Industri

Pentingnya Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Bagi Perusahaan

Perusahaan yang bergerak di bidang digital tentu juga memiliki cara mengelola sumber daya karyawan untuk menjaga produktivitas dalam bekerja. Lalu, bagaimana cara mengelola sumber daya secara tepat?

Nuril Hidayah24 Oktober 2022

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia (SDM) merupakan pengembangan SDM dengan tujuan melakukan perencanaan, penerapan, perekrutan, pelatihan, pengembangan karier karyawan dan perusahaan. Untuk itu, perusahaan membutuhkan tim Human Resources Department (HRD) untuk mengurus kebutuhan SDM perusahaan. 

Tim HRD memiliki tanggung jawab untuk mengatur karyawan serta relasi karyawan dengan perusahaan. Tim manajemen SDM dapat memberikan karyawan aplikasi hr untuk memantau produktivitas karyawan dan memberikan benefit bagi perusahaan. Pengelolaan SDM perusahaan sangat penting untuk dilakukan agar tercapainy kesehatan bisnis dan tercapainya target perusahaan. 

Manfaat pengelolaan sumber daya manusia

Cara kelola sumber daya manusia bagi tenaga kerja di perusahaan, diantaranya:

  1. Sebagai media rekrutmen kerja dari perusahaan ke calon tenaga kerja.
  2. Produktivitas karyawan semakin meningkat. 
  3. Pelatihan dan pengembangan bagi karyawan.
  4. Sebagai mediator jika terjadi konflik perusahaan dengan karyawan.
  5. Mengawasi serta mengelola pergantian karyawan dengan teliti. 

Tips mengelola SDM secara efektif dan efisien

Berikut beberapa tips mengelola SDM secara efektif dan efisien yang dapat diterapkan tim HRD perusahaan, diantaranya:

1. Meningkatkan keterampilan karyawan

Perusahaan dapat memberikan kegiatan untuk mengasah keterampilan karyawan. Pelatihan ini berguna untuk mengelola SDM karyawan agar dapat eksplorasi keterampilan di bidang lain. Pelatihan yang diberikan sesuai kemajuan untuk bisnis serta perkembangan teknologi. 

2. Memberikan benefit karyawan

Salah satu tips untuk mengelola SDM dengan memberikan benefit bagi karyawan. Benefit yang dimaksudkan berupa fasilitas maupun tunjangan, seperti uang pulsa. Fasilitas untuk kerja seperti laptop, dan masih banyak lagi. Tunjangan ini untuk memberikan fasilitas di luar gaji bagi karyawan agar meningkatkan produktivitas. 

3. Memberikan ruang bounding 

Setiap perusahaan memiliki beberapa tim atau divisi sesuai role yang dikerjakan. Setiap tim memerlukan ruang untuk bekerja karena target atau tujuan mereka sama. Perusahaan dapat memberikan ruang bonding agar anggota tim saling mengenal dan dapat menumbuhkan kerja sama. Hal ini sangat penting sebagai media perusahaan dalam memberikan kenyamanan bagi karyawan. 

4. Meningkatkan profesionalisme

Pengelolaan SDM karyawan perusahaan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Profesionalisme di sini memiliki arti bahwa perusahaan dapat memberikan kesempatan dengan cara menaikkan jabatan kepada karyawan yang berprestasi. Hal ini dapat memberikan semangat bagi karyawna untuk bekerja dengan giat dan bersaing secara sehat. 

Nah, itulah beberapa tips cara mengelola SDM tenaga kerja bagi perusahaan. Semoga membantu yaa...

Share:

0 Komentar