Fun Fact

Ingin Masuk Jurusan IT ? Inilah Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Sebelum masuk ke dalam jurusan IT atau Komputer alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu jurusan-jurusan yang termasuk dalam jurusan di bidang IT atau Komputer, Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer.

Aladino Zulmar29 Mei 2021

Sekarang ini dunia teknologi sedang berkembang sangat pesat ditambah lagi dengan kondisi sekarang yang serba online, kita bisa melakukan apapun dengan menggunakan teknologi, misalnya saja membeli makanan,barang dan lainnya sekarang bisa dilakukan hanya bermodalkan smartphone atau komputer saja.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap lapangan pekerjaan di bidang teknologi, sehingga lowongan pekerjaan dibidang IT meningkat pesat, prospek pekerjaan dibidang ini juga sangat luas. Untuk itu semakin banyak yang ingin berkarir dalam bidang teknologi khususnya dalam bidang komputer.

Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan IT atau bidang komputer harus terlebih dahulu mengerti apa yang akan dipelajari di jurusan tersebut agar nantinya tidak merasa salah jurusan karena ilmu bidang komputer itu sangat luas misalnya saja hardware,software, computer network dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa jurusan di bidang komputer beserta perbedaannya:

1. Teknik Informatika

Di jurusan ini kalian akan mempelajari bagaimana mengolah data atau menyelesaikan suatu permasalahan dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika. Sehingga nantinya kalian akan lebih banyak berkutat dengan pemrograman (Programming) dan pengembangan perangkat lunak.

Kalian akan disuruh untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan algoritma dan mengimplementasikannya dalam bentuk bahasa pemrograman tertentu. Selain itu di jurusan ini juga diajarkan sedikit materi tentang hardware, teknologi jaringan komputer dan manajemen informatika. Prospek jurusan ini pun terbilang sangat luas salah satunya adalah sebagi berikut :

  • Software Developer
  • System Analyst
  • Network Engineer
  • IT Consultant
  • Database Engineer
  • DevOps Engineer
  • Web Programmer

Selain bidang tersebut, masih banyak lagi prospek kerja di jurusan teknik informatika ini. Di beberapa kampus ada yang menyebut jurusan ini sebagai Ilmu Komputer. Selain itu biasanya jurusan ini terdapat dalam fakultas teknik dan juga ada yang dalam fakultas ilmu komputer, jadi tergantung perguruan tinggi tersebut.

 

2. Teknik Komputer

Berbeda dengan jurusan teknik informatika, teknik komputer lebih banyak berkutat dengan hardware (Perangkat keras). Hardware disini yang dimaksud yaitu cenderung berhubungan dengan microcontroller dan prosesor komputer dan kalian juga akan belajar tentang elektronika.

Selain itu meskipun lebih banyak berkutat ke hardware kalian juga akan belajar pemrograman yang menggunakan ‘bahasa mesin’. Jurusan ini juga ada beberapa kampus yang menamainya dengan jurusan sistem komputer dan lebih banyak terdapat dalam fakultas teknik.

Prospek kerja di jurusan ini juga sangat banyak antara lain :

  • Embedded System Engineer
  • Robotic Engineer
  • Network Engineer
  • Industrial Engineer
  • Programmer

 

3. Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi ini menggabungkan antara ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Nantinya dalam perusahaan kalian akan berfungsi untuk menjadi “jembatan” antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang harus dirancang atau lebih tepatnya penghubung antara programmer yang lebih fokus ke sisi teknis seperti lulusan Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer dengan klient atau pelanggan.

Jadi selain harus mengerti tentang programming di jurusan ini juga akan diajarkan yang berkaitan dengan bisnis dan manajemen. Selain itu, kalian juga dituntut untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan klien bisnis setelah lulus nanti. Di beberapa perguruan tinggi ada yang menamakan jurusan ini sebagai Manajemen Informatika.

Berkut adalah prospek kerja lulusan sistem informasi :

  • Bussiness Analyst
  • Project Manager
  • IT Manager
  • IT Consultant
  • Information System Manager
  • Programmer

Gelar setelah lulus kuliah

Untuk gelar dari ketiga jurusan tersebut setelah lulus nantinya berbeda-beda misalnya saja jurusan Teknik Informatika yang berada di fakultas teknik kebanyakan setelah lulus nanti akan mendapatkan gelar S.T ada juga yang mendapat gelar S.Komp ini biasanya berada di fakultas ilmu komputer, untuk yang di sekolah vokasi biasanya mendapat gelar S.Tr.Kom.

Untuk yang jurusan Teknik Komputer kebanyakan mendapat gelar S.T dan untuk jurusan Sistem Informasi ada yang mendapat gelar S.Kom dan juga ada yang mendapat gelar S.SI, jadi tergantung dari perguruan tinggi tersebut.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait