Teknologi

Apa itu Smart Tag : Gantungan Kunci Anti Hilang, Produk Baru Samsung

Gatungan Kunci Anti Hilang ala Internet of Thing, mencari barang lebih mudah denga bantuan smart tag yang dapat diakses melalui smartphone

Michael oliver6 Mei 2021

Smart tag merupakan produk internet of thing (IoT) yang akan menjadi tren terbaru di 2021 ini. Produsen smartphone kelas kakap seperti Samsung dan Apple berlomba-lomba mengeluarkan produk Smart Tag versi nya  masing-masing. Samsung baru - baru ini mengeluarkan Samsung Galaxy Smart Tag+, berbasis teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) perangkat Smart Tag Samsung ini sudah dapat di beli di marketplace dengan kisaran harga 180 ribu an sampai dengan 200 ribu an per buah.

Tak kalah dengan Samsung, Apple mengeluarkan smart tag versi sendirinya yang bernama AirTag, untuk harga AirTag dapat dibeli di marketplace dengan kisaran harga dari 600 ribuan sampi dengan 1 jutaan untuk setiap pembelian paket 4 buah AirTag.

Apa itu smart tag dan fungsinya ?

Fungsi dari smart tag seperti GPS tracker. GPS tracker memanfaatkan satelit untuk melacak posisi kita secara global, akurasi yang dihasilkan untuk menujukkan posisi kita secara titik koordinat latitude dan longitude. Dalam hal ini untuk melacak barang yang terselip tidak sesuai, meskipun kita sudah mencapai titik kordinat belum tentu kita dapat menemukan barang yang kita cari.

Smart tag punya teknologi ble memiliki lingkup pencarian kecil namun dengan akurasi lebih baik dari gps tracker. Teknologi BLE akan memancarkan sinyal sehingga kita dapat mencari keberadaan smart tag . Dengan bantuan program yang disediakan oleh pabrikan smartphone, posisi barang yang hilang pada radius 100 - 300 meter dapat dilacak sinyal dari smart tag tersebut. Hal ini akan memudahkan menemukan barang yang terselip dibawah sofa maupun yang tertutup tidak terlihat.

Bagaimana cara menggunakan smart tag ?

Pasang smart tag dengan baterai sesuai dengan petunjuka masing-masing pabrikan. Setelah dipasang, smart tag bersifat pasif dan akan langsung menyala. Smart tag perlu di setting pada smartphone masing-masing untuk didata pada smartphone kita. Selanjutnya smart hanya perlu disematkan pada barang-barang tersayang kita. Untuk Airtag dari apple smart tag dikeluarkan dalam bentuk gantungan kunci ataupun dapat ditempelkan langsung pada barang. Untuk Smarttag+ dari samsung, smart tag berupa gantungan kunci.

Singkat cerita bagi teman-teman yang sering kehilangan gantungan kunci atau suka lupa dalam menaruh barang, dapat dipetimbangkan untuk membeli smart tag. Daripada mencari hingga lama tinggal mengeluarkan smartphone, kita dapat dengan mudah menemukan barang kesayangan kita.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait