Pengetahuan

Apa Itu NLP ( Natural Language Processing )

Natural Language Processing adalah sebuah program komputer atau cabang ilmu komputer yang berperan seperti pemikiran manusia dan Penggunaan aplikasi NLP sangat luas dan sangat berkaitan erat dengan kecerdasan buatan

Saat kita bicara tentang perangkat pintar salah satunya itu Home Assistant seperti Alexa, Google Home, Cortana, dll.

Home Assistant itu adalah perangkat pintar yang menghubungkan banyak smart device untuk di kontrol dengan cara yang efisien. Alat ini biasanya dilengkapi dengan Artificial Intelligence atau disingkat AI untuk merespon printah yang diminta. AI yang digunakan dalam Home Assistant ini salah satunya menggunakan Natural Language Processing atau disingkat NLP.

Apa itu NLP ? NLP secara dasarnya adalah pengolahan data atau mengolah kata menjadi sebuah informasi, sejarahnya NLP ini dikembangkan oleh Alan Turing pada tahun 1950 tujuannya dibangun untuk memahami manusia dan juga salah satu cabang ilmu Komputer. NLP sangat erat dengan komunikasi, tetapi komunikasi di sini itu antara sebuah program komputer dengan manusia.

Komunikasi yang terjadi antara manusia dengan program komputer adalah proses dari NLP, NLP bertugas untuk mengolah data dari manusia atau komputer dan menghasilkan informasi yang dapat di pahami oleh manusia atau komputer. Informasi yang didapatkan dari NLP memiliki beberapa proses supaya mendapat sebuah informasi, sebelum masuk kedalam proses, NLP memiliki 2 komponen dasar yaitu Natural Language Understanding dan Natural Language Generation.

Komponen NLP DOK.slideshare

Natural Language Understanding  bekerja dengan mengambil beberapa kalimat yang diucapkan atau diketik dan mencari tahu artinya.

Untuk Natural Language Generation yaitu bekerja dengan mengambil beberapa representasi formal dari apa yang ingin dikatakan dan mencari cara untuk mengekspresikannya dalam bahasa alami (manusia) misalnya, bahasa Inggris.

Setelah mengetahui komponen dasar NLP, kita akan membahas tentang prosesnya, proses NLP itu ada lima yaitu Morphological dan Lexical Analysis, Syntactic Analysis, Semantic Analysis, Discourse Integration, dan Pragmatic Analysis.

Untuk Morphological dan Lexical Analysis secara dasarnya adalah memproses sebuah tulisan atau informasi menjadi sebuah paragraf, paragraf menjadi kata dan kata dibagi beberapa bagian.

Morphological dan Lexical Analysis jika dijabarkan akan menjadi Lexicon, Morphology, dan Lexical Analysis.

Lexicon adalah kosa kata yang menyertakannya kata-kata dan ekspresi, Morphology itu menggambarkan dan menganalisis, serta mengidentifikasi dan mendeskripsikan struktur kata, dan Lexical Analysis melibatkan pembagian teks menjadi paragraf, kata-kata dan kalimat.

Proses kedua yaitu Syntactic Analysis merupakan gabungan kata dari Sintaks dan Analisis, Sintaks adalah urutan kata yang tepat dan pengaruhnya terhadap arti.

Sedangkan Analisis adalah kata-kata dalam sebuah kalimat untuk menggambarkan struktur tata bahasa kalimat. Sehingga Kata-kata yang didapat disusun menjadi struktur yang menunjukkan keterkaitan satu sama lain.

Selanjutnya Semantic Analysis yaitu berkaitan dengan arti ( literal ) dari kata, frasa, dan kalimat yang menggambarkan arti kamus atau arti sebenarnya dari sebuah konteks.

Struktur yang dibuat berdasarkan Syntactic Analysis memiliki arti tertentu contohnya "colorless blue idea" pasti akan ditolak dalam Semantic Analysis Bahasa Inggris, karena tidak ada artinya atau maknanya.

Keempat ada Discourse Integration yang dasarnya adalah mencari konteks dari sebuah kalimat atau bisa dibilang sebuah data.

Kalimat yang didapat akan menjadi beberapa bagian yaitu kalimat tunggal yang bergantung pada kalimat sebelumnya dan juga mengacu pada arti kalimat yang mengikutinya. Contohnya Kata "it" dalam kalimat "she wanted it" bergantung pada konteks wacana sebelumnya.

Terakhir Pragmatic Analysis yang menyangkut keseluruhan konteks komunikatif dan sosial yang pengaruhnya terhadap interpretasi.

Pragmatic Analysis mengambarkan penggunaan bahasa yang disengaja dalam berbagai situasi. Terutama kata/kalimat yang membutuhkan sesuatu pengetahuan dengan tujuan memberi pemahaman maksud yang betul dari sebuah kata/kalimat. Contohnya "close the window?" yang seharusnya diartikan sebagai permintaan daripada sebuah perintah.

Dengan lima proses ini NLP dijalankan untuk bisa memahami Bahasa atau perintah yang dibutuhkan.

Kesimpulannya NLP adalah sebuah program komputer atau cabang ilmu komputer yang berperan seperti pemikiran manusia dan Penggunaan aplikasi NLP sangat luas dan sangat berkaitan erat dengan kecerdasan buatan, bisa diaplikasikan kepada berbagai macam ilmu sains, sosial, humaniora dsb.

Share:

0 Komentar