Pengetahuan

4 Macam Bahan Pembuatan Kapal Laut

Dalam merancang sebuah kapal, metode pemilihan material dalam pembuatannya merupakan hal yang harus diperhatikan, berikut adalah berbagai jenis material pembuat kapal.

Alif nur rochmad23 Juli 2021

Halo sob, Kembali lagi dengan mimin, yang akan membahas tentang seputar dunia perkapalan.

Kali ini kita akan membahas material penyusun dari sebuah kapal, dan material penyusun tersebut akan sangat berkaitan dengan fungsi utama dari kapal itu sendiri sob.

Bahan pembuatan kapal terdiri dari berbagai macam material serta tergantung dari tujuan serta maksud pembuatan dari kapal itu sendiri. Umumnya pemilihan bahan dipengaruhi faktor ekonomi dan fungsi.

Buat yang penasaran? Mimin akan rangkum menjadi 4, berikut sob.

1. Kapal Kayu

Kapal Kayu adalah sebuah dengan dengan material penyusunnya baik kulit maupun seluruh konstruksinya terbuat dari kayu sob. Biasanya digunakan untuk pembuatan kapal nelayan atau kapal tradisional masyarakat bugis, yaitu kapal Pinisi. Namun sekarang udah mulai sedikit yang buat sob, alasannya ya karena kayu semakin sulit didapat.

pembuatan kapal kayu

 

2. Kapal Fiberglass

Kapal Fiberglass adalah kapal yang seluruh bagian konstruksi dari kapal itu terbuat dari material FRP, atau kita menyebutnya kapal fiber. Nah kapal fiber ini merupakan salah satu inovasi untuk mengatasi kelangkaan material kayu yang semakin sedikit.

Keunggulan dari material kayu adalah fiberglass lebih ringan, mudah diaplikasikan, dan tentunya tahan lama sob. Banyak kapal boat, kapal ferry, kapal patrol, bahkan kapal nelayan modern yang sudah beralih ke fiberglass.

pembuatan kapal fibergrass

 

3. Kapal Ferro Cement

Kapal Ferro Cement dibuat dari bahan semen yang diperkuat dengan baja sebagai tulang – tulangannya, jadi tetep pakai baja sebagai tulangnya ya sob. Selain itu tulangan ini juga digunakan sebagai tempat peletakan campuran semen hingga menjadi satu kesatuan yang benar – benar homogen, artinya bisa menahan beban tekan dari semennya dan beban punter dari tulangan baja nya. Salah satu aplikasi dari kapal ferro cement adalah floating dock karena membutuhkan pondasi yang keras untuk menopang kapal.

pembuatan kapal ferro cement

 

4. Kapal Baja

Kapal baja ini tentu saja seluruh konstruksi terbuat dari baja, jadi temen – temen pasti sudah nggak asing lagi kan sama kapal baja ini. Kapal baja ini umumnya menggunakan sistem penyambungan dengan cara pengelasan sob. Kapal pertama yang menggunakan sistem konstruksi las pertama adalah kapal Liberty, yang udah pernah dipakai waktu perang dunia II loh. Contoh dari pengaplikasian kapal baja ada banyak banget lo, ada kapal niaga, kapal penumpang, kapal angkut Ro-Ro, kapal perang, hingga kapal selam.

pembuatan kapal laut perang

Oke, sekian dulu, sampai ketemu di artikel selanjutnya

See you until next time….

Share:

0 Komentar