Pengetahuan

Pentingnya Customer Relationship Management Bagi Bisnis

Bisnis memiliki berbagai faktor untuk menunjang agar terus berkembang. Layanan pelanggan sangat penting dilakukan agar bisnis mendapatkan review baik pelanggan.

Nuril Hidayah26 November 2022

Halo sobat digital, apakah kamu sedang merintis bisnis? Mengelola bisnis tidak mudah, ada berbagai faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari proses produksi, distribusi hingga sampai ke tangan customer dengan baik. Bisnis dapat tumbuh dengan baik ketika mendapatkan respon positif dari pelanggan. 

Lalu, bagaimana cara agar bisnis kita mendapatkan respon positif? Banyak hal yang dapat kita lakukan mulai dari kualitas produk memberikan layanan customer service terbaik kepada pelanggan. Tidak hanya itu, pemilik usaha juga wajib mengetahui tentang customer relationship management (CRM). Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai apa itu CRM?

Mengenal Apa itu CRM?

Melansir dari SalesForce.com, Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu teknologi interaksi antara perusahaan dengan calon pelanggan. Tujuan adanya CRM untuk meningkatkan hubungan bisnis agar perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan. Selain itu, teknologi CRM ini dapat meningkatkan profitabilitas usaha. 

Lalu, siapa saja yang membutuhkan sistem CRM ini? Teknologi ini sangat dibutuhkan tim sales, customer service, business development, marketing dan lini bisnis lainnya. Sistem CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi pelanggan, mengidentifikasi peluang penjualan, dan mengelola pemasaran melalui aplikasi crm.  

Manfaat CRM Bagi Bisnis

Sistem CRM memiliki berbagai manfaat bagi bisnis Anda. Solusi CRM ini sebagai jembatan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan untuk mendapatkan respon positif konsumen terkait produk atau jasa yang diberikan. Berikut manfaat sistem CRM bagi bisnis Anda, diantaranya:

1. Penghubung Perusahaan dengan Konsumen

Sistem CRM ini membantu perusahaan atau pemilik usaha untuk tetap terhubung dengan konsumen. Interaksi yang dibangun melalui tim sales secara digital mampu memberikan layanan  bagi konsumen. 

Dengan adanya komunikasi antara penjual dan pembeli dapat memberikan kepercayaan bagi konsumen. Kepercayaan ini sangat penting untuk menunjang transaksi konsumen terhadap barang maupun jasa. 

2. Identifikasi Prospek Produk Usaha

Prospek produk usaha dapat juga diambil dari hasil sistem crm perusahaan. Sistem ini  terhubung langsung dengan informasi data pelanggan saat memilih produk usaha. Dengan adanya sistem crm, memungkinkan analisa data untuk identifikasi produk usaha dengan referensi yang lebih banyak terjual. Hal tersebut membuat perusahaan dapat mengusahakan strategi marketing baru terhadap produk dengan daya beli rendah. 

3. Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan menjadi poin penting yang masih terikat  ketika identifikasi prospek produk usaha. Perusahaan dapat mengambil keputusan berdasarkan data konsumen yang tersedia dalam sistem crm. Misal: Perusahaan dapat mengambil keputusan dengan memperbarui kemasan produk agar terlihat menarik. Harapannya dapat meningkatkan daya beli konsumen.

4. Hemat Biaya

Menghemat biaya ini perlu menjadi pertimbangan penting perusahaan untuk menerapkan sistem crm ini. Proses pemasaran dan promosi yang dilakukan secara digital tentu menghemat biaya pengeluaran.

Jika biasanya promosi dilakukan menggunakan brosur dan media cetak. Saat ini, promosi dapat dilakukan secara digital dengan jangkauan lebih luas dan biaya lebih murah. 

5. Membuat Administrasi secara Efisien

Sistem administrasi lebih efisien ketika menerapkan sistem crm ini. Data pelanggan sudah dijadikan satu secara digital, tanpa harus menulis secara manual. Administrasi secara digital memberikan keuntungan bagi perusahaan. Informasi pelanggan yang tersimpan dalam cloud dan mengurangi keresahan akan hilangnya data. 

Nah, itulah beberapa manfaat dari sistem CRM yang harus diketahui oleh pemilik usaha maupun perusahaan. Sistem CRM juga dapat terintegrasi dengan pengelolaan transaksi keuangan melalui aplikasi akuntansi untuk kemudahan akses secara mudah dan otomatis.

Bagaimana, tertarik mencoba sistem CRM untuk usaha Anda? 
 

Share:

0 Komentar