Pengetahuan

Teorema Rangkaian Listrik: Teorema Thevenin Vs Theorema Norton

Salah satu metode dalam menganalisis rangkaian listrik adalah dengan menggunakan teorema rangkaian listrik. Teorema rangkaian listrik terdiri dari Teorema Thevenin dan Teorema Norton, apa perbedaan antara keduanya?

Akbar15 Juni 2021

Dalam menganalisis rangkaian listrik ada berbagai metode yang dapat digunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan teorema rangkaian listrik. Teorema rangkaian listrik menggantikan suatu rangkaian listrik dengan rangkaian ekivalen yang lebih sederhana, teorema rangkaian listrik terdiri dari Teorema Thevenin dan Teorema Norton. Apa perbedaan antara kedua teorema tersebut?

 

Teorema Thevenin

Seorang teknisi telegraf dari Prancis, yaitu M. Leon Thevenin (1857-1926) pada tahun 1883 menemukan Teorema Thevenin. Teorema thevenin dapat menggantikan suatu rangkaian listrik linier dengan rangkaian yang lebih sederhana, yaitu rangkaian ekivalen thevenin.

 

Teorema Thevenin menyatakan bahwa suatu rangkaian linier dengan dua terminal dapat digantikan dengan rangkaian ekivalen thevenin yang hanya terdiri dari satu sumber tegangan VTH yang terhubung secara seri dengan satu tahanan RTH.

 

VTH merupakan nilai tegangan pada terminal beban saat beban dihubung buka (open circuit), sedangkan RTH merupakan nilai tahanan ekivalen yang dilihat dari terminal beban saat beban dihubung buka dan seluruh sumber bebas dihilangkan. Sumber tegangan dihilangkan dengan cara hubung singkat dan sumber arus dihilangkan dengan cara hubung buka.

 

Teorema Norton

Pada tahun 1926, seorang teknisi Amerika di Bell Telephone Laboratory yaitu E. L. Norton (1898-1983) menemukan Teorema Norton. Teorema norton dapat menggantikan suatu rangkaian listrik linier dengan rangkaian yang lebih sederhana, yaitu rangkaian ekivalen norton.

 

Teorema Norton menyatakan bahwa suatu rangkaian linier dengan dua terminal dapat digantikan dengan rangkaian ekivalen norton yang hanya terdiri dari satu sumber arus IN yang terhubung secara paralel dengan satu tahanan RN.

 

IN merupakan nilai arus yang melalui terminal beban saat beban dihubung singkat (short circuit), sedangkan RN merupakan nilai tahanan ekivalen yang dilihat dari terminal beban saat beban dihubung buka dan seluruh sumber bebas dihilangkan. Nilai RN pada rangkaian ekivalen norton sama dengan nilai RTH pada rangkaian ekivalen thevenin.

 

Transformasi Sumber

Apabila kalian ingin mencari rangkaian ekivalen thevenin dan rangkaian ekivalen norton pada suatu rangkaian listrik, kalian tidak perlu menggunakan teorema thevenin dan teorema norton namun cukup hanya menggunakan salah satunya. Rangkaian ekivalen thevenin dapat kalian ubah menjadi rangkaian ekivalen norton dengan menggunakan transformasi sumber, begitupun sebaliknya.

 

Transformasi Sumber merupakan proses mengubah rangkaian yang terdiri dari satu sumber tegangan yang terhubung secara seri dengan satu tahanan menjadi rangkaian yang terdiri dari satu sumber arus yang terhubung secara paralel dengan satu tahanan, ataupun sebaliknya.

Share:

0 Komentar