Pengetahuan

Benarkah Kapal Tenaga Matahari Datang dengan Meminta Bantuan Avatar?

Umumnya kapal di Indonesia digerakkan oleh mesin diesel sebagai penggerak utama kapal tersebut. Namun seiring perkembangan teknologi, banyak pakar bidang perkapalan yang melakukan inovasi. Salah satunya yaitu kapal tenaga matahari

Alif nur rochmad23 Juli 2021

Kapal merupakan sebuah sarana trasnportasi yang tentunya sudah familiar bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia saat ini, mulai dari kapal niaga, kapal penumpang, kapal wisata, kapal patrol, kapal rumah sakit, hingga kapal perang.

Seiring perkembangan teknologi, banyak ilmuwan dalam bidang perkapalan yang turut berinovasi untuk menciptakan sebuah inovasi mutakhir. Disamping itu, dengan semakin sedikitnya bahan bakar dari batu bara, minyak bumi, gas alam, yang bahkan kita tidak tahu entah 10 tahun atau 20 tahun kedepan bakal habis sob.

Oleh karena itu banyak pakar perkapalan yang menciptakan sebuah inovasi salah satunya sistem propulsi pada kapal yang ramah lingkungan dan dapat diperbarui sob. Salah satunya kapal dengan sumber tenaga dari matahari. Nah salah satu inovasi ini yang nanti akan kita bahas sob.

Jadi apa itu kapal tenaga matahari? Apakah kapal yang digerakkkan dengan bantuan avatar pengendali matahari? Tentu tidak dong wkwk

Jadi kapal pembangkit mahatari adalah salah satu sistem sumber energi yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi utama sob. Gampangnya, sinar matahari nantinya akan diserap dengan perangkat khusus lalu di konversikan dan dapat disalurkan ke motor elektrik sob.

rancangan panel untuk tenaga surya

Jadi alat – alat apa saja yang diperlukan, berkut :

Solar Panel

Solar panel atau panel surya berfungsi untuk menyerap dan mengubah sinar matahari menjadi listrik, biasanya peletakan panel surya diletakkan pada bagian atas deck atau bagian sisi samping kapal sob. Posisi peletakannya pun harus tepat agar sinar matahari yang mengenai dapat maksimal. Luasan dari panel surya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan daya dari kapal tersebut sob.

solar panel untuk kapal

Baterai

Diperlukan untuk menyimpan kelebihan listrik untuk digunakan waktu malam hari, yakali malam hari ada sinar matahari kan sob. Jadi waktu malam hari panel surya tersebut tidak beroperasi, jadi apabila kapal beroperasi pada malam hari dapat menggunakan cadangan energi listrik dari baterai tersebut sob. Lalu pada siang hari bisa dilakukan pengisian ulang lagi sob.

baterai

Controller

Controller atau charge controller berfungsi agar dapat mengendalikan pengisian atau jumlah daya yang masuk pada baterai dengan menggunakan controller ini sob. Sehingga dapat dialihkan untuk kebutuhan daya lainnya. Selain itu, controller juga dapat digunakan untuk memutus sumber energi apabila sudah tidak digunakan.

Inverter

Inverter ini berfungsi untuk mengubah arus searah / DC menjadi arus bolak / AC yang digunakan di sebagian besar peralatan di kapal. Jadi apabila pengen nyalain rice cooker atau kipas kita memerlukan inverter DC – AC untuk mengubah arus DC dari baterai atau panel menjadi arus AC, supaya bisa digunakan sob.

Electric Engine

Electric engine / mesin elektrik fungsinya sebagai penggerak utama dari kapal tersebut sob. Jadi mesin elektrik tersebut kalau siang menggunakan energi dari panel surya, namun kalau malam hari menggunakan energi dari baterai sob.

motor listrik kapal tenga surya

 

Keuntungan Pemakaian Kapal Tenaga Matahari

  • Keuntungan bahan bakar yang lebih rendah
  • Emisi yang lebih rendah
  • Memberikan jejak karbon yang lebih ramah lingkungan
  • Kapasitas motor listrik
  • Garansi Aftersale
Share:

0 Komentar