Teknologi

Mengenal Neutral Grounding Resistor pada Transformator Daya

Salah satu komponen yang digunakan pada Transformator Daya adalah Neutral Grounding Resistor. Apa itu Neutral Grounding Resistor? Apa fungsinya dan apa saja jenisnya?

Akbar11 Juni 2021

Dalam memilih sistem proteksi untuk sistem distribusi tegangan menengah perlu diperhatikan sistem pentanahan dari sisi sekunder (sisi tegangan rendah) transformator daya yang menyuplai sistem distribusi tersebut. Sistem pentanahan transformator daya sendiri ada berbagai macam, yaitu sebagai berikut :

1. Pentanahan Langsung (Solid)

Pentanahan Langsung yaitu pentanahan titik netral sisi sekunder transformator daya secara langsung tanpa menggunakan tahanan.

2. Pentanahan Dengan Tahanan Tinggi (High Resistance)

Pentanahan Dengan Tahanan Tinggi yaitu pentanahan titik netral sisi sekunder transformator daya dengan menggunakan tahanan tinggi sebesar 500 Ohm.

3. Pentanahan Dengan Tahanan Rendah (Low Resistance)

Pentanahan Dengan Tahanan Rendah yaitu pentanahan titik netral sisi sekunder transformator daya dengan menggunakan tahanan tinggi sebesar 40 Ohm untuk SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) dan 12 Ohm untuk SKTM (Saluran Kabel Tegangan Menengah).

4. Pentanahan Mengambang (Floating)

Pentanahan Mengambang yaitu titik netral sisi sekunder transformator daya tidak ditanahkan.

 

Pentanahan transformator daya dengan tahanan baik tahanan tinggi ataupun tahanan rendah menggunakan komponen yang dikenal sebagai Neutral Grounding Resistor. Kali ini Anak Teknik bakal ngebahas apa itu Neutral Grounding Resistor? Apa fungsinya? Serta apa saja jenis-jenisnya?

 

Neutral Grounding Resistor

Neutral Grounding Resistor atau disingkat NGR adalah sebuah tahanan yang dipasang secara seri di antara titik netral sisi sekunder transformator daya dengan tanah (ground). Penggunaan Neutral Grounding Resistor ini bertujuan untuk mengontrol besarnya arus gangguan yang mengalir dari titik netral menuju tanah. Neutral Grounding Resistor tidak hanya digunakan pada transformator daya, namun juga digunakan pada generator.

 

Fungsi Neutral Grounding Resistor

Neutral Grounding Resistor memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :

  • Memperkecil arus gangguan satu fasa ke tanah yang muncul jaringan tegangan menengah guna mencegah kerusakan pada transformator daya dan/atau generator.
  • Memperkecil tegangan lebih sesaat yang diakibatkan oleh pemutusan seketika guna memperpanjang masa pakai switchgear.
  • Memperkecil tegangan langkah hingga ke nilai yang tidak berbahaya bagi operator.

 

Jenis-Jenis Neutral Grounding Resistor

Ada 2 jenis Neutral Grounding Resistor, yaitu :

1. Solid Neutral Grounding Resistor

Solid Neutral Grounding Resistor terbuat dari berbagai bahan logam. Bahan logam yang digunakan yaitu berupa Stainless Steel, Cast Iron, Copper Nickel, atau Nichrome yang diatur sesuai dengan nilai tahanannya.

Sumber : ee.co.za

 

2. Liquid Neutral Grounding Resistor

Liquid Neutral Grounding Resistor terbuat dari larutan air murni yang ditampung dalam bejana. Larutan air murni tersebut ditambahkan dengan garam (NaCl) untuk memperoleh nilai tahanan yang diinginkan.

Sumber : ee.co.za

 

Share:

0 Komentar