Fun Fact

Mari Kenal Siapa Pembuat Teori Kuantum!!!

Teori Planck mengatakan bahwa energi radian terbuat dari komponen-komponen seperti partikel, yang disebutnya sebagai 'kuantum'.

Muhammad Reza Sachroudi12 Oktober 2021

Max Planck lahir di Kiel, Jerman pada tahun 1858. Ia belajar di universitas di Berlin dan Munich dan mendapat gelar PhD bidang fisika dari Universitas Munich di 21 tahun.

Dia memiliki pelajaran singkat di Universitas Munich dan kemudian di Universitas Kiel. Pada tahun 1889, ia menjadi profesor di Universitas Berlin sampai usia 17 tahun, masa. Saat itu tahun 1928.

Planck tertarik pada "jumlah radiasi gelap", julukan untuk radiasi elektromagnetik yang dipancarkan dari objek yang benar gelap ketika dipanaskan. (Objek yang benar-benar gelap digambarkan tidak memantulkan cahaya, tetapi sepenuhnya menyerap semua cahaya yang mengenainya.) Fisikawan eksperimental mengukur radiasi yang dipancarkan oleh objek dengan hati-hati, bahkan sebelum dibahas oleh Planck. 

Max Planck menjabarkan aljabar dosis gelap iradiasi

Tugas pertama Planck adalah menemukan ekspresi aljabar kompleks untuk menjelaskan "dosis gelap iradiasi". Rumus ini sering digunakan dalam fisika teoretis saat ini untuk meringkas data eksperimen. Tapi ada masalah. Hukum fisika yang diterima memprediksi formula yang sangat berbeda.

Planck mengerjakan ini dan akhirnya menemukan teori baru yang radikal. Energi radiasi hanya diperoleh dengan mengalikan secara tepat satuan dasar yang disebut "kuantum".

Menurut teori Planck, ukuran kuantum cahaya tergantung pada frekuensi (warna, dll.) cahaya dan sebanding dengan kuantitas fisik, yang disebut "h", namun sekarang disebut "standar Plank". ..

Hipotesis Planck sangat kontras dengan konsep fisika umum. Namun, konsep ini memungkinkan penemuaan teoretis tentang "jumlah radiasi gelap"daripada formula yang benar.

Teori Planck terbukti beberapa tahun setelah dibuat

Teori Planck begitu revolusioner sehingga akan dianggap sebagai ide yang aneh apabila Planck bukan fisikawan solid dan konservatif. Hipotesis mungkin terlihat aneh, namun dalam kasus khusus ini adalah pedoman untuk formula yang benar.

Sebagian besar fisikawan (termasuk Planck) melihat hipotesisnya hanya sebagai fiksi matematika yang tepat. Beberapa tahun kemudian banyak perubahan terjadi. Hal ini memungkinkan konsep kuantum Planck dipakai untuk fenomena fisik selain.  

Teori Planck mulai diterapkan oleh ilmuwan lainnya di dunia

Einstein menggunakan konsep ini pada tahun 1905 untuk menjelaskan efek fotolistrik. Niels Bohr menggunakannya dalam teori struktur atom pada tahun 1913. Ketika Planck memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1918, hipotesisnya terbukti benar secara fundamental dan penting dalam fisika teoritis.

Sikap kuat anti-Nazi Planck mempertanyakan posisinya dalam pemerintahan Hitler. Putranya dieksekusi pada awal 1945 karena perannya dalam mencoba  untuk membunuh Hitler. Planck sendiri meninggal pada tahun 1947 pada usia 89 tahun.

Perkembangan mekanika kuantum mungkin yang terpenting di abad ke-20. Lebih penting daripada teori relativitas Einstein. Standar "h" Planck berperan dalam fisika teoretis. Dan saat ini diringkas dalam dua atau tiga standar fisika paling dasar.

Perkiraan awal Planck tentang jumlah tersebut berada dalam batas akun 2% yang diterima. Ditandai oleh titik referensi muncul dalam teori struktur atom, prinsip "ketidakpastian" Heisenberg, teori radiasi, dan banyak formula ilmiah lainnya.

Plank secara luas dianggap sebagai bapak mekanika kuantum. Dia memainkan peran kecil dalam perkembangan teori selanjutnya. Titik awal yang dia berikan sangat penting. Dia membebaskan pikiran orang dari prasangka tentang kejahatan. Serta membiarkan memiliki teori yang jauh lebih jelas dari saat ini

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait