Pengetahuan

Bikin Kapal dari Plastik ? Emang bisa?

HDPE adalah salah satu jenis plastic yang sudah kita kenal, lalu bagaiama jadi jika material HDPE diaplikasikan dalam salah satu material pembuatan kapal?

Alif nur rochmad21 Agustus 2021

Pengertian Material Kapal HDPE

Sebelum kita lanjut ngebahas tentang kapal HDPE, terlebih dahulu kita harus tau apa itu material HDPE. Jadi sederhananya, HDPE kepanjangan High Density Polyethylene merupakan salah satu bahan material dari jenis material plastic sob. dimana salah satu produk yang sering kita temui seperti kantong plastik, plastic roll atau bahkan plastic lembaran.

Dalam kehidupan sehari – hari pun masyarakat Indonesia lebih mengenal HDPE dengan sebutan kantong HD (bukan High Definition ya? Itu kualitas resolusi layar). Atau kita sering mendengar istilah kantong kresek, kantong asoy, atau shopping bag.

Proses pembuatan HDPE berasal dari minyak bumi yang diekstrak menjadi gas/LPG, Nafta, Solar, Kerosine, maupun Residu. Lalu hasil dari Nafta diolah Kembali menjadi Thermoplastic, sehingga turunan dari Thermoplastic yaitu HDPE berbentuk granule. Sehingga dapat diolah menjadi beberapa peralatan, yang salah satunya adalah jenis kapal HDPE. 

Apa itu Kapal HDPE

Pasti temen – temen udah tau dari namanya nih. Yups, kapal HDPE adalah kapal yang terbuat dari bahan HDPE atau High Density Polyethylene. Sehingga kapal ini memiliki material penyusun berupa HDPE, mulai dari lambung kapal, geladak, hingga bangunan atas serta konstruksi yang menjadi penguatnya. 

Kapal ini juga memiliki keunikan yaitu tidak mudah tenggelam karena konstruksi lambung pada kapal HDPE dibuat dengan 2 jumlah lapisan atau disebut dengan double bottomed. Konstruksi pada pipa HDPE diisi dengan polystyrene blocks untuk mengurangi masuknya air kedalam lambung ketika terjadi kebocoran sob.

Selain itu, kapal HDPE juga memiliki daya tahan terhadap gelombang laut hingga Sea Stage 3 dan mampu bertahan hingga kemiringan 40 derajat sob. sehingga dari segi keamanan nggak diragukan lagi lah. Dalam penerapannya pun , kapal HDPE ini bisa diterapkan pada kapal wisata, kapal penumpang, termasuk kapal militer sekalipun. Karena memiliki kombinasi “V” bottom dan pipa HDPE sehingga stabilitas dan kemampuan maneuvering yang baik.

 

gambar kapal HDPE

 

Keunggulan Menggunakan Kapal HDPE

Bisa di Recycle dan Tahan lama

Kapal ini memiliki umur pemakaian yang cukup panjang yaitu sekitar 15 tahun, sehingga tentu saja bakal menghemat pengeluaran dan lebih ramah lingkungan. Selain itu, karena berasal dari HDPE maka kapal ini dapat di daur ulang atau Recycle.

Tahan zat kimia

Kebayang kan kalau misalnya jika suatu material mudah bereaksi terhadap zat kimia bakal berbahaya bagi manusia. Namun untuk kapal HDPE ini memiliki spesifikasi tahan terhadap reaksi zat kimia dan tentunya tahan karat.

Ringan dan Kuat

Karena terbuat dari material HDPE tentu aja kapal ini memiliki bobot yang sangat ringan sob. namun meskipun sangat ringan, tidak akan mengurangi kekuatan dari materialnya loh, jadi nggak kalah dari jenis kapal lainnya.

Tidak dapat tenggelam

Ini yang paling menarik nih. Lah kok bisa nggak tenggelam? Material HDPE ini memiliki massa jenis sekitar 0,96 g/cm3. 

Tentu aja lebih kecil dari massa jenis air tawar yaitu 1 g/cm3 dan massa jenis air laut yaitu 1,25 g/cm3. Tentunya dengan perhitungan desain juga sob. jadi temen – temen yang takut tenggelam bisa coba naik kapal HDPE, dijamin nggak ada adegan kayak kapal titanic.

Aplikasi Penggunaan Kapal HDPE

  1. Ship Agency
  2. Diving Boat
  3. Passenger Transportation
  4. Harbour & Marine Services
  5. Security
  6. Health
  7. Search and Rescue

 

skema gambar kapal HDME

Saat ini kapal HDPE masih terus dikembangin dengan berbagai inovasi baik dari pihak industry maupun dari kalangan akademik perguruan tinggi bidang perkapalan. Salah satunya di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

 

Mungkin sekian dulu nih penjelasan dari kapal HDPE dan semoga bermanfaat

See you until next time….

 

Share:

0 Komentar