Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

TENTANG KAMI

Jembatan antara dunia riset kampus dengan dunia industri sangat dirasa perlu, melihat kaborasi antara riset anak negeri dengan dunia industri masih jauh dari kata optimal. Padahal kerjasama antara peneliti dan dunia industri sangat perlu dilakukan demi meningkatkan daya saing bangsa dan mewujudkan negara maju. Bila kita melihat data ditahun 2015 yang diterbitkan oleh LIPI, riset yang dimanfaatkan oleh industri hanya sebesar 0,26% (jumlah riset yang dipublikasikan pada tahun 2015 sebesar 35.314 sedangkan yang termanfaatkan hanya 93). Dari 93 riset tersebut, 85 riset dilakukan oleh LIPI. Kolaborasi juga mempengaruhi proses pendanaan.

Anak Teknik Indonesia merupakan startup yang bergerak di bidang media kreatif. Saat ini, fokus usaha anak teknik yaitu pada digital advertising dan pelatihan IPTEK di beberapa daerah di Indonesia. Saat ini 80% anggaran riset di Indonesia berasal dari APBN, sedangkan di negara-negara maju yang terjadi adalah hal sebaliknya yakni 80% pendanaan riset berasal dari industri. Tujuan utama dibentuknya media anak teknik adalah sebagai wadah yang akan menjembatani antara dunia riset (mahasiswa teknik) dan dunia industri untuk dapat saling berkolaborasi secara positif dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Media ini harapannya dapat digunakan untuk forum komunikasi dan kolaborasi antar bidang yang dimiliki masing-masing. Agar menjadi bagian dari solusi, inspirasi, dan kolaborasi dalam menjembatani dunia akademik dan dunia industri. Menjadi akselerator Indonesia Maju, Modern, dan Jaya !