Pengetahuan

Bagaimana Jika Kapal Mengalami Kebanjiran? Gimana cara Ngurasnya?

kapal mungkin saja mengalami kebanjiran di dalam kapal bukan karena kebocoran, namun bisa disebabkan karena karena kebocoran tangka pada kapal. Apa saja cara mengatasinya?

Alif nur rochmad6 Agustus 2021

Pada topik kali ini kita akan membahas tentang sedikit tentang bagaimana jika kapal mengalami kebanjiran?

Lah emang bisa ngalamin kebanjiran?

Ya bisa dong, ya bisa dong, begini penjelasannya

Penjelasan

Pernah nggak temen – temen berpikir caranya ngeluarin air yang mungkin membanjiri kapal. Baik kebanjiran pada deck kapal, kamar mesin, atau ruang akomodasi. Jadi kita perlu sistem ataup perlengkapan khusus untuk menangani hal tersebut, karena bisa saja terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan.

Kerugian dari kebanjiran pada kapal

  • Menambah berat kapal, bisa saja hal ini disebabkan air laut yang masuk ke deck kapal atau air hujan yang menggenangi kapal.
  • Menimbulkan korsleting, ya tentu saja untuk bagian kelistrikan kapal harus selalu kering dan tidak boleh tergenang air sob.
  • Kenyamanan, baik dari kenyamanan teknisi pada kapal (permesinan, perpipaan, dan kelistrikan), ABK kapal, maupun penumpang kapal tentunya nggak nyaman banget kan misalnya bangun tidur udah tergenang air di kaki.

Cara Kerja Penanggulangan Banjir

Oiya sob, ini bukan cara penanggulangan banjir di kota – kota besar ya sob, tapi ini khusus untuk kapal.

Untuk sistemnya sering dinamai dengan sistem bilga, karena sistem ini berada di bagian bawah kapal, ya tentu aja air akan lebih mudah dikumpulkan dibawah.

kebanjiran pada kapal

Cara kerja sistem bilga

Cara kerja sistem ini bertujuan utuk menampung berbagai zat cair kedalam sebuah tempat bernama bilge well (sumur bilga), kemudian zat cair tersebut dihisap dengan menggunakan pompa bilga dengan ukuran tertentu. Tujuannya supaya bisa dkeluarkan dari kepal melalui Overboard (Katub pembuangan pada kapal).

Fluida yang mengandung minyak, dn tercecer didalam kamar mesin dapat ditampung di bilge well. Posisinya terletak dibawah mesin induk, dan nantinya akan disalurkan menuju Incenerator dan Oily Water Separator supaya dipisah antara air dan kotoran yang tercampur dapat dikeluarkan melalui Overboard.

Incenerator dan Oily Water Separator (OWS)

Sedikit menyinggung tentang peralatan ini ya sob. Jadi Oily Water Separator atau kita sebut OWS adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memisahkan air dan minyak. Lalu setelah dipisahkan, air akan dibuang melalui overboard dan minyak sisa akan dialirkan ke Incenerator.

Fungsi Incenerator adalah untuk membakar minyak sisa tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa kita dilarang membuang limbah baik minyak, bahan kimia, atau limbah ke laut ya sob, jadi tetap jaga lingkungan laut.

Fungsi Sistem Bilga (Anti Banjir)

Sistem bilga berfungsi untuk melakukan pemompaan terhadap fluida yang berada pada double bottom. Dengan demikian fluida yang bercampur dengan minyak bisa dilakukan prosesing dan air yang ada dapat dibuang keluar melalui oberboard.

sistem bilga

Jadi itu tadi adalah cara untuk menanggulangi kebanjiran pada kapal ya sob, kalau kebanjiran di Jakarta mimin kurang tau nih. Atau mungkin bisa diterapin juga sistemnya buat nangani banjir di kota hehehe.

 

Sekian dulu, dan semoga bermanfaat

Like jika suka dan bagikan ke temen – temen

See you until next time….

Share:

0 Komentar