoft Kinect ialah perangkat yang berfungsi untuk melacak gerak tubuh dan suara pengguna dengan memanfaatkan kamera infrared serta mikrofon. Awal hadir pada tahun 2010 dan dapat dibeli bersamaan dengan Xbox One, Microsoft Kinect diciptakan guna menyaingi perangkat Wii besutan Nintendo. Dihadirkan sebagai cara baru menikmati game, Microsoft Kinect malah mengalami kendala bahwa game yang didukung oleh perangkat ini tidak ada yang menarik pasar dan ada beberapa game yang bermasalah. Pada akhirnya Xbox One menjual produknya tanpa Microsoft Kinect lagi sejak tahun 2013 lalu resmi memberhentikan produksinya di tahun 2017.

 

Itulah tadi teknologi yang pernah menjadi paling canggih pada zamannya, namun terkalahkan oleh temuan teknologi terbaru setiap tahunnya.

Share:

0 Komentar

Related Article