Pengetahuan

5 Cara Terbaik Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

Salah satu hal yang paling berharga bagi setiap mahasiswa adalah waktu. Sehingga mahasiswa perlu mengatur waktunya sebaik mungkin.

Agus Triono17 Mei 2021

Perjuangan untuk menemukan keseimbangan antara mendapatkan nilai bagus, mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, melakukan pekerjaan paruh waktu, memiliki kehidupan sosial, dan masih memiliki waktu tersisa untuk menikmati kesenangan pribadi seperti media sosial atau nonton Netflix sangat terlihat mustahil untuk dilakukan bersamaan.

Kita semua berharap dapat memasukkan hanya satu hal lagi, hanya satu orang lagi, tetapi sayangnya cenderung kita tidak dapat melakukannya karena kurangnya waktu atau salah urus waktu kita.

Itulah mengapa manajemen waktu bagi mahasiswa sangat penting untuk tidak hanya sukses dan bahagia dalam mengejar tujuan Anda, tetapi juga untuk menjaga kewarasan Anda!

5 Cara Terbaik Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

1. Buatlah Kalender atau Agenda

buat kalender atau agenda

Sangat mudah untuk kehilangan jejak tanggal, waktu dan tempat untuk bertemu orang jika Anda tidak pernah menuliskannya. Hal ini dapat membuat Anda bertanya-tanya apakah ujian biografi Anda pada tanggal 26 atau 27… atau mungkin bahkan tanggal 28. Namun, jika Anda memiliki agenda atau kalender yang terawat dengan baik, tidak perlu mencoba dan mengingatnya, karena Anda dapat mencarinya dan tidak perlu menebak-nebak.

Bagian terbaiknya adalah Anda tidak memerlukan agenda yang mewah dan mahal - itu bisa sesederhana kalender dinding, agenda gratis yang disediakan oleh kampus Anda, atau aplikasi agenda / kalender online gratis untuk ponsel Anda.

2. Belajar Mengatakan Tidak

belajar mengatakan tidak

Terlibat kegiatan apapun itu bagus dan dapat memiliki banyak manfaat seperti bertemu orang baru, membangun keterampilan, dan menambah resume Anda . Sebagai seorang mahasiswa, kemungkinan besar Anda selalu diminta untuk bergabung dengan dewan lain, bergabung dengan klub sepulang sekolah, atau bahkan bekerja shift ekstra di pekerjaan paruh waktu Anda. Tetapi Anda tidak selalu harus mengatakan ya.

Komitmen yang berlebihan dapat menjadi penyebab utama manajemen waktu yang buruk. Anda hanya memiliki 24 jam dalam sehari, jadi jika Anda menghabiskan semuanya untuk komitmen pada hal-hal yang tidak penting, Anda akan merasa lelah, kesal, dan tidak dapat berkomitmen pada hal-hal yang benar-benar penting. Menemukan keseimbangan antara komitmen adalah kunci untuk menjadi efektif dalam mengatur waktu Anda.

" Pastikan untuk memberi diri Anda waktu istirahat untuk bersantai dan berefleksi "

3. Lakukan Hal Terpenting Dulu

memprioritaskan hal pentig terlebih dahulu

Mengatasi hal terpenting dalam hari Anda terlebih dahulu dapat membuat menyelesaikan hal-hal kecil menjadi jauh lebih mudah. Email, pesan, dan hal-hal kecil dapat dilakukan di penghujung hari.

Jika Anda meninggalkan tujuan terbesar Anda untuk yang terakhir, seperti belajar untuk ujian sejarah yang penting, maka Anda akan merasa kewalahan, stres dan cemas. Selain itu, mengerjakan sesuatu yang penting dan memakan waktu di penghujung hari dapat memengaruhi hal-hal lain seperti waktu yang dihabiskan untuk tidur malam itu.

4. Berikan Waktu untuk Bersantai

bersantai sambil minum kopi

Pastikan untuk memberi diri Anda waktu istirahat untuk bersantai dan berefleksi. Terkadang mudah untuk melupakan apa yang Anda lakukan dan signifikansinya. Memiliki pikiran yang terlalu banyak bekerja, berantakan dan tidak teratur dapat membuat Anda lebih tidak produktif dalam jangka panjang.

Tarik napas, lari cepat, atau luangkan waktu hanya untuk berpikir agar Anda dapat kembali ke aktivitas atau tugas dengan pola pikir yang lebih jelas dan lebih fokus.

" Menetapkan waktu untuk belajar atau mengerjakan hobi bisa sangat efektif "

5. Tetapkan Waktu Khusus untuk Tugas

membuat prioritas waktu

Menetapkan waktu untuk belajar atau mengerjakan hobi bisa sangat efektif untuk mencapai manajemen waktu yang lebih baik. Mengikuti arus dan melakukan sesuatu pada saat yang paling menarik bisa menjadi kebiasaan buruk untuk dilakukan. Jika Anda berencana untuk belajar pada jam 2 siang sampai jam 5:30, maka belajar dengan baik pada jam 2 siang sampai jam 5:30 tersebut.

Batasan waktu ini akan membantu Anda fokus dan membuat Anda lebih produktif. Ini juga memungkinkan Anda untuk menonton acara favorit Anda pada pukul 10 malam alih-alih belajar seperti yang Anda rencanakan sebelumnya. Setelah Anda menyelesaikan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan, Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan sesuka Anda.

Share:

0 Komentar