Kreatifitas

Belajar Teknik Elektro Dari Anime Dr. Stone (Part 1)

Anime bukan hanya sekedar hiburan namun juga memberi edukasi. Dr. Stone merupakan salah satu anime yang memberi edukasi dari penemuan-penemuannya. Anak Teknik akan membahas penemuan-penemuan di anime Dr. Stone khususnya di bidang teknik elektro.

Akbar16 Mei 2021

Siapa yang tidak tahu apa itu anime? Meskipun kalian bukan penikmatnya pasti kalian setidaknya tahu apa itu anime. Animasi asal Negeri Sakura yang telah mendunia ini sering dijadikan pelarian bagi mahasiswa dari banyaknya tugas-tugas kuliah.

Tapi siapa sangka bukan hanya sekedar hiburan namun anime juga memberi edukasi bagi para penontonnya. Dr. Stone merupakan salah satu anime yang ga cuma menghibur namun juga memberi edukasi dari penemuan-penemuannya. 

Penasaran penemuan apa saja yang ada di anime Dr. Stone? Anak Teknik akan membahas penemuan-penemuan yang ada di anime Dr. Stone, eits tapi khusus bidang teknik elektro aja ya.

1. Generator Listrik Statis

generator listrik statis

Ini bisa kalian temukan di anime Dr. Stone episode 7. Disini sang tokoh utama, Ishigami Senkuu menggosok-gosok bola sulfur kemudian rambutnya berdiri dan dia dapat menyetrum karakter lainnya yaitu Chrome seakan-akan dia punya kekuatan sihir.

Hal ini prinsipnya persis dengan yang pernah kita lakukan pas zaman SD dulu, gosok-gosok penggaris ke rambut terus penggarisnya bisa menarik serpihan kertas. Prinsip ini dikenal dengan fenomena listrik statis, yaitu adanya gaya tarik-menarik antar muatan listrik berbeda jenis dan gaya tolak-menolak antar muatan listrik sejenis. 

Dalam adegan terlihat ketika Senkuu menggosok-gosok bola sulfur dia menerima banyak muatan listrik negatif. Karena seluruh tubuhnya termasuk rambutnya bermuatan sejenis yaitu muatan negatif, maka rambutnya menjauhi tubuhnya sehingga rambutnya berdiri. Ketika dia menyentuh Chrome, muatan negatif di tubuh Senkuu berpindah ke Chrome dan ia kesetrum.

2. Magnet

magnet dr stone

Pada episode 9 Dr. Stone, kalian bisa melihat Senkuu membuat magnet. Disini senkuu membuat magnet dari sebatang besi yang dililit kawat. Tapi cara buatnya mungkin cukup mengejutkan karena Senkuu membuatnya dengan menggunakan petir.

Sebenarnya sebelum Senkuu udah ada yang duluan ngelakuinnya, beliau adalah Dr. Peter Wasilewski seorang mantan ilmuwan NASA. Proses pembuatan magnet menggunakan petir ini memanfaatkan prinsip elektromagnetik. Prinsip ini membutuhkan adanya arus listrik, namun karena Senkuu tidak mempunyai listrik jadinya dia menggunakan petir sebagai gantinya. 

Prinsip elektromagnetik memanfaatkan medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik untuk diinduksikan ke bahan yang akan dijadikan magnet. Inilah guna kawat yang melilit batang besi tersebut, untuk menghasilkan medan magnet yang nantinya akan diinduksikan ke batang besi. Oh iya, bahan yang dijadikan magnet harus bahan ferromagnetik ya.

3. Homopolar Generator

homopolar generator

Ini juga ada di Anime Dr. Stone episode 9, dibuat dengan memanfaatkan magnet yang telah dibuat sebelumnya. Karena sebelumnya Senkuu ga mempunyai listrik jadinya dia buat listriknya sendiri dengan menggunakan benda ini, yaitu Homopolar Generator.

Homopolar Generator atau dikenal juga dengan Faraday Disc ini ditemukan oleh Bapak Listrik kita, yaitu Michael Faraday. Homopolar Generator ini bekerja dengan memanfaatkan hukum faraday dalam membangkitkan listrik arus searah atau DC, yaitu apabila terjadi perubahan arah medan magnet pada suatu penghantar maka akan menimbulkan gaya gerak listrik. 

Adegan ini diperlihatkan ketika Kinro dan Ginro memutar piringan. Putaran piringan tersebut yang menyebabkan terjadinya perubahan arah medan magnet yang ditimbulkan magnet terhadap penghantar. Untuk arah arus listriknya mengikuti kaidah tangan kanan fleming dimana tergantung dari arah medan magnet dan arah gaya gerak.

 

Share:

0 Komentar