Pengetahuan

Mahasiswa Wajib Tahu, 7 Cara Melamar Pekerjaan Supaya Gampang Diterima Lebih Cepat!!!

Melamar kerja di sebuah perusahaan tak harus menunggu lowongan dibuka. Anda bebas menebar CV maupun resume kapan pun dan di manapun.

Muhammad Reza Sachroudi11 September 2021

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah hal yang mudah tetapi jika Anda tahu caranya, tidak sulit karena mengakses informasi sudah sangat mudah saat ini. Walaupun Anda masih pelajar peluang untuk mencari pekerjaan selalu ada selama Anda cara tahu cara melamar supaya dapat diterima. 

Saat ini, persaingan di dunia kerja saat ini sangat tinggi namun Anda tetab bisa bersaing jika memiliki keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan. Percayalah, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Jadi bagaimanacaranya bisa mudah mendapatkan pekerjaan impian?

1. Melamar Pekerjaan Berbasis Kompetensi 

freelancer

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan Anda memiliki kualifikasi yang diperlukan yang ditawarkan untuk mendapatkan pekerjaan, walaupun masih mahasiswa. Jika Anda merasa kompeten di bidang ini, tidak ada salahnya mengirimakan lamaran kerja. 


2. Melengkapi diri Anda dengan keterampilan saat ini 

skill seorang freelancer

Apakah Anda tahu keterampilan modern apa yang perlu Anda asah dan kuasai? Nah, salah satunya adalah menguasai teknologi dan dunia digital marketing. Keterampilan seperti desain grafis, pengeditan foto dan video, copywriting, media sosial, pemasaran digital, blogging, dan banyak lagi. 


Setelah Anda memiliki ketrampilan itu akna menjadi nilai tambah untuk Anda. Mungkin status Anda adalah wiraswasta karena Anda bekerja sambil belajar, tetapi jika Anda memiliki keterampilan ini, perusahaan mungkin mempertimbangkan untuk mempekerjakan Anda. Apalagi dalam hal gaji, tentunya lebih bisa ditawar jika Anda berwiraswasta.

3. Pencarian Kerja di Sektor Kontemporer 

pekerjaan di era pandemi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bidang yang saat ini banyak ditawarkan seperti lowongan freelance terbaru yang banyak diminati adalah pekerja. Ada banyak lowongan bergaji tinggi seperti pembuat konten, administrator media sosial lepas, blogger, penulis, desainer lepas, dll. 

Lowongan terakhir banyak ditawarkan hari ini, misalnya untuk pembuat konten. Dari artis hingga bisnis, banyak orang mencari anak muda dengan keterampilan ini.

Lowongan lainnya adalah administrator media sosial, copywriter, penulis konten dll. Cobalah untuk membekali diri Anda dengan keterampilan ini untuk mempermudah pekerjaan Anda. 


4. CV lengkap dan menarik 

melamar pekerjaan

CV yang menarik ketika CV memiliki penjelasan teknisnya lengkap, detail, jujur ​​dan menarik. Pengalaman bisa menjadi nilai tambah, tetapi freelancer tetap bisa memenuhi syarat di sini jika Anda memiliki keahlian.

Sertakan portofolio, sertifikasi jika perlu. Jangan memasukkan hal-hal yang tidak penting yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar, kecuali keterampilan non-teknis yang Anda miliki, sertakan untuk menambah nilai nilai yang Anda miliki.

5. Membangun Branding berdasarkan Sosial Media 

personal branding di sosial media

Tahukah Anda ketika perusahaan mempertimbangkan nama karyawan yang akan diterima dengan cara mengecek pribadi sosial media yang engkau miliki. Cara lain menggunakan memasukkan nama Anda pada mesin pencari buat melihat jejak digital.

Ketika Anda yang populer tentu akan jadi poin plus bagi perusahaan untuk menerima Anda menjadi karyawan. Sebaiknya bila gambaran Anda di global maya negatif, maka bersiaplah orang akan pribadi menolakmu menjadi karyawan mereka. 

6. Melamar Kerja Atas Rekomendasi 

melamar kerja dengan rekomendasi

Rekomendasi ini dimaksudkan bertujuan untuk memastikan Anda memiliki potensi dan kompetensi yang layak buat dipertimbangkan perusahaan terkait dari pihak ketiga. Kalau Anda memang memiliki kompetensi, jangan ragu meminta rekomendasi orang terdekat agar menaikan kesempatan mendapatkan kerja di tempat yang Anda inginkan.


7. Kemampuan Berbahasa Asing yang Baik 

belajar bahasa asing

Bahasa asing merupakan soft skill yang perlu dimiliki jika ingin diterima pekerjaan meskipun Anda masih kuliah. Tentu saja hal ini berlaku buat loka kerja yang membutuhkan skill tersebut. Kalau Anda mempunyai kemampuan bahasa asing yang baik, maka akan lebih peluang Anda diterima kerja. 

Walaupun hanya berstatus magang, kemungkinan peluang peluang yang lain akan tiba menghampiri. Apalagi bila bahasa asing yang dikuasai bukan hanya bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, Belanda, Arab, Turki mungkin saja sanggup Anda kuasai buat menambah peluang penghasilan tidak terduga.

Share:

0 Komentar