Opini

7 Cara Menghadapi Overthinking Ketika Mengerjakan Tugas Kuliah atau Laporan Pratikum.

Penyebab mahasiswa sulit menyelesaikan tugas kuliahnya adalah overthinking. overthinking bisa disebebkan oleh banyak faktor dan terutamnya adalah setres.

I Wayan Reditya Candra Wibawa5 Oktober 2021

7 Cara Menghadapi Overthinking Ketika Mengerjakan Tugas Kuliah atau Laporan Pratikum

menghadapi overthinking

​Sebenarnya overthinking bukan masalah yang tidak terlalu penting untuk dipikirkan. Karena ini terjadi di dalam alam bawah sadarmu. Overthinking adalah berpikir yang berlebihan atau bisa dikatakan berpikir yang tidak menemukana solusi. 

Tugas kampus, laporan pratikum tentunya tidak luput dari overthinking itu sendiri. Bukannya fokus mengerjakan tugas malah jadi overthinking yang menyebabkan tidak fokus mengerjakan tugas. 

laporan tugas kuliah

​Apa itu Overthinking???

Overthinking merupakan cara berpikir yang berulang-ulang kali dengan pikiran yang sama. Situasi yang sama berulang-ulang kali sampai pada titik yang menghali hidup.

Para ahli menyebut overthinking adalah hal yang normal terjadi. Tetapi pemikiran berlebihan dapat menganggu waktu tidur, pekerjaan, hubungan kesehatan, dan keseharian.

Berikut Cara Menghadapi Overthinking Ketika Mengerjakan Tugas Kuliah atau Laporan Pratikum.

1. Berhenti Sejenak 

Cara pertama menghadapi overthinking adalah berhenti sejenak. Istirahatkan pikiranmu berikan ketenangan sejenak untuk bisa melanjutkan tugasmu nanti.

Berikan gambaran positif tentang dirimu. Agar bisa lebih menghargai dirimu yang sedang berjuang menyelesaikan tugas. Ingat! Jangan terlalu lama karena bisa melupakan kewajibanmu.

2. Mencari hal yang dapat mengalihkan perhatian

Stop overthinking dengan melibatkan diri kamu kedalam aktivitas yang kamu sukai. Contohnya adalah sebagai berikut

  • Pergi memancing
  • Nonton film
  • Olah raga
  • Bermeditasi
  • Sembahyang

Setiap orang memiliki hal yang mereka sukai dan idealnya seperti contoh di atas.

Biasanya sulit untuk memulai hal yang kamu sukai ketika sedang overthinking. Cobalah menyisihkan sedikit waktu seperti 30 menit setiap hari. Gunakan waktu ini untuk mengeksplorasi potensi gangguan atau yang sudah ada.

3. Lakukan sesuatu yang baik untuk orang lain 

Seperti banyak yang kita temui bahwa tidak semua orang bisa melakukan hal yang baik. Bahkan ego kita sendiripun punya kendali penuh untuk hal tersebut.

Permasalahan yang paling banyak ditemui dalam tugas kelompok, laporan pratikum dan tugas besar berkelompok adalah bertemu dengan orang yang sulit diajak kerja sama. Kita sudah membagi tugas ke mereka, namun responnya “aku lagi sibuk nih”, “aku lagi kerja”, “aku gak paham cara mengerjakan”,  dll. Dari situ kamu tepikiran bahwa aku tidak di tempat yang tepat.

Seolah-olah dunia sedang tidak menerimamu dan akhirnya overthinking. Ketika kejadian tersebut terjadi yang harus kamu lakukan adalah berbuat baik. Berbuat baik untuk memaafkan dan menerima bahwa teman-teman mu tidak sehebat kamu.

Serta berpikir sepositif mungkin untuk tidak membawa ke masalah yang lebih besar. Yang bisa kamu lakukan adalah mengerjakan tugas itu sendiri. Tidak masalah harus berjuang sendiri. Namun ketika kamu sudah menyelesaikan tugasmu, tanpa sadar kamu sudah membantu teman-temanmu yang banyak alasan. Ingat! Selalu rendah hati. Diatas langit masih ada langit. 

4.Hentikan pemikiran yang mengundang energi negatif

Pemikiran negative otomatis terjadisecara spontan. Biasanya dalam bentuk rasa takut, marah, gengsi dan terkadang bereaksi terhadap suatu situasi.

5. Latih Belas Kasihan Diri Sendiri 

Dalam mengerjakan tugas, akan ada pemikiran masa lalu yang membuat kamu cemas dan takut. Seperti dimarahi dosen lah karena tugas nggak sesuai, teman sekelompok yang tidak membantu, skripsi gak  di ACC dosen. Tanpa disadark kamu akan menyalahkan diri sendiri dari kegagalan dimasa lalu. Coba fokuskan pada welas asih.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda memulai:

  • Perhatikan pikiran yang membuat stres.
  • Perhatikan emosi dan respons tubuh yang muncul.
  • Akui bahwa perasaan yang Anda rasakan saat ini.
  • Bicaralah dengan diri Anda sendiri dengan kalimat “Bolehkah saya menerima diri saya apa adanya” atau “Saya cukup”.

6. Akui kesuksesanmu 

Saat sedang overthinking, berhentilah sejenak dan keluarkan sebuah buku catatan atau notepad. Tuliskan hal-hal baik yang kamu lakukan selama minggu terakhir dan peran kamu didalamnya. 

Ketika pikiranmu kembali berputar-putar, bacalah daftar yang sudah kamu buat tadi. Karena itu akan sangat membantu.

7. Cintai dirimu

Hargai dirimu. Karena kamu adalah manusia yang hebat. 

Semua cara ini bisa langsung dipraktikkan kalau sewaktu-waktu overthinking melanda. Jangan sampai overthinking menganggu tanggung jawab sebagai mahasiswa.

Share:

0 Komentar