Kreatifitas

Belajar Sistem Tenaga Listrik Dari Game? Emang Bisa?

Ingin belajar sistem tenaga listrik tapi males denger penjelasan dosen? Males baca buku? Males nonton penjelasan di youtube juga? Ada solusi lainnya nih, belajar dari main game. Emang bisa ya? Yuk simak artikel berikut.

Akbar2 Agustus 2021

Berbeda dengan dulu, sekarang belajar tidak hanya di kelas dan perpustakaan namun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Sudah banyak media-media yang dapat digunakan untuk belajar saat ini, mulai dari e-book, blog, youtube, film dan bahkan game. Yup, game yang dikenal hanya untuk membuang-buang waktu saja ternyata juga dapat menjadi media pembelajaran loh.

"Tapi kan tidak semua game dapat digunakan sebagai media pembelajaran, apalagi untuk jurusan teknik elektro". Eits, memang benar tidak semua game begitu tapi ada loh game untuk jurusan teknik.elektro. Kalau kamu bilang tidak ada berarti kamu belum tahu nih game yang satu ini, namanya Balance - Power grid.

 

Balance - Power grid

Balance - Power grid merupakan sebuah mobile game untuk Android dan iOS yang dirilis oleh Statnett. Statnett sendiri merupakan operator sistem dari sistem tenaga listrik Norwegia dan game ini dibuat berdasarkan permasalahan-permasalahan nyata yang mereka hadapi setiap harinya.

Balance - Power grid merupakan puzzle game yang dapat dikatakan cukup unik karena bertemakan sistem tenaga listrik. Game ini bertujuan untuk memastikan tidak terjadinya pemadaman listrik pada pelanggan, jaringan listrik berfungsi dengan baik, dan memproduksi listrik sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Balance - Power grid terdiri dari beberapa level dimana tentu saja semakin tinggi levelnya maka semakin sulit pula puzzle yang harus diselesaikan. Di setiap level juga permasalahan sistem tenaga listrik yang dihadapi berbeda-beda pula, beberapa permasalahan tersebut diantaranya yaitu stabilitas sistem, kapasitas penghantar, gangguan, perubahan beban, dan tentunya masih banyak lagi.

 

STABILITAS SISTEM

Pada dasarnya, stabilitas sistem adalah kondisi dimana daya listrik yang dibangkitkan oleh pembangkit sama dengan daya listrik yang diserap oleh beban ditambah rugi-rugi daya (daya listrik yang diserap oleh sistem). Apabila daya yang dibangkitkan oleh pembangkit berbeda dengan beban yang disuplai, maka akan menyebabkan frekuensi (untuk daya aktif) dan tegangan (untuk daya reaktif) menyimpang dari keadaan normal.

Pada game Balance - Power grid, daya listrik yang dibangkitkan oleh pembangkit harus diatur sesuai dengan beban yang disuplai oleh pembangkit tersebut. Beban pada game ini ditentukan oleh jumlah kota yang disuplai oleh pembangkit. Apabila daya listrik yang dibangkitkan oleh pembangkit lebih besar ataupun lebih kecil dari beban yang disuplai oleh pembangkit tersebut maka level tersebut tidak akan dapat diselesaikan.

 

KAPASITAS PENGHANTAR

Suatu penghantar memiliki kapasitas yang dikenal sebagai KHA (Kemampuan Hantar Arus) yaitu batas arus listrik yang dapat dihantarkan oleh suatu penghantar. KHA dipengaruhi oleh jenis dan luas penampang dari suatu penghantar. Semakin besar beban yang disuplai semakin besar pula arus listrik yang mengalir, begitupun sebaliknya. Karena itu, semakin besar beban yang disuplai dibutuhkan penghantar dengan KHA yang lebih besar.

Pada game Balance - Power grid tidak menyebutkan KHA penghantar, namun terdapat beberapa level penghantar. Penghantar level 1 digunakan untuk menyuplai beban berupa satu kota, penghantar level 2 untuk menyuplai beban berupa dua kota, dan begitu seterusnya. Apabila penghantar level 1 digunakan untuk menyuplai dua kota, maka akan terjadi overload (kelebihan beban) seperti pada gambar.

 

GANGGUAN

Suatu sistem tenaga listrik sudah pasti tidak akan lepas dari yang namanya gangguan, mulai dari gangguan akibat cuaca, pohon, hewan, dan lainnya. Apabila terjadi gangguan, maka sistem tenaga listrik akan mengalami pemadaman hingga gangguan tersebut berhasil diatasi. Untuk mencegah terjadinya pemadaman, maka perlu adanya penghantar cadangan yang bekerja apabila penghantar utama mengalami gangguan.

Begitu pula pada game Balance - Power grid, pada level-level tertentu terdapat berbagai macam kejadian yang dapat terjadi dan salah satunya adalah gangguan. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja harus dibangun penghantar cadangan untuk menggantikan penghantar utama yang mengalami gangguan. Dalam membangun penghantar utama dan penghantar cadangan tetap harus memperhatikan kapasitas penghantar.

 

PERUBAHAN BEBAN

Beban pada sistem tenaga listrik tidak selalu sama namun berubah-ubah tergantung pada pemakaian listrik oleh pelanggan. Perubahan beban tentu saja harus diikuti perubahan daya yang dibangkitkan oleh pembangkit untuk menjaga stabilitas sistem. Untuk mengatasi perubahan beban, pembangkit diklasifikasikan menjadi pembangkit beban dasar, pembangkit beban menengah, dan pembangkit beban puncak.

Pada game Balance - Power grid, perubahan beban merupakan salah satu kejadian yang dapat terjadi pada level-level tertentu seperti gangguan. Karena pada game ini hanya terdapat satu jenis pembangkit, maka apabila terjadi perubahan beban yang dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengatur ulang daya yang dibangkitkan oleh pembangkit hingga sesuai dengan beban yang baru.

 


Meskipun bertemakan sistem tenaga listrik, game Balance - Power grid ini ditujukan untuk kalangan umum dan bukan untuk ahli ketenagalistrikan. Karena itu, meskipun didasarkan pada permasalahan-permasalahan nyata sistem tenaga listrik namun tetap dibuat sesederhana mungkin untuk kalangan umum.

Jadi apakah tertarik untuk mencoba game Balance - Power grid? Atau mungkin sudah coba memainkannya? Atau bahkan udah tamat main game satu ini? Buat yang udah coba main atau bahkan udah tamat, yuk boleh sharing pengalamannya main game Balance - Power grid di kolom komentar.

Share:

0 Komentar