Pengetahuan

Ada Peristiwa Cold Boiling pada Propeller Kapal

Proses perebusan air pada umumnya pasti membutuhkan sumber panas misalnya api, filamen pemanas, atau hal lainnya. Namun apakah proses perebusan air harus memanfaatkan panas?

Alif nur rochmad9 Agustus 2021

Halo sob, kali ini kita akan ngebahas tentang salah satu fenomena yang sering terjadi pada propeller.

Fenomena ini adalah Cold Boiling¸ apa itu cold boiling dan bagaimana dampaknya terhadap propeller akan kita bahas satu -satu nih sob.

Proses perebusan pada air

Pertama – tama kita bahas dulu apa itu proses perebusan. Proses perebusan adalah proses merebus (dalam konteks ini adalah air) sehingga terjadi kenaikan tekanan pada fluida tersebut. Pada umumnya proses perebusan dapat dilakukan dengan cara memanaskan air, bisa menggunakan perangkat pemanas apapun. 

Dari proses perebusan itu tentu saja terjadi kenaikan tekanan air sehingga akan timbul letupan bubble atau bola – bola udara. Pasti peristiwa ini pernah kita jumpai ketika kita sedang merebus air di panci atau teko air kan sob. Pada perebusan dengan metode hot boiling ini selain terjadi perubahan tekanan juga terdapat peningkatan suhu dan perpindahan kalor sob. Lalu bagaimana dengan dengan cold boiling?

Cold boiling

Cold boiling adalah salah satu peristiwa perebusan atau boiling dengan cara yang tidak umum kita lakukan. Kenapa? Ya karena yang kita butuhkan ketika merebus air kan panas air nya, supaya bisa digunakan untuk membuat kopi, bikin mie instant, mandi air hangat. 

Cold boiling ini sangat jarang kita jumpai atau kita tidak menyadarinya. Cold boiling itu sendiri adalah salah satu metode perebusan tanpa menggunakan sumber panas sob.

Wih, bagaimana bisa bro? Pasti belajar dari om Deddy kan?

Eitts…tunggu dulu, ada penjelasannya sob. Jadi peristiwa perebusan itu ada banyak caranya, ada yang dengan pemanasan, ada yang dengan cara dingin. Yang perlu kita garis bawahi adalah terjadinya perubahan tekanan sehingga nantinya akan timbul buih atau Bubble udara pada air sob. 

Salah satu channel Youtube yang bernama “BBC Earth Lab” dengan judul video “Boiling Water Without Heat” dengan durasi kurang lebih 3 menit menjelaskan bagaimana sebuah air dapat mendidih akan dengan meningkatkan tekanan pada air tersebut. Buat yang penasaran bisa langsung searching aja ya sob.


Apa Hubungannya dengan Propeller?​

propeller

Peristiwa kavitasi pada propeller

Dalam ilmu perkapalan, fenomena Cold Boiling bisa ditemui pada propeller kapal, atau istilah kerennya dalam perkapalan yaitu fenomena kavitasi. Kavitasi adalah fenomena penguapan air (boiling) sehingga timbul buih atau gelembung pada area sekitar propeller sob. Seperti yang sudah disinggung pada bahasan cold boiling, pada peristiwa ini terjadi proses boiling sehingga terjadi kenaikan tekanan yang ekstrim. 

Kavitasi ini disebabkan oleh beberapa penyebab, yaitu bentuk propeller yang sudah cacat, sudut tajam pada tepi depan, pemasangan propeller yang kurang tepat, sampai kecepatan propeller yang terlalu tinggi sob. Kavitasi bisa terjadi pada sisi muka atau sisi hisap pada daun propeller. Akibat dari peristiwa kavitasi ini, maka daun propeller lama kelamaan akan mengalami kerusakan

 

peristiwa kavitasi pada propeller

Sumber : http://www.olds.com.au/marine/terminology.html

Akibat dari Kavitasi

  • Timbul erosi dan getaran yang menyebabkan daun retak, karena disebabkan oleh aksi mekanis dan gelembung kavitasi
  • Efisiensi propeller turun sehingga tidak dapat menghasilkan gaya propulsi yang optimum.

Kesimpulan

Salah satu peristiwa cold boiling adalah fenomena kavitasi pada propeller, dimana kavitasi tersebut dapat menghasilkan korosi pada daun propeller. Tentu saja kavitasi dapat menimbulkan kerugian apabila tidak ditangani.

 

 

Share:

0 Komentar