Fun Fact

Penasaran, Bagaimana Max Planck Menyelamatkan Dunia dari Monster Demogorgon?

Max Karl Ernst Ludwig Planck adalah seorang fisikawan Jerman yang banyak dilihat sebagai penemu teori kuantum.

Muhammad Reza Sachroudi12 Oktober 2021

Bagaimana Max Planck Menyelamatkan Dunia dari Monster Demogorgon?

Episode terakhir Stranger Things Musim 3, remaja dari Hawkins, Indiana berusaha menyelamatkan dunia dari monster terbalik. Sebuah dimensi paralel yang penuh dengan monster Demogorgon. Dunia paralel memiliki pintu, kuncinya ada di peti mati, dan terdapat papan untuk membuka peti mati.

Dustin, karakter dari serial tersebut, naik ke puncak bukit untuk mencari sinyal agar bisa menghubungi pacarnya di Utah. Kemudian membuka peti berisi kunci pintu terbalik yang mampu mengunci kerajaan sampel. Tapi Susie sedikit salah tentang konstanta.

serial stranger things

Penulis skenario Stranger Things mengira konstanta Planck adalah angka yang konstan. Nomor yang disebutkan Susie adalah 6.62607004 (angka lengkapnya adalah 6.62670004 x 10-34 Js), sudah perbaharui di tahun 2014. Stranger Things berdiri pada tahun 1985, tetapi Anda harus menggunakan nomor 1973 6.626176 x 10-34. Tahun 2018.

Konstanta Planck juga diperbarui lagi dan menjadi 6,62607015 x 10-34. Apapun itu, kunci untuk mengunci pintu terbalik sudah ditemukan dan dunia kembali aman.

Konstanta Planck sudah berusia 121 tahun

konstanta planck milik max planck

Sekarang Konstanta Planck sudah berusia 121 tahun. Pada 14 Desember 1900, Max Planck menyerahkan temuannya ke German Physical Society. Lewat artikel berjudul "Tentang Distribusi Energi dalam Spektrum Normal," Planck mengatakan radiasi bukanlah energi yang terus mengalir dan memancar seperti menuangkan gula pasir ke dalam cangkir, tetapi energi yang menempatkan massa permen batu yang tidak bisa dihancurkan. Untuk mendapatkan rasa tertentu, harus menambahkan 1, 2 atau 5 gula bubuk.

Menurut analogi ini, Planck menunjukkan bahwa energi memancar dalam bentuk "balok". Tidak ada radiasi yang dapat dipancarkan sampai sejumlah "balok" telah tercapai. Konsep ini merupakan inovatif untuk memahami radiasi, yang merupakan dasar fisika kuantum.

Pada akhirnya membantu dalam studi struktur atom. (Planck, Max. Ke mana arah ilmu pengetahuan? Dengan kata pengantar oleh Albert Einstein. Diterjemahkan dan diedit oleh James Murphy, 1932).

Panasnya secangkir kopi bisa dirasakan di tangan sambil memegang cangkir. Kulit Anda bisa merasakan panas ketika mendekatkan cangkir ke tubuh Anda. Energi dari beberapa "fragmen" terpancar dari secangkir kopi panas. Itu satu, dua, dan seterusnya.

Ini bukan energi dari "fragmen" 0,65 atau 6,15. Bilangan kuantum memiliki arti yang berbeda. Artinya, cahaya dipancarkan melintasi "sinar" terpisah, yang kemudian disebut "sinar" foton. Jumlahnya juga harus bulat dan setidaknya satu foton. Tidak ada setengah foton dan 79,38 foton.

Konstanta Planck membantu mendefinisikan satuan massa lebih akurat

definisi baru dari satuan kilogram

Konstanta Planck membantu ilmuwan mendefinisikan kembali satuan massa yang lebih akurat dan stabil. Awalnya, satu kilogram diukur berdasarkan paduan platinum dan iridium yang disebut Le Grand K yang diadakan di Biro Berat dan Ukuran Internasional di Sèvres, Prancis.

Semua negara mengandalkan Le Grand K untuk menentukan massa satu kilogram. Namun pada abad ini massa Legrand K berkurang 50 mikrogram, dan akan terus berkurang. Jelas bahwa referensi kilogram tidak lagi akurat. Selain itu, Le Grand K berisiko hilang atau rusak.

Konstanta Planck adalah sama di mana-mana dan tidak pernah hilang. Ilmuwan dari 60 negara  bertemu di General Conference on Weights and Measures di Versailles, Prancis, untuk menentukan definisi baru satuan massa pada 16 November 2018. Definisi kilogram baru ini, yang mencakup Kelvin, amp, dan mol, akan mulai berlaku pada 20 Mei 2019.

Albert Einstein sempat ragu ketika diminta menulis pengantar esai Max Planck tentang temuannya. Einstein merasa sombong dengan menulis kata pengantar. Menurut Einstein, Max Planck, pendiri teori kuantum, tidak butuh pantulan cahaya dari cahaya redup, atau dirinya sendiri.

Untungnya, editor James Murphy mampu membujuk Einstein. Einstein akhirnya setuju, tetapi hanya ingin menulis pengantar singkat. (Planck, Max. Kemana perginya ilmu pengetahuan?, 1932). Dalam kata-kata Einstein, Max Planck adalah cahaya yang sangat terang.

Dia tidak membutuhkan peredup lain untuk bersinar. Cahayanya terang sampai pada tahun 1948 Kaiser Wilhelm Society, organisasi yang membawahi berbagai lembaga penelitian Jerman, mengganti nama menjadi Max Planck Society. Perubahan nama sebagai bentuk penghormatan kepada Max Planck.

Saat itu ia adalah presiden Kaiser Wilhelm Society dari tahun 1930 hingga 1937, tahun 1945 hingga 1946. Saat ini, The Maxplank Society mengawasi 86 lembaga penelitian tentang ilmu kehidupan, ilmu alam, ilmu sosial, dan humaniora. Sebanyak 35 peneliti dari Max Planck Society menerima Hadiah Nobel dari tahun 1918, termasuk Max Planck. "Cahaya yang sangat terang" mati hanya 74 tahun yang lalu hari ini, 4 Oktober 1947.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait